Hakiki, Robi (2025) Pengaruh Kepuasaan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention Karyawan Perusahaan Outsourcing: Studi Kasus Pada PT.X. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
09111840000145_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2027. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Organisasi di berbagai bidang pada era globalisasi saat ini mengalami persaingan yang ketat. Perusahaan tentunya dituntut agar dapat beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan elalui pengelolaan perusahaan. Pada organisasi, perputaran karyawan menjadi hal yang tidak dapat dihindari. Dengan tingkat perputaran karyawan yang tinggi dapat menganggu kinerja perusahaan dan merugikan perusahaan sebab menjadikan peningkatan biaya yang dikeluarkan untuk merekrut dan melatih karyawan baru tersebut. Adanya kenyamanan dalam bekerja dan kepuasan kerja pada masing-masing individu mempengaruhi kinerja karyawan. Penelitian emiliki tujuan mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap turnover intention karyawan perusahaan outsourcing dengan studi kasus di PT. X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 202 responden yang bekerja di PT. X dengan rentang generasi Z (usia pekerja) hingga generasi milenial. Hasil penelitian menunjukkan ba wa kepuasan kerja berpengaruh terhadap komitmen organisasi dan turnover intention. Namun, komitmen organisasi ditemukan tidak memengaruhi turnover intention serta tidak memediasi hubungan antara kepuasan kerja dan turnover intention. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan kerja dapat mendorong niat karyawan untuk meninggalkan PT. X, sementara komitmen organisasi tidak memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan niat untuk keluar. Selanjutnya ditemukan jika karyawan puas dengan pekerjaannya, karyawan cenderung memiliki komitmen yang lebih besar terhadap PT. X. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya strategi manajemen sumber daya manusia yang mengutamakan upaya peningkatan kepuasan kerja sebagai langkah efektif untuk meningkatkan komitmen terhadap organisasi, khususnya di sektor perusahaan jasa.
==============================================================================================================================
Organizations in various fields in the current era of globalization are experiencing intense competition. Companies are certainly required to be able to adopt to changes and developments through company management. In organization, employee turnover is unavoidable. With a high employee turnover rate, it can disrupt company performance and harm the company because it increases the costs incurred to recruit and train new employees. The existence of comfort at work and job satisfaction in each individual affects employee performance. The research has the aim of knowing the effect of job satisfaction and organizational commitment on turnover intention of outsourcing company employees with a case study at PT. X. This research uses a quantitative approach by distributing questionnaires to 202 respondents who work at PT. X with a range of generation Z (working age) to the millennial generation. The results showed that job satisfaction affects organizational commitment and turnover intention. owever, organizational commitment was found not to affect turnover intention and did not mediate the relationship between job satisfaction and turnover intention. The findings of this study indicate that an increase in job satisfaction can encourage employees intention to leave PT. X, while organizational commitment has no significant impact on reducing the intention to leave. Furthermore, it was found that if employees are satisfied with their jobs, employees tend to have greater commitment to PT. X. The implications of this study emphasize the importance of human resource management strategies that prioritize efforts to increase job satisfaction as an effective step to increase commitment to the organization, especially in the service company sector.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Turnover Intention, Perusahaan Outsourcing, PT. X. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Robi Hakiki |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 07:22 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 07:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/117126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |