Efektivitas Penilaian Laik Fungsi Jalan dengan Metode Analisis Pemeringkatan

Devayanti, Shafira (2025) Efektivitas Penilaian Laik Fungsi Jalan dengan Metode Analisis Pemeringkatan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3035221005-Master_Thesis.pdf] Text
3035221005-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (33MB) | Request a copy

Abstract

Menurut Road Safety (2002), kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh kendaraan, manusia, lingkungan jalan, dan interaksinya. Mengatasi masalah ini sangat penting untuk meningkatkan keselamatan jalan, terutama untuk jalan yang beroperasi dan yang sedang dalam pemeliharaan, untuk mencegah terulangnya kecelakaan di lokasi yang sama. Studi ini mengkaji efektivitas dan manfaat dari dua metode penilaian keselamatan jalan yaitu metode analisis pemeringkatan International Road Assessment Programme atau iRAP dan metode analisis pemeringkatan Bina Marga. Ruas Jalan Karanglo – Bts. Kota Batu (Karang Ploso), yang membentang sepanjang 7,99 km, dipilih sebagai area studi. Kedua metode menganalisis lima jenis kecelakaan antara lain: keluar dari jalan, tabrakan depan akibat kehilangan kendali atau menyalip, kecelakaan di persimpangan, dan kecelakaan di titik akses properti. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecelakaan ini termasuk probabilitas, tingkat keparahan, kecepatan operasional, lalu lintas eksternal, dan kemampuan lintas median, dengan peringkat bintang diberikan berdasarkan star rating score (SRS). Metode iRAP, yang menggunakan aplikasi iRAP Demonstrator, menghasilkan skor SRS sebesar 8,92 (3 bintang). Sementara metode Bina Marga, yang menggunakan perhitungan manual sesuai Pedoman Bidang Lingkungan dan Keselamatan Jalan Nomor 06/P/BM/2024, menghasilkan skor 7,13 (3 bintang). Setelah menerapkan rekomendasi rehabilitasi, kedua metode meningkatkan skor menjadi 2,78 (4 bintang). Nilai efektivitas adalah 35,68 untuk iRAP dan 31,69 untuk Bina Marga, keduanya dikategorikan sebagai efektif. Setelah perbaikan, nilai efektivitas adalah 12,36, dikategorikan sebagai sangat efektif. Metode iRAP menunjukkan manfaat langsung yang lebih tinggi, terutama dalam input data, pengambilan sampel, dan implementasi, menjadikannya lebih cocok untuk penilaian keselamatan yang tepat.
=====================================================================================================================================
According to Road Safety (2002), traffic accidents result from vehicles, humans, road environments, and their interactions. Addressing these issues is crucial for improving road safety, particularly for operational roads and those under maintenance, to prevent recurring accidents in the same locations. This study examines the effectiveness and benefits of two road safety assessment method which are the International Road Assessment Programme or iRAP ranking analysis method and the Bina Marga ranking analysis method. The Karanglo – Bts. Kota Batu (Karang Ploso) road segment, spanning 7.99 km, was selected as the study area. Both methods analyze five key accident types: roadway departure, head-on collisions due to loss of control or overtaking, intersection accidents, and accidents at property access points. Factors influencing these accidents include probability, severity, operational speed, external traffic, and median traversability, with star ratings assigned based on the Star Rating Score (SRS). The iRAP method, utilizing the iRAP Demonstrator application, yielded an SRS score of 8.92 (3 stars), while the Bina Marga method, using manual calculations as per the Road Environment and Safety Guidelines Number 06/P/BM/2024, produced a score of 7.13 (3 stars). After implementing rehabilitation recommendations, both methods improved the score to 2.78 (4 stars). Effectiveness values were 35.68 for iRAP and 31.69 for Bina Marga, both categorized as effective. Post-improvement, the effectiveness value was 12.36, categorized as very effective. The iRAP method demonstrated higher direct benefits, particularly in data input, sampling, and implementation, making it more suitable for precise safety assessments.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Laik Fungsi Jalan, International Road Assessment Programme, Metode Bina Marga, Pemeringkatan Bintang, Road Functional Feasibility Assessment, Bina Marga Method, Star Rating.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE228.3 Intelligent transportation systems.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Engineering Maintenance and Restoration of Buildings (S2)
Depositing User: SHAFIRA DEVAYANTI
Date Deposited: 30 Jan 2025 14:51
Last Modified: 30 Jan 2025 14:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/117170

Actions (login required)

View Item View Item