Model Evaluasi Pembangunan Pelabuhan Baru (Ambon New Port) di Kawasan Indonesia Timur

Rizky, Afrian Nur (2025) Model Evaluasi Pembangunan Pelabuhan Baru (Ambon New Port) di Kawasan Indonesia Timur. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5021201003_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5021201003_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pelabuhan Ambon yang berfungsi sebagai tempat keluar masuknya barang maupun penumpang mempunyai peran penting untuk daerah Ambon dan sekitarnya. Pelabuhan Ambon yang terletak di pusat Kota Ambon membuat pelabuhan tersebut sudah tidak dapat dikembangkan lagi dikarenakan sudah tidak ada area kosong dan berada disekitar area pemukian. Pelabuhan yang banyak menangani muatan peti kemas, barang, kendaraan, dan penumpang. Pada awalnya muncul isu terkait pembangunan pelabuhan baru yaitu Pelabuhan Ambon New Port yang berfungsi untuk menggantikan dan membantu pelabuhan lama yang berada di Kota Ambon untuk menangani muatan. Mempunyai hinterland yang sama dikarenakan juga masih berada dalam satu pulau serta, merupakan pelabuhan utama bagi daerah Maluku dan Papua, tetapi dalam perjalanan waktu pembangunan pelabuhan tersebut dibatalkan dan ditunda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dari pelabuhan eksisting dan menganalisis terkait pembatalan dari pembangunan tersebut apakah menjadi pilihan yang tepat. Dengan pelabuhan penelitian yang berada di daerah Kota Ambon yaitu, Pelabuhan Yos Sudarso, Pelabuhan Slamet Riyadi, Pelabuhan Gudang Arang, dan Pelabuhan Semen Tonasa. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu optimasi untuk menentukan perpindahan jenis kapal dan muatan untuk pelabuhan Ambon New Port. Hasil optimasi menunjukan perpindahan untuk kapal petikemas dan kapal general cargo. Dengan pembangunan pelabuhan baru yang membutuhkan total biaya investasi mencapai 1,41 Triliun Rupiah. Menghasilkan nilai Net Present Value sebesesar -342 Miliar Rupiah, tetapi dilakukan uji sensitivitas dan akan menghasilkan nilai NPV positif ketika biaya investasi ditanggung pelabuhan sebanyak maksimal 60% dan sisanya menggunakan asumsi didanai oleh pemerintah
===================================================================================================================================
Ambon Port, which functions as a place for goods and passengers to enter and exit, has an important role for the Ambon area and its surroundings. Ambon Port, which is located in the center of Ambon City, means that the port can no longer be developed because there is no empty area and it is located around a residential area. The port handles a lot of container loads, goods, vehicles, and passengers. Initially, there was an issue related to the construction of a new port, namely Ambon New Port, which functions to replace and assist the old port in Ambon City to handle cargo. Having the same hinterland because it is also still on one island and is the main port for the Maluku and Papua regions, but over time the construction of the port was canceled and postponed. This study aims to determine the condition of the existing port and analyze whether the cancellation of the construction is the right choice. With the research ports located in the Ambon City area, namely Yos Sudarso Port, Slamet Riyadi Port, Gudang Arang Port, and Semen Tonasa Port. The method used in the study is optimization to determine the transfer of ship types and cargo for Ambon New Port. The optimization results show a shift for container ships and general cargo ships. With the construction of a new port requiring a total investment cost of 1.41 trillion Rupiah. Producing a Net Present Value of -342 billion Rupiah, but a sensitivity test was carried out and will produce a positive NPV value when the investment costs are borne by the port by a maximum of 60% and the rest uses the assumption of being funded by the government

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Optimization, Port, Transfer, Optimasi, Pelabuhan, Perpindahan
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
V Naval Science > VK > VK358 Marine terminals
V Naval Science > VK > VK570 Optimum ship routing.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Afrian Nur Rizky
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:32
Last Modified: 31 Jan 2025 03:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/117336

Actions (login required)

View Item View Item