Perancangan Sistem Visual Branding pada Zonasi Taman Margasatwa Ragunan

Achmad, Muh Ridwan Zulfan (2025) Perancangan Sistem Visual Branding pada Zonasi Taman Margasatwa Ragunan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5030201038_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5030201038_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Taman Margasatwa Ragunan (TMR) memiliki reputasi yang baik, namun tantangan dalam pengelolaan identitas visual yang belum konsisten masih menjadi perhatian, terutama dalam penerapan sistem visual branding di berbagai media. Konsistensi penerapan sistem ini merupakan salah satu standar penting bagi kebun binatang untuk mencapai visinya agar sejajar dengan kebun binatang di negara maju. Saat ini, TMR juga sedang merencanakan zonasi area, dan inkonsistensi dalam branding dapat berdampak negatif pada proses perencanaan tersebut. Sistem visual branding yang baik adalah fondasi penting yang berpengaruh signifikan dalam mengkomunikasikan nilai, kepribadian, dan kualitas TMR sebagai kebun binatang yang kompetitif. Oleh karena itu, diperlukan perancangan sistem visual branding yang konsisten dan terintegrasi dengan baik, yang diharapkan dapat memperkuat citra, meningkatkan reputasi, dan visibilitas TMR, baik di tingkat nasional maupun global. Proses perancangan dimulai dengan analisis mendalam terhadap media visual yang ada dan kebutuhan pengguna, menggunakan metode riset kuantitatif dan kualitatif. Metode ini meliputi survei pengalaman pengguna, observasi lapangan, dan wawancara mendalam dengan para pemangku kepentingan terkait masalah ketidakseragaman dalam penerapan identitas visual dan desain lingkungan di seluruh area kebun binatang. Hasil analisis ini menjadi dasar untuk mengembangkan konsep desain yang mencakup identitas visual, sistem zonasi kebun binatang, dan sistem grafis, serta menghasilkan panduan sistem visual branding yang konsisten dan terintegrasi bagi TMR. Dengan mengadopsi pendekatan “The Natural Preserve”, perancangan perancangan ini diharapkan dapat membantu TMR dalam mencerminkan visi serta misi yang ingin dicapai melalui implementasi sistem visual branding yang terstruktur dan konsisten. Selain itu, melalui luaran utama berupa buku panduan sistem visual branding ini ditunjukkan agar TMR dapat menyediakan informasi terkait penerapan sistem zona pada media online maupun cetak pada lingkungan, sehingga pengguna mampu berkontribusi dan menciptakan peningkatan kepuasan sertap pengalaman pengguna yang mampu berdampak positif terhadap citra TMR guna mencapai visinya sebagai pusat konservasi yang sejajar dengan negara maju.
==================================================================================================================================
Taman Margasatwa Ragunan (TMR) has a strong reputation; however, challenges remain in managing its visual identity, particularly in the consistent implementation of its visual branding system across various media. Maintaining consistency in this system is a critical standard for zoos aiming to align with the vision of being on par with those in developed countries. Currently, TMR is also planning area zoning, and inconsistencies in branding can negatively impact this planning process. A good visual branding system is an essential foundation that significantly influences the communication of TMR's values, personality, and quality as a competitive zoo. Therefore, it is necessary to design a consistent and well-integrated visual branding system, which is expected to strengthen TMR's image, enhance its reputation, and increase its visibility both nationally and globally. This The design process begins with an in-depth analysis of the existing visual media and user needs, using both quantitative and qualitative research methods. These methods include user experience surveys, field observations, and in-depth interviews with stakeholders regarding issues of inconsistency in the application of visual identity and environmental design throughout the zoo. The results of this analysis serve as the foundation for developing design concepts that encompass visual identity, zoo zoning systems, and graphic systems, as well as producing a consistent and integrated visual branding system guide for TMR. By adopting the 'The Natural Preserve' approach, this design is expected to assist TMR in reflecting its vision and mission through the implementation of a structured and consistent visual branding system. Furthermore, through the primary output of a visual branding system guideline, it is demonstrated that TMR can provide information regarding the application of zonal systems on both online and print media within the environment, thus enabling users to contribute to and create an increase in satisfaction and user experience that can positively impact TMR's image in achieving its vision as a conservation center that is on par with developed countries.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Visual branding System, Visual Identity, Zoo Zoning, Integration, Ragunan Wildlife Park, Sistem Visual Branding, Identitas Visual, Zonasi Kebun Binatang, Integrasi, Taman Margasatwa Ragunan
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muh Ridwan Zulfan Ahcmad
Date Deposited: 04 Feb 2025 05:36
Last Modified: 04 Feb 2025 05:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/117698

Actions (login required)

View Item View Item