Pemilihan Skema Pembiayaan Pada Proyek Infrastruktur Jalan Tol (Studi Kasus : Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat)

prionggo, sigit (2025) Pemilihan Skema Pembiayaan Pada Proyek Infrastruktur Jalan Tol (Studi Kasus : Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032211190-Master_Thesis.pdf] Text
6032211190-Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam rangka pelaksanaan Masterplan Percepatan Pembangunan dan Perluasan Ekonomi Indonesia 2010- 2025, Pemerintah melibatkan peran swasta/badan usaha dalam penyediaan infrastruktur atau dikenal dengan Kerjasama Pemerintah Swasta/Badan Usaha (KPBU). Salah satu contoh perjanjian KPBU adalah pengusahaan Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (KUTEPAT) oleh PT Hutama Karya (Persero). Dalam pengusahaan Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat tersebut PT Hutama Karya (Persero) bekerjasama dengan PT Jasamarga (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road untuk membentuk Badan Usaha Jalan Tol dengan nama PT. Hutama Marga Waskita. Proyek jalan tol pada umumnya memiliki karakter sensitif dan rentan terhadap risiko (Risk) dan ketidakpastian (Uncertain), Pemilihan skema pembiayaan yang tepat diperlukan mengingat beban finansial yang cukup besar harus ditanggung oleh PT Hutama Marga Waskita selama masa investasi. Penelitian ini bertujuan
menganalisa kelayakan investasi dari jalan tol Ruas KUTEPAT dan Untuk menentukan skema pembiayaan terbaik yang paling menguntungkan. Hasil penelitian adalah dari beberapa pilihan skema yang diusulkan kemudian dilakukan perhitungan kelayakan dan alternatif skema pembiayaan yang paling menguntungkan dapat dilihat dengan perhitungan pohon keputusan (Decision Tree) dan nilai Expected Monetary Value (EMV) yaitu pada skema pembiayaan 50% modal sendiri dan 50% Pinjaman setelah mempertimbangkan peluang berhasil dan gagal dari data kualitatif. Sedangkan komposisi modal terbaik terdiri dari 70% saham PT Hutama Karya, 15% saham PT Jasa Marga dan 15% Saham Waskita Karya.
=================================================================================================================================
In the context of implementing the Masterplan for the Acceleration of Development and Expansion of the Indonesian Economy 2010-2025, the Government involves the role of the private sector/business entities in providing infrastructure, known as Public Private/Business Entity Partnership (KPBU). One example of a PPP agreement is the concession of the Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (KUTEPAT) Toll Road by PT Hutama Karya (Persero). In the operation of the Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Toll Road, PT Hutama Karya (Persero) collaborated with PT Jasamarga (Persero) Tbk and PT Waskita Toll Road to form a Toll Road Business Entity with the name PT. Hutama of the Waskita clan. Toll road projects generally have a sensitive character and are susceptible to risk (Risk) and uncertainty (Uncertain). Choosing the right financing scheme is
necessary considering the quite large financial burden that must be borne by PT Hutama Marga Waskita during the investment period. This research aims to analyze
the investment feasibility of the Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat toll road section, to determine the best and most profitable financing scheme for the Kuala
Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat toll road project. The results of the research are that from several proposed scheme options, feasibility calculations and the most
profitable alternative financing schemes for the KUTEPAT toll road project can be seen by calculating the decision tree and Expected Monetary Value (EMV), namely
the 50% capital financing scheme. own and 50% Loan after considering the chances of success and failure from qualitative data. The best capital composition consists
of 70% shares of PT Hutama Karya, 15% shares of PT Jasa Marga and 15% of PT Waskita Karya

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Investasi, Jalan Tol dan Pembiayaan ============================================================ Investment, Toll Roads and Financing
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Sigit Prionggo
Date Deposited: 04 Feb 2025 01:18
Last Modified: 04 Feb 2025 01:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/117976

Actions (login required)

View Item View Item