Pengaruh Metode Pengelasan Terhadap Kekuatan Sambungan Pada Kapal HDPE

Alfianto, Zulfan Rizki (2025) Pengaruh Metode Pengelasan Terhadap Kekuatan Sambungan Pada Kapal HDPE. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 5018201052-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5018201052-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

High-Density Polyethylene adalah polimer termoplastik linier yang terbuat dari monomer etilena dengan densitas berkisar antara 930-970 kg/m3. Material HDPE banyak digunakan dalam produksi kapal, terutama pada kapal-kapal kecil. Pemilihan material HDPE juga dikarenakan HDPE merupakan jenis material plastik yang memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan jenis plastik lainnya, sehingga lebih kaku dan tahan terhadap benturan. Selain itu kelebihan dari material HDPE adalah memiliki densitas yang tinggi, lebih kuat, dan tahan terhadap suhu yang tinggi. Selain itu, material HDPE akan tetap terapung di dalam air dan tidak akan mengalami korosi serta tahan terhadap pertumbuhan biofouling. Pada penelitian ini, jenis material HDPE yang digunakan adalah PE 100 yang berbentuk lembaran plat dan menggunakan variasi sudut pengelasan mesin las, yaitu 45°, 70°, dan 90°. Uji mekanik yang akan dilakukan pada material adalah uji tarik dan uji bending untuk mengetahui sifat mekaniknya. Standar yang digunakan sebagai acuan untuk uji tarik adalah DVS 2203-2, didapatkan hasil bahwa nilai tegangan maksimum rata-rata tertinggi adalah variasi sudut 90° yaitu sebesar 14.661 MPa dan memiliki kekuatan luluh sebesar 5.686 MPa. Sedangkan untuk pengujian bending, digunakan standar AWS B24-2006, dan didapatkan hasil nilai rata-rata kekuatan bending tertinggi adalah 2.145 MPa. ==============================================================================================================================
High-Density Polyethylene is a linear thermoplastic polymer made from ethylene monomer with a density ranging from 930-970 kg/m3. The material HDPE used in ship production, especially on small ships. The choice of HDPE material is also because HDPE is a type of plastic material that has higher strength than other types of plastic, that more enough stiffer and resistant to impact. Moreover the advantages of HDPE material are high density, stronger,and resistant to high temperatures. Furthermore, HDPE material will remain floating in water and will not experience corrosion and is resistant to biofouling growth. In this research, the type of HDPE material used was PE 100 in the form of plate sheets and using a variety of welding machine angles, namely 45°, 70°, and 90°. The mechanical test will perform on the material are tensile and bending test to obtain the mechanical properties. The standard used as a reference for the tensile test is DVS 2203-2, the results found that the highest average maximum stress value was a 90° angle variation of 14.661 MPa and had a yield strength of 5.686 MPa. Meanwhile, for bending testing, the AWS B24-2006 standard is used, and that results the highest average value of bending strength is 2.145 MPa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: HDPE, Kapal Kecil, Uji Tarik, Uji Tekuk , Uji Makro, Uji SEM EDS, HDPE, Small Ship, Tensile Testing, Bending Testing, Macro Testing, SEM EDS Testing
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Zulfan Rizki Alfianto
Date Deposited: 04 Feb 2025 01:22
Last Modified: 04 Feb 2025 01:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/118007

Actions (login required)

View Item View Item