Zahrawani, Aina Jabrail (2025) Potensi Peralihan Moda ke Feeder Wira-Wiri Suroboyo Sebagai Angkutan Pengumpan Suroboyo Bus dan Trans Semanggi Suroboyo. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5015201107-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2027. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Keberadaan sistem transportasi sebagai pemenuhan kebutuhan konektivitas ekonomi dan sosial serta memberikan peningkatan mobilitas masyarakat. Dinas Perhubungan Kota Surabaya merencanakan Angkutan Massal Cepat (AMC) terintegrasi dengan angkutan umum dalam kota dengan konsep trunk yaitu bus angkut berkapasitas besar dan feeder yaitu angkutan pengumpan berkapasitas kecil. Kota Surabaya telah menyediakan sarana transportasi publik terintegrasi yang dapat dikatakan memadai sebagai alat perpindahan untuk menjangkau seluruh sudut Kota Surabaya, yaitu Suroboyo Bus dan Trans Semanggi Suroboyo sebagai trunk, serta Feeder Wira-Wiri Suroboyo sebagai feeder. Studi ini bertujuan untuk melihat potensi peralihan moda transportasi ke Feeder Wira-Wiri Suroboyo sebagai angkutan pengumpan dari Suroboyo Bus dan Trans Semanggi Suroboyo. Studi ini dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif, yang bertujuan untuk menganalisis berbagai karakteristik pelaku perjalanan dan pola perjalanan yang terbentuk, serta preferensi terhadap penggunaan moda transportasi feeder. Studi ini juga menggunakan metode analisis Regresi Logistik Biner pada faktor yang mempengaruhi kesediaan pengguna jalan untuk berpindah moda dari angkutan pribadi (kendaraan roda dua dan roda empat) ke Feeder Wira-Wiri Suroboyo FD03. Selanjutnya, dilakukan analisis Regresi Linear Berganda berdasarkan data Stated Preference untuk menghasilkan pemodelan probabilitas perubahan moda dari angkutan pribadi ke Feeder Wira-Wiri Suroboyo FD03 berdasarkan selisih biaya perjalanan dan selisih waktu perjalanan. Preferensi terhadap Feeder Wira-Wiri Suroboyo merujuk pada kecenderungan individu dalam menentukan pilihan berdasarkan kebutuhan dan prioritas yang dianggap paling sesuai. Pada penelitian ini, menunjukkan perbedaan pertimbangan antara pengguna kendaraan roda dua dan roda empat terhadap faktor kesediaan berpindah moda. Pengguna kendaraan roda dua cenderung memprioritaskan aspek keamanan, kenyamanan, kemudahan akses, dan konektivitas. Sementara itu, pengguna kendaraan roda empat mempertimbangkan semua aspek tersebut ditambah aspek keandalan. Selain itu, kesediaan berpindah moda transnportasi pada pengguna kendaraan roda dua dipengaruhi oleh usia, waktu tempuh, dan biaya parkir, sedangkan pada pengguna kendaraan roda empat dipengaruhi oleh pendapatan, waktu tempuh, dan jarak tempuh. Berdasarkan hasil analisis, probabilitas tertinggi penggunaan Feeder Wira-Wiri Suroboyo FD03 oleh pengguna kendaraan roda dua berada pada skenario 6, yaitu selisih biaya perjalanan FD03 lebih tinggi Rp10.000 dan selisih waktu perjalanan FD03 lebih cepat 15 menit. Sedangkan, probabilitas tertinggi pada pengguna kendaraan roda empat berada pada skenario 6, yaitu selisih biaya perjalanan FD03 lebih tinggi Rp20.000 dan selisih waktu perjalanan FD03 lebih cepat 20 menit. Hal ini menunjukkan bahwa efisiensi waktu menjadi prioritas bagi pengguna kendaraan roda dua dan roda empat dibandingkan penghematan biaya perjalanan.
==============================================================================================================================
The existence of a transportation system serves to meet the connectivity needs of economic and social activities and enhances community mobility. The Surabaya City Department of Transportation has planned a Rapid Mass Transit (RMT) system integrated with public transportation in the city with the concept of trunk, namely large-capacity buses and feeder, namely small-capacity transportation. Surabaya has provided integrated public transportation facilities that are considered adequate for reaching all corners of the city, including the Suroboyo Bus and Trans Semanggi Suroboyo as trunks, and the Feeder Wira-Wiri Suroboyo as feeder. This study aims to examine the potential mode shift to the Feeder Wira-Wiri Suroboyo as a feeder service for the Suroboyo Bus and Trans Semanggi Suroboyo. This study was conducted using descriptive statistical method to analyze various characteristics of travelers, travel patterns, and preferences for using feeder transportation mode. Additionally, the study employed Binary Logistic Regression analysis to examine the factors influencing road users’ willingness to shift from private vehicles (two-wheelers and four-wheelers) to the Feeder Wira-Wiri Suroboyo FD03. Furthermore, Multiple Linear Regression analysis based on Stated Preference data was conducted to develop a probabilistic model of mode shift, considering differences in travel costs and travel times. Preference for the Feeder Wira-Wiri Suroboyo reflects individuals’ tendencies to make choice based on needs and priorities deemed most suitable. The study reveals differences in consideration between two-wheeler and four-wheeler users regarding their willingness to switch mode. Two-wheeler users prioritize safety, comfort, accessibility, and connectivity, while four-wheeler users consider all these aspects along with reliability. Additionally, willingness to switch mode for two-wheeler users is influenced by age, travel time, and parking costs, whereas for four-wheeler users, it is affected by income, travel time, and travel distance. The analysis results indicate that the highest probability of Feeder Wira-Wiri Suroboyo FD03 usage by two-wheeler users occurs in Scenario 6, where the FD03 travel cost is Rp10,000 higher, but travel time is 15 minutes faster. Similarly, the highest probability for four-wheeler users is also in Scenario 6, where the FD03 travel cost is Rp20,000 higher, but travel time is 20 minutes faster. These findings demonstrate that time efficiency is a greater priority for both two-wheeler and four-wheeler users compared to travel cost saving.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peralihan Moda, Feeder Wira-Wiri Suroboyo FD03, Selisih Biaya, Selisih Waktu |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE147.6 Transportation--Planning H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE336.C5 Choice of transportation T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE228.3 Intelligent transportation systems. T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Aina Jabrail Zahrawani |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 07:40 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 07:40 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/118182 |
Actions (login required)
View Item |