Rabbani Alghifar, Imam (2025) Perencanaan Alternatif Timbunan Jalan Menggunakan Kombinasi Material Tanah Timbunan Dan Mortar Busa Studi Kasus: Jalan Tol Gempol-Pasuruan STA 28-STA33+852. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5012201061_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2027. Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan Tol Gempol – Pasuruan merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Trans Jawa. Jalan Tol Trans Jawa adalah jaringan jalan tol antar kota di Pulau Jawa dengan tujuan utamanya untuk menghubungkan 2 (dua) kota utama di Indonesia, yaitu Surabaya dan Banyuwangi. Proyek Jalan Tol Gempol – Pasuruan direncanakan memiliki panjang total ± 34,15 km dan dibangun di atas suatu timbunan jalan dengan ketinggian timbunannya 2 s.d.9 meter dengan kondisi tanah dasarnya adalah tanah yang relatf lunak yang memilki kedalaman ± 15 meter dengan nilai N-SPT rata – rata berkisar kurang dari 15 sehingga memiliki daya dukung yang rendah dan pemampatan tanah yang relatif besar.
Berdasarkan kondisi eksisting, maka perlu adanya desain perencanaan konstruksi timbunan jalan dari material yang aman dan cukup ringan agar pemampatan tanah dasar yang terjadi dapat diminimalisir. Diperlukan juga perencanaan perbaikan tanah dasar dan perencanaan perkuatan timbunan agar timbunan menjadi lebih stabil. Pada tugas akhir ini akan merencanakan timbunan dengan mengganti Sebagian material tanah timbunan dengan material Mortar busa dan alternatif perkuatan tanah yang aman dan stabil. Proses perencanaan diawali studi literatur dan pengumpulan data sekunder yang meliputi data umum proyek, site layout, desain perencanaan timbunan, dan data tanah. Dari data sekunder yang diperoleh, dilakukan analisis data tanah serta analisis pembebanan sebagai dasar perencanaan perbaikan. Perbaikan dilakukan dengan mengganti sebagian material timbunan menggunakan mortar busa dan memasang perkuatan micropiles. Perencanaan perkuatan dikontrol dengan cek stabilitas timbunan dan rate of settlement. Mortar busa direncanakan dengan mengganti komposisi timbunan menjadi 25% Mortar Busa 75% Tanah sirtu dan 50% Mortar Busa dan 50% Tanah Sirtu.
Dari hasil Analisa perhitungan, dapat disimpulkan bahwa variasi tinggi pada setiap zona belum mencapai faktor keamanan (SF) sebesar 1,5, sehingga diperlukan perkuatan tambahan. Perkuatan yang digunakan berupa micropiles dengan diameter 60 cm. Pendekatan ini juga diterapkan pada Zona 1,2 dan 3
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mortar busa, PVD, Preloading, Cerucuk |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Imam Rabbani Al Ghifari |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 09:16 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 09:16 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/118283 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |