Aplikasi Metode Lean Six Sigma Untuk Mengurangi Waktu Pelayanan Pada Proses Rawat Inap (Studi Kasus RSUD) Dr. Iskak Tulungagung)

Azizurrochmah, Nafi’ Hidayatullaili (2008) Aplikasi Metode Lean Six Sigma Untuk Mengurangi Waktu Pelayanan Pada Proses Rawat Inap (Studi Kasus RSUD) Dr. Iskak Tulungagung). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9105201314-Master_Thesis.pdf] Text
9105201314-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Rumah sakit sebagai salah satu industri jasa dengan business process yang sangat kompleks tentu memiliki potensi perbaikan optimasi dan efisiensi yang cukup besar. Tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang lebih baik, secara tidak langsung mengharuskan Rumah Sakit Dr. Iskak untuk mengembangkan diri secara terus menerus. Agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada pasien, maka tahapan yang dilalui oleh pasien harus dapat bekerja secara efektif serta efisien, dan hal ini memerlukan perbaikan. Namun perbaikan-perbaikan tersebut hanya dapat terjadi jika pemborosan yang terdapat dalam proses pelayanan rumah sakit telah terlebih dahulu diidentifikasi dan ditemukan penyebab-penyebabnya. Pada penelitian ini kita akan mengidentifikasi jenis waste yang terjadi pada proses rawat inap, melakukan assessment terhadap tingkat waste yang terjadi untuk mengetahui waste yang dominan, serta cara apa yang bisa digunakan untuk mereduksi waste. Data yang telah didapat diolah dengan menggunakan beberapa mapping tools, yaitu big picture mapping dan process activity mapping. Upaya perbaikan dilakukan dengan kerangka six sigma. Dari process activity mapping dapat diketahui bahwa tipe aktivitas pasien rawat inap yang tergolong aktivitas yang value adding sebesar 39,93%, aktivitas yang tergolong non value adding sebesar 20,34% dan aktivitas yang tergolong non value adding but necessary sebesar 39,73%. Setelah dilakukan upaya perbaikan pada alur proses pelayanan rawat inap maka, didapatkan VA sebesar 38,45%, NVA sebesar 12,88%, dan NNVA sebesar 48,67%. Dari hasil perhitungan nilai sigma saat ini, diperoleh angka 3,342. Dengan melakukan upaya perbaikan pada alur proses pelayanan, diperkirakan terjadi peningkatan nilai sigma ke level 3,657
====================================================================================================================================
Hospitals as one of the service industries with very complex business processes certainly have the potential for significant optimization and efficiency improvements. Public demand for better health services indirectly requires Dr. Iskak Hospital to continuously develop itself. In order to improve the quality of health services to patients, the stages that patients go through must be able to work effectively and efficiently, and this requires improvement. However, these improvements can only occur if the waste in the hospital service process has been identified first and its causes found. In this study, we will identify the types of waste that occur in the inpatient process, conduct an assessment of the level of waste that occurs to determine the dominant waste, and what methods can be used to reduce waste. The data that has been obtained is processed using several mapping tools, namely big picture mapping and process activity mapping. Improvement efforts are carried out with a six sigma framework. From the process activity mapping, it can be seen that the type of inpatient activity that is classified as value adding activity is 39.93%, activities that are classified as non value adding are 20.34% and activities that are classified as non value adding but necessary are 39.73%. After efforts to improve the inpatient service process flow, the VA was obtained at 38.45%, NVA at 12.88%, and NNVA at 48.67%. From the results of the current sigma value calculation, the number obtained is 3.342. By making efforts to improve the service process flow, it is estimated that there will be an increase in the sigma value to the level of 3.657

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.562 Azi a-1 2008
Uncontrolled Keywords: lean thinking, six sigma, waste, rumah sakit
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA280 Box-Jenkins forecasting
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 11 Feb 2025 02:42
Last Modified: 11 Feb 2025 02:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/118627

Actions (login required)

View Item View Item