Perancangan Sepeda Stasioner Bagi Pasien Pasca Stroke Dengan Mekanisme Perubahan Beban Kayuh Pengendara

Yanuarizky, Reynaldi (2022) Perancangan Sepeda Stasioner Bagi Pasien Pasca Stroke Dengan Mekanisme Perubahan Beban Kayuh Pengendara. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111740000036-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02111740000036-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Tanpa darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak akan mati. Kondisi ini menyebabkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik. Melihat dampak yang ditimbulkan maka dirancanglah alat rehabilitasi yaitu sepeda stasioner bagi pasien pasca stroke. Langkah dalam melakukan pengembangan terhadap sepeda pasca stroke adalah dengan melakukan studi literatur untuk mengetahui dasar dasar dalam melakukan perancangan sepeda stasioner, lalu melakukan kajian terhadap produk eksisting, dimana produk eksisting yang di kaji adalah spinning bike yang umum di pasaran. Setelah itu, dibuatlah desain konsep sepeda stasioner dengan mekanisme perubahan beban kayuh yang baru sesuai dengan List of Requirement yang sudah dibuat. Desain yang telah terbentuk dilakukan analisa, mulai dari analisa rangka melalui Software, tegangan maksimum Von Misses terjadi pada pada pipa tempat duduk sebesar 11,6 Mpa. Nilai safety factor 12,97 dan nilai defleksi maksimum yaitu 0,18 mm. Tiga konsep beban kayuh yang dianalisa didapat bahwa mekanisme beban kayuh dengan sepatu rem adalah konsep yang lebih ringan karena torsi maksimum yang dihasilkan oleh beban kayuh masih dapat digunakan oleh pasien pasca stroke. Dari penelitian ini diharapkan sepeda roda tiga pasca stroke ini dapat digunakan untuk membantu proses rehabilitasi pasien pasca stroke.
=================================================================================================================================
Stroke is a condition that occurs when the blood supply to the brain is interrupted or reduced due to a blockage (ischemic stroke) or rupture of a blood vessel (hemorrhagic stroke). Without blood, the brain will not get oxygen and nutrients, so cells in some areas of the brain will die. This condition causes the body parts controlled by the damaged area of the brain to not function properly. Seeing the impact, a rehabilitation tool was designed, namely a stationary bicycle for post-stroke patients. The step in developing a post-stroke bicycle is to conduct a literature study to find out the basics in designing a stationary bicycle, then conduct a study of the existing product, where the existing product being studied is a spinning bike which is common in the market. After that, a stationary bicycle concept design was made with a new pedal load changing mechanism in accordance with the List of Requirements that had been made. The design that has been formed is analyzed, starting from the analysis of the frame through the software, the maximum Von Misses stress occurs in the seat pipe of 11.6 Mpa. The safety factor value is 12.97 and the maximum deflection value is 0.18 mm. Three concepts of pedaling load were analyzed, it was found that the pedal load mechanism with brake shoes is a lighter concept because the maximum torque generated by the pedal load can still be used by post-stroke patients. From this research, it is hoped that this post-stroke tricycle can be used to assist the rehabilitation process of post-stroke patients

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 629.227 2 Yan p-1 2022
Uncontrolled Keywords: stasioner, upright, resistance, perancangan, beban kayuh, stationer, upright, resistance, design, paddle load
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL410 Bicycles and bicycling--Design and construction
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 13 Feb 2025 06:18
Last Modified: 13 Feb 2025 06:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/118720

Actions (login required)

View Item View Item