Analisis Impak Pada Ban Airless Skuter Elektrik Sebagai Penarik Kursi Roda Untuk Mempermudah Pengoperasian Oleh Pasien Difabel

Rusyaid, Mohammad Nauval Varozdaq (2022) Analisis Impak Pada Ban Airless Skuter Elektrik Sebagai Penarik Kursi Roda Untuk Mempermudah Pengoperasian Oleh Pasien Difabel. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111840000034-Undergraduate Thesis.pdf] Text
02111840000034-Undergraduate Thesis.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada era saat ini sering dijumpai pasien yang menderita lumpuh baik dikarenakan kecelakaan maupun hal lainnya, pasien tersebut membutuhkan kursi roda untuk mempermudah beraktivitas. Banyak diantara mereka yang menggerakkan kursi roda dengan menggunakan tangan guna mempermudah aktivitas mereka. Ada juga diantara mereka yang kesusahan menggerakkan kursi roda menggunakan tangan mereka sehingga mereka membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukan aktivitas diatas kursi roda, dalam hal ini untuk berpindah tempat. Dengan latar belakang tersebut dimaksudkan untuk menggabungkan antara kursi roda dengan skuter elektrik untuk memudahkan pengoperasian bagi para pasien difabel. Ban merupakan salah satu komponen kendaraan yang berpertan pentinf dalam keamanan dan kenyamanan berkendara. Ban yang saat ini tersedia secara massal yaitu ban radial dan solid, namun keduanya memiliki kekurangan. Ban radial memiliki kenyamanan baik namun tidak aman terhadap benda tajam, sedangkan ban solid kenyamanannya rendah walaupun aman terhadap benda tajam. Desain ban airless merupakan sebuah solusi yang dihadirkan untuk menjawab permasalahan tersebut. Pada umumnya pembuatan ban airless dilakukan dengan proses 3D printing dengan model spoke honeycomb atau rhombus. Pada penelitian ini akan diuji desain ban airless dengan model spoke cylindrical dan menggunakan material yang tersedia di pasaran yaitu Polyvinyl Chloride dan High Density Polyethylene. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar defleksi dan tegangan yang terjadi ketika ban dijalankan dalam beberapa variasi. Variasi yang digunakan yaitu material Polyvinyl Chloride dan High Density Polyethylene serta jalan dengan step dan paving block. Model ban dan juga profil jalan dibuat menggunakan software Solidworks, kemudian disimulasikan menggunakan software Explicit Dynamics. Hasil yang diamati dari simulasi yaitu equivalent stress, defleksi, dan vibration dose value yang digunakan sebagai acuan dalam menentukan keamanan dan kenyamanan dari ban ketika terkena beban impak akibat kontak antara ban dengan permukaan jalan. Model ban airless yang digunakan dalam penelitian ini telah diteliti dalam kondisi statis, sedangkan dalam pengoprasian kendaraan, ban juga beroprasi dalam kondisi dinamis yang dapat membuat ban terkena beban lebih besar dibandingkan kondisi statis. Oleh karena itu, pengaruh beban dinamis, dalam hal ini impak terhadap defleksi dan tegangan pada ban airless juga perlu diteliti. Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa pada model step didapatkan tegangan material PVC sebesar 5,12 MPa, material HDPE 2,58 Mpa. Defleksi pada material PVC sebesar 2,70 mm, material HDPE 3,19 mm. Vibration Dose Value pada material PVC sebesar 4,654
==================================================================================================================================
In the current era, it is often found that patients who suffer from paralysis either due to accidents or other things, these patients need wheelchairs to facilitate their activities. Many of them move the wheelchair by hand to facilitate their activities. There are also those who have difficulty moving the wheelchair using their hands so that they need the help of others to carry out activities on the wheelchair, in this case to move places. With this background, it is intended to combine wheelchairs with electric scooters to facilitate operation for patients with disabilities. Tires are one of the vehicle components that play an important role in driving safety and comfort. Tires that are currently mass available are radial and solid tires, but both have disadvantages. Radial tires have good comfort but are not safe against sharp objects, while solid tires have low comfort but are safe against sharp objects. Airless tire design is a solution that is presented to answer these problems. In general, the manufacture of airless tires is done by 3D printing process with honeycomb or rhombus spoke models. This study will test the design of airless tires with cylindrical spoke models and using materials available on the market, namely Polyvinyl Chloride and High Density Polyethylene. This study aims to determine the amount of deflection and stress that occurs when the tire is run in several variations. The variations used are Polyvinyl Chloride and High Density Polyethylene materials and roads with steps and paving blocks. The tire model and road profile were created using Solidworks software, and then simulated using Explicit Dynamics software. The results observed from the simulation are the equivalent stress, deflection, and vibration dose value which are used as a reference in determining the safety and comfort of the tire when exposed to impact loads due to contact between the tire and the road surface. The airless tire model used in this research has been studied under static conditions, while in vehicle operation, tires also operate under dynamic conditions that can expose tires to greater loads than static conditions. Therefore, the effect of dynamic load, in this case impact, on deflection and stress in airless tires also needs to be investigated. The results of this test show that in the step model, the stress of PVC material is 5,12 MPa, HDPE material is 2,58 Mpa. Deflection on PVC material amounted to 2,70 mm, HDPE material 3,19 mm. Vibration Dose Value on PVC material amounted to 4,564

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: ban airless, defleksi ban, equivalent stress, Explicit Dynamics, Vibration Dose Value
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL152.5 Motor vehicles Driving
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 18 Feb 2025 06:34
Last Modified: 18 Feb 2025 06:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/118791

Actions (login required)

View Item View Item