Analisis Performa Sistem Kendali Anfis Terhadap Fuzzy Dan Pid Pada Aplikasi Sistem Suspensi Aktif Untuk Model Seperempat Kendaraan

Tommy, Tommy (2022) Analisis Performa Sistem Kendali Anfis Terhadap Fuzzy Dan Pid Pada Aplikasi Sistem Suspensi Aktif Untuk Model Seperempat Kendaraan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111840000119-Undergraduate Thesis.pdf] Text
02111840000119-Undergraduate Thesis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sistem suspensi merupakan bagian paling penting yang mempengaruhi kenyamanan penumpang saat dihadapkan pada medan jalanan yang kasar dan tidak terduga. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sistem suspensi pasif, semi aktif maupun aktif digunakan untuk memaksimalkan kualitas berkendara. Passive Suspension System/ sistem suspensi pasif menggunakan peredam tradisional untuk menyerap energi getaran, sistem ini tidak memerlukan daya tambahan, dan saat ini, passive suspension system merupakan sistem suspensi yang paling sering digunakan pada dunia otomotif. Suspensi semi-aktif/ Semi-Active suspension system menggunakan damper/ peredam yang dapat dikontrol dan disesuaikan dengan kebutuhan.Active Suspension System/sistem suspensi aktif mampu menghasilkan kualitas berkendara yang lebih baik dibandingkan dengan sistem suspensi pasif, sistem suspensi aktif menggunakan daya tambahan untuk aktuator seperti aktuator electromagnetic, silinder hidrolik, maupun mekanisme lainnya yang diletakkan secara paralel dengan sistem suspensi pasif. Aktuator ini akan digunakan untuk untuk mengontrol jarak antar roda dengan badan mobil dengan mendorong ataupun menarik badan kendaraan untuk mengurangi getaran yang dirasakan oleh pengendara/ penumpang pada kondisi jalan yang tidak rata. Pada penelitian ini, Active Suspension System/ sistem suspensi aktif dengan kendali ANFIS (Adaptive Neuro Fuzzy Inference System), akan dibandingkan dengan kendali FLC (Fuzzy Logic Controller) pada model kendaraan quarter-car yang berasal dari jurnal referensi “Simulation of PID and fuzzy logic controller for integrated seat suspension of a quarter car with driver model for different road profiles” yang ditulis oleh S. Rajendiran, and P. Lakshmi (2016). Kendali ANFIS menggunakan parameter input berupa error dan derivatif error dari percepatan kepala pengemudi mobil (Head Acceleration), dan parameter outputnya adalah besarnya gaya dari kendali yang digunakan (actuation force), serta performa akan dinilai dari respons percepatan kepala pengemudi. Kendali ANFIS akan diciptakan berdasarkan data simulasi terhadap kendali PID, dimana parameter kendali PID akan diciptakan dengan PID (Proportional Integral Derivative) Tuner. Respons dari percepatan kepala pengemudi dari kedua sistem kendali tersebut terhadap random road profile dan single bump akan di komparasi untuk mencari dan menentukan jenis kendali aktif terbaik pada active suspension system.Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa baik pada kontur jalan acak maupun kontur jalan polisi tidur, performa ANFIS memiliki performa yang paling unggul dengan persentase reduksi nilai RMS sebanyak 69,74%, pada kontur jalan acak, dan 88.62% pada kontur jalan polisi tidur.
==================================================================================================================================
Suspension system is the most important part that affects passenger comfort when faced with rough and unpredictable road terrain. To overcome these problems, passive, semi-active and active suspension systems are used to maximize driving quality. Passive Suspension System uses traditional dampers to absorb vibration energy, this system does not require additional power, and currently, the passive suspension system is the most widely used across automotive industry. Semi-Active suspension system uses a damper that can be controlled and adjusted its parameters depending on the condition given. Active Suspension System can produce a better driving quality compared to passive suspension systems, active suspension systems use additional power for actuators such as electromagnetic actuators, hydraulic cylinders, or other mechanisms that are placed in parallel with the passive suspension system. This actuator will be used to control the distance between the wheels and the car body by pushing or pulling the vehicle body to reduce the vibration felt by the driver/passenger on uneven road conditions. In this study, the Active Suspension System with ANFIS control (Adaptive Neuro Fuzzy Inference System) will be compared with the FLC (Fuzzy Logic Controller) on a quarter-car vehicle model from the reference journal “Simulation of PID and fuzzy logic. controller for integrated seat suspension of a quarter car with driver model for different road profiles” written by S. Rajendiran, and P. Lakshmi (2016). ANFIS uses input parameters in the form of errors and error derivatives from the head acceleration of the car driver (Head Acceleration), and the output parameter is the magnitude of the control force used (actuation force), and performance will be assessed from the acceleration response of the driver's head. ANFIS control will be created based on simulation data on PID control (Proportional Integral Derivative), where PID control parameters will be created with PID Tuner. The response of the driver's head acceleration from the two control systems to the random road profile and single bump will be compared to find and determine the best type of active control in the active suspension system. The results obtained indicate that both on the contour of the random road and the contour of the speed bump road, the performance of ANFIS has the most superior performance by reducing the RMS value by 69.74% on the random road contour, and 88.62% on the speed bump road contour.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 629.831 2 Tom a-1 2022
Uncontrolled Keywords: sistem suspensi aktif (active suspension system), quarter-car model, PID, ANFIS, FLC
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 24 Feb 2025 06:29
Last Modified: 24 Feb 2025 06:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/118854

Actions (login required)

View Item View Item