Pemanfaatan Teknologi Natural Language Processing Dan Information Base Untuk Layanan E-Government Berbasis Sms Yang Lebih Responsif, Informatif Dan Efisien

Arifianto, Deni (2016) Pemanfaatan Teknologi Natural Language Processing Dan Information Base Untuk Layanan E-Government Berbasis Sms Yang Lebih Responsif, Informatif Dan Efisien. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 5111202008-Master-Thesis.pdf] Text
5111202008-Master-Thesis.pdf - Accepted Version

Download (12MB)

Abstract

Pemerintahan di seluruh dunia saat ini menghadapi "tekanan" dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam rangka pencapaian good governance. Salah satu layanan dalam e-Goverment di Indonesia adalah layanan informasi berbasis SMS. Di Indonesia layanan ini hanya digunakan sebagai sarana pengumpulan informasi publik. Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa pelaksanaan layanan e-Goverment berbasis SMS di Indonesia masih melahirkan kekecewaan publik. Sistem yang telah ada hanya mampu mengumpulkan masukan dari masyarakat tanpa ada feedback yang berarti. Salah satu kendala yang dihadapi pemerintah dalam penyediaan layanan informasi dan pengaduan masyarakat yang responsif adalah masih "manual" -nya sistem berbasis SMS yang digunakan. Tindak-lanjut untuk setiap pertanyaan atau pengaduan yang masuk tergantung dati staf atau pejabat yang beTWenang, apakah mereka bersedia membacanya, menjawabnya, atau menindak-lanjutinya. Apalagi jika pertanyaan atau laporan yang masuk tidak dapat dijawab sendiri oleh staf layanan atau pejabat penerima pesan. Salah satu teknologi yang mampu menjawab permasalahan ini adalah dengan menerapkan Natural Language Processing (NLP). Dengan memanfaatkan NLP di dalam layanan e-Govermentberbasis SMS diharapkan dapat membetikan otomasi jawaban untuk pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Penelitian ini sangat penting dilaksanakan dalam rangka mendukung Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2001 tentang Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia yang menginstruksikan institusi publik di Indonesia memanfaatkan teknologi telematika untuk mendukung good governance dan mempercepat proses demokrasi, dan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 200 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Govemment Indonesia
=====================================================================================================================================
Governments around the world are currently facing "pressure" from various parties to improve the quality of public services and increase active community participation in order to achieve good governance. One of the services in e-Government in Indonesia is SMS-based information services. In Indonesia, this service is only used as a means of collecting public information. Several studies have stated that the implementation of SMS-based e-Government services in Indonesia still creates public disappointment. The existing system is only able to collect input from the community without any meaningful feedback. One of the obstacles faced by the government in providing responsive information and public complaint services is the still "manual" SMS-based system used. Follow-up for each question or complaint received depends on the authorized staff or official, whether they are willing to read it, answer it, or follow up on it. Especially if the questions or reports received cannot be answered by the service staff or official receiving the message. One technology that is able to answer this problem is by implementing Natural Language Processing (NLP). By utilizing NLP in SMS-based e-Government services, it is hoped that it can provide automated answers to the desired knowledge and information. This research is very important to be carried out in order to support Presidential Instruction Number 6 of 2001 concerning the Development and Utilization of Telematics in Indonesia which instructs public institutions in Indonesia to utilize telematics technology to support good governance and accelerate the democratic process, and Presidential Instruction Number 3 of 200 concerning National Policy and Strategy for the Development of e-Government in Indonesia

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTIf 006.33 Ari p-1 2016
Uncontrolled Keywords: Natural Language Processing, SMS Gateway, e-Goverment.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.76.A63 Application program interfaces
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.I52 Information visualization
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering > 55101-(S2) Master Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 20 Mar 2025 05:57
Last Modified: 20 Mar 2025 05:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/118976

Actions (login required)

View Item View Item