Optimalisasi Volume Kendaraan Terhadap Sistem Transakasi Nirsentuh Berbasis MLFF Pada Gerbang Tol Sidoarjo 2

Putri, Ramadhani Puspa Pratami (2025) Optimalisasi Volume Kendaraan Terhadap Sistem Transakasi Nirsentuh Berbasis MLFF Pada Gerbang Tol Sidoarjo 2. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032212039-Master_Thesis.pdf] Text
6032212039-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2028.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Infrastruktur jalan tol merupakan jaringan jalan yang dibangun untuk menghubungkan antar wilayah agar dapat terkoneksi dengan cepat dan tanpa hambatan. Namun seiring berkembangnya waktu semakin tinggi pengguna jalan tol menyebabkan kemacetan yang panjang terutama pada wilayah dengan penduduk yang padat seperti Jakarta dan Surabaya. Kemacetan terjadi di area gerbang tol karena para pengguna harus antri dalam pembayaran melalui sistem taping dengan e-toll card. Oleh karena itu dalam menaggulangi antrian waktu tunggu saat pembayaran tol, Pemerintah membuat regulasi agar sistem pembayaran dialihkan menjadi transaksi non tunai dengan mengadopsi tekonologi nirsentuh (GNSS) berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF). Penerapan teknologi nirsentuh pada sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) telah membawa inovasi signifikan dalam manajemen jalan tol di Indonesia. Teknologi MLFF memungkinkan kendaraan untuk melakukan transaksi tanpa berhenti, menggunakan sensor dan perangkat pembayaran otomatis berbasis RFID, kamera, serta teknologi sensor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sistem antrian berdasarkan teori antrian dengan metode perhitungan berdistribusi Poisson Multi-Server untuk menganalisis waktu kedatangan, waktu pelayanan, panjang antrian, kapasitas gerbang tol maksimal dan volume kendaraan yang optimal. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa volume kendaraan terbesar terjadi pada hari Senin pukul 07.00-08.00 pada gardu single dan pukul 10.00-11.00 pada gardu multi. Analisis teori antrian menunjukkan bahwa sistem transaksi tapping pada gerbang tol Sidoarjo 2 saat ini masih efisien dan efektif dengan volume kendaraan optimal sebesar 1955 kendaraan/ jam, namun apabila volume kendaraan meningkat maka waktu pelayanan yang dibutuhkan juga semakin besar sehingga membutuhkan implementasi sistem transaksi nirsentuh berbasis MLFF yang dapat mengubah waktu transaksi menjadi 0 detik tanpa menyebabkan adanya waktu tundaan dan antrian panjang.
===================================================================================================================================
The toll road infrastructure is a network of roads built to connect regions, enabling fast and uninterrupted connectivity. However, over time, the increasing number of toll road users has led to long traffic jams, especially in densely populated areas such as Jakarta and Surabaya. Congestion occurs at toll gates because users have to queue for payments via the tap system using e-toll cards. To address the issue of waiting time during toll payments, the government has issued regulations to shift the payment system to cashless transactions by adopting touchless technology (GNSS) based on Multi-Lane Free Flow (MLFF). The implementation of touchless technology in the Multi-Lane Free Flow (MLFF) system has introduced significant innovations in toll road management in Indonesia. MLFF technology allows vehicles to complete transactions without stopping, utilizing sensors and automatic payment devices based on RFID, cameras, and other sensor technologies. This study aims to evaluate queue systems based on queuing theory using the Poisson Multi-Server distribution calculation method to analyze arrival time, service time, queue length, maximum toll gate capacity, and optimal vehicle volume. The study results show that the highest vehicle volume occurs on Mondays at 7:00-8:00 AM at single booths and at 10:00-11:00 AM at multi-booths. Queuing theory analysis indicates that the current tapping transaction system at the Sidoarjo 2 toll gate is still efficient and effective with an optimal vehicle volume of 1,955 vehicles/hour. However, if vehicle volume increases, the required service time will also increase, necessitating the implementation of a touchless transaction system based on MLFF, which can reduce transaction time to 0 seconds without causing delays or long queues.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Distribusi Poisson, E-toll, MLFF, Model Antrian, Nirsentuh Optimalisasi.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: ramadhani puspa pratami putri
Date Deposited: 15 Apr 2025 01:08
Last Modified: 15 Apr 2025 01:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/119018

Actions (login required)

View Item View Item