Rhamadani, Tasya Putri (2025) Model Perencanaan Maintenance Dredging (Studi Kasus: East Java Multipurpose Terminal di Lamongan Shorebase). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5020211020-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2027. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Sebagai salah satu entitas penting dalam rantai proses transportasi laut, pelabuhan memiliki peran yang vital sebagai titik hubung antar suatu wilayah. East Java Multipurpose Terminal (EJMT) merupakan salah satu terminal pelabuhan dibawah naungan ICTSI Group Company yang kedepannya digunakan sebagai titik hubung untuk distribusi barang khususnya sekitar Provinsi Jawa Timur. Sesuai masterplan pelabuhan, kedalaman di area terminal ini dirancang hingga -13,5 meter dibawah chart datum sehingga perlu dilakukan perencanaan lebih detail terkait proses maintenance dredging. Tujuan dari Tugas Akhir ini yaitu melakukan kajian pemodelan skenario agar didapatkan hasil yang efektif dan efisien dalam perencanaan maintenance dredging pada EJMT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skenario dan optimasi dengan pendekatan algoritma non-linear programming untuk menentukan biaya yang paling minimum. Hasil dari penelitian ini didapatkan skenario terpilih yaitu skenario pengerukan menggunakan desain keruk dengan adanya sediment trap yang mana total volume material keruk sebesar 107.671,61 m3 dan kapal keruk terpilih untuk kolam sandar bertipe TSHD 6, kolam putar bertipe TSHD 6, sedangkan untuk alur pelayaran bertipe TSHD 10. Durasi waktu pengerjaan pengerukan untuk kolam sandar selama 3 hari dengan total biaya sekitar 1,0 miliar rupiah atau setara dengan 68 ribu rupiah per meter kubik, untuk kolam putar selama 7 hari dengan total biaya sekitar 2,6 miliar rupiah atau setara 71 ribu rupiah per meter kubik, sedangkan untuk alur pelayaran selama 7 hari dengan total biaya sekitar 3,5 miliar rupiah atau setara dengan 65 ribu rupiah per meter kubik.
===================================================================================================================================
As one of the important entities in the sea transportation process chain, the port has a vital role as a connection point between regions. East Java Multipurpose Terminal (EJMT) is one of the port terminals under the auspices of ICTSI Group Company which will be used as a connection point for the distribution of goods, especially around East Java Province. According to the port master plan, the depth in this terminal area is designed to -13.5 meters below chart datum so that more detailed planning needs to be done regarding the maintenance dredging process. The purpose of this Final Project is to conduct a scenario modeling study in order to obtain effective and efficient results in planning maintenance dredging at EJMT. The method used in this research is scenario and optimization with a non-linear programming algorithm approach to determine the minimum cost. The results of this study obtained the selected scenario, namely the dredging scenario using a dredge design with a sediment trap where the total volume of dredged material is 107,671.61 m3 and the selected dredger for the berthing pool is TSHD 6 type, the rotary pool is TSHD 6 type, while for the shipping channel is TSHD 10 type. The duration of the dredging work for the berthing pool is 3 days with a total cost of around 1.0 billion rupiah or equivalent to 68 thousand rupiah per cubic meter, for the rotary pool for 7 days with a total cost of around 2.6 billion rupiah or equivalent to 71 thousand rupiah per cubic meter, while for the shipping channel for 7 days with a total cost of around 3.5 billion rupiah or equivalent to 65 thousand rupiah per cubic meter.
Actions (login required)
![]() |
View Item |