Prasetya, Naufal Khosyi (2025) Analisis Pengaruh Kampung Inggris Dalam Menumbuhkan Motivasi Masyarakat Untuk Memulai dan Mengembangkan UMKM (Studi Kasus: Kampung Inggris Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5033201053-Undergraduate_ Thesis_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM selalu menarik untuk dikaji, bukan hanya dari aspek ketahanan, aspek pembiayaan, perolehan pinjaman atau dari aspek manajerial usaha. Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Negara Indonesia sebagian besar merupakan kegiatan usaha rumah tangga yang mana kehadiranya untuk menopang
perekonomian keluarga. Masyarakat di Desa Tulungrejo ikut berperan dan berpartisipasi secara langsung dalam mengembangkan UMKM di sekitar Kampung Inggris. Karena dengan
keunikan yang dimiliki Kampung Inggris, maka potensi yang unik dan memiliki daya tarik inilah perlu dipertahankan untuk mendorong perekonomian lokal masyarakat. Pokok
permasalahanya adalah belum adanya strategi perencanaan usaha yang harus dikembangkan oleh pemilik UMKM ketika menghadapi musim masuk sekolah dan belum adanya motivasi
masyarakat yang belum mendirikan UMKM meskipun adanya keberadaan Kampung Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan pemilik usaha UMKM
masyarakat Desa Tulungrejo yang ada di Kabupaten Kediri selama musim liburan sekolah. Selain itu, tujuan dari penelitian ini mengetahui seberapa besar pengaruh potensi Kampung Inggris dalam memotivasi masyarakat yang belum mendirikan usaha UMKM di Desa Tulungrejo. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan studi kasus. Untuk teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi di lapangan , wawancara dengan pihak yang terkait didalam penelitian, dan studi literatur. Setelah itu
menggunakan analisis SWOT yang bertujuan mengindetifikasi kekuatan , kelemahan, peluang, dan ancaman dari hasil data yang diperoleh di lapangan. Dari hasil penelitian yang telah
dilakukan dengan menggunakan metode penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa, adanya strategi pengembangan usaha ketika memasuki musim masuk sekolah oleh para pemilik UMKM dengan cara melakukan promosi harga jual murah, menjual dengan menggunakan media sosial serta aplikasi online dan juga pada saat musim liburan sekolah mereka bekerja sama dengan pihak UMKM yang sesama jenis . Sedangkan untuk motivasi keluarga yang belum memiliki UMKM mereka sudah mendapatkan pelatihan dan sosialisasi dari pemerintah desa tentang UMKM dengan harapan bisa membantu menambah pendapatan keluarga apabila
suatu saat nanti bisa memiliki usaha sendiri.
========================================================================================================================================
Micro, Small and Medium Enterprises or MSMEs are always interesting to study, not only from the aspect of resilience, financing, obtaining loans or from the aspect of business management. Most of the micro, small and medium enterprises (MSMEs) in Indonesia are household business activities whose presence is to support the family economy. The community in Tulungrejo Village plays a role and participates directly in developing MSMEs around Kampung Inggris. Because of the uniqueness of Kampung Inggris, this unique potential and attraction needs to be maintained to encourage the local economy of the community. The
main problem is the absence of a business planning strategy that must be developed by MSME owners when facing the school season and the absence of motivation for people who have not
established MSMEs even though Kampung Inggris exists. This study aims to determine the development strategy of MSME business owners in Tulungrejo Village in Kediri Regency
during the school holidays. In addition, the purpose of this study is to determine how much influence the potential of Kampung Inggris has in motivating people who have not established MSME businesses in Tulungrejo Village. The method used is qualitative research using a case study approach. For data collection techniques, namely through field observations, interviews with parties involved in the research, and literature studies. After that, using a SWOT analysis which aims to identify strengths, weaknesses, opportunities, and threats from the results of data
obtained in the field. From the results of the research that has been carried out using the research method above, it can be concluded that there is a business development strategy when entering the school season by MSME owners by promoting low selling prices, selling using social media and online applications and also during the school holidays they work together with MSMEs of the same sex. As for the motivation of families who do not yet have MSMEs, they have received training and socialization from the village government about MSMEs in the hope that they can help increase family income if they can one day have their own business.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory > HB615 Entrepreneurship. H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning. |
Divisions: | Faculty of Business and Management Technology > Development Studies > 60201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Naufal Khosyi Gora Prasetya |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:54 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:54 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/119383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |