Yuwawira, Adib Adinata (2025) Analisis Perbaikan Desain Rudder Assy pada Vertical Tail Plane Pesawat N219 di PT Dirgantara Indonesia dengan Pendekatan Design for Assembly. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5010211087-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Upaya peningkatan efisiensi produksi pesawat menemui tantangan akibat jumlah komponen pesawat yang mencapai lebih dari 16.000 komponen dengan tingkat kemiripan komponen yang rendah. Kondisi ini menyebabkan tingginya tingkat kompleksitas proses produksi yang berakhir pada tingginya biaya dan waktu produksi. Oleh karena itu, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut digunakan pendekatan dengan concurrent engineering menggunakan metode design for manufacturing and assembly (DFMA), metode ini dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat diterapkan karena kemampuannya dalam mengidentifikasi dan mengoptimalkan proses produksi dengan menyederhanakan proses perakitan dan mengurangi jumlah komponen berdasarkan desain baru yang diusulkan. Dengan begitu, tingginya jumlah komponen dan kompleksitas produksi pesawat dapat diatasi tanpa mengurangi kualitas dan fungsionalitas produk. Penelitian ini berfokus pada komponen rudder assy pada bagian vertical tail plane dari pesawat N219 yang terdiri dari 264 komponen (jumlah tanpa fasteners). Komponen ini dipilih karena merupakan salah satu komponen gerak yang sangat penting dalam menjaga kestabilan pesawat, sehingga proses produksinya harus dilakukan dengan seoptimal mungkin. Perbaikan dilakukan dengan mengeliminasi dan menyederhanakan komponen yang masuk dalam dua kategori yaitu komponen yang tidak termasuk dalam kriteria minimum part yang menjadi dasar re-design 1 dan komponen yang memiliki fungsi sebagai pengencang (fastener) yang menjadi dasar re-design 2. Hasil analisis menunjukkan bahwa desain perbaikan memiliki efisiensi perakitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan desain eksisting. Hal tersebut dibuktikan dengan turunnya jumlah komponen dari 264 komponen menjadi 209 komponen pada re-design 1 dan 238 pada re-design 2 dan meningkatnya indeks DFA dari 17,57 menjadi 19,90 pada re-design 1 dan 19,10 pada re-design 2 yang mengindikasikan adanya peningkatan efisiensi dan kemudahan dalam proses perakitan. Selain itu, terjadi penurunan waktu perakitan sebesar 11,69% untuk re-design 1 dan 8,02% untuk re-design 2 serta penurunan biaya perakitan sebesar 9,16% pada re-design 1 dan 7,29 pada re-design 2. Dapat dilihat bahwa re-design 1 memiliki efisiensi tertinggi, tetapi karena kesesuaiannya terhadap standar rendah, maka re-design 2 dipilih sebagai alternatif perbaikan karena mengalami peningkatan efisiensi dengan kesesuaian standar yang lebih tinggi.
========================================================================================================================
Efforts to improve aircraft production efficiency face challenges due to the number of aircraft components reaching more than 16,000 parts with a low level of component similarity. This condition leads to a high level of production process complexity, resulting in increased production time and cost. Therefore, to address this issue, a concurrent engineering approach is used by applying the design for manufacturing and assembly (DFMA) method. This method can be one of the applicable alternatives due to its ability to identify and optimize the production process by simplifying the assembly process and reducing the number of components based on the proposed new design. In this way, the high number of components and production complexity can be managed without reducing the quality and functionality of the product. This study focuses on the rudder assy component of the vertical tail plane section of the N219 aircraft, which consists of 264 components (excluding fasteners). This component was chosen because it is one of the critical moving parts in maintaining aircraft stability, thus requiring an optimally executed production process. The improvement is carried out by eliminating and simplifying components classified into two categories: components that do not meet the minimum part criteria, which form the basis of re-design 1, and components that function as fasteners, which form the basis of re-design 2. The analysis results show that the improved designs have higher assembly efficiency compared to the existing design. This is evidenced by the reduction in the number of components from 264 to 209 in re-design 1 and to 238 in re-design 2, as well as the increase in DFA index from 17.57 to 19.90 in re-design 1 and 19.10 in re-design 2, indicating improved efficiency and ease of assembly. In addition, there is a reduction in assembly time by 11.69% for re-design 1 and 8.02% for re-design 2, as well as a decrease in assembly cost by 9.16% for re-design 1 and 7.29% for re-design 2. It can be observed that re-design 1 has the highest efficiency, but due to its low compliance with standards, re-design 2 is chosen as the improvement alternative because it provides increased efficiency with higher compliance to standards.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DFA, DFMA, Pesawat Terbang, Concurrent Engineering, Rudder Assy, N219, DFA, DFMA, Aircraft, Concurrent Engineering, Rudder Assy, N219 |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design T Technology > TS Manufactures > TS183 Manufacturing processes. Lean manufacturing. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Adib Adinata Yuwawira |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:17 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:17 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/119620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |