Potensi Penerapan Kebijakan Land Value Capture melalui Optimasi Peningkatan Pajak (Betterment Tax) dan Bonus Zoning (Zoning Bonuses) pada Sekitar Pembangunan Tol Akses Balikpapan - Ibu Kota Nusantara (IKN)

Fajri, Fadel Ghulam (2025) Potensi Penerapan Kebijakan Land Value Capture melalui Optimasi Peningkatan Pajak (Betterment Tax) dan Bonus Zoning (Zoning Bonuses) pada Sekitar Pembangunan Tol Akses Balikpapan - Ibu Kota Nusantara (IKN). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6015231002-Master_Thesis.pdf] Text
6015231002-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji potensi penerapan kebijakan Land Value Capture (LVC) sebagai strategi fiskal inovatif untuk mendukung pendanaan pembangunan infrastruktur di sekitar kawasan Tol Akses Balikpapan – Ibu Kota Nusantara (IKN). Melalui pendekatan rasionalisme dan metode campuran (mixed-method), penelitian ini menyusun model LVC berbasis dua instrumen utama: pajak peningkatan nilai (betterment tax) melalui penyesuaian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), dan bonus zonasi (zoning bonuses) melalui kompensasi pelampauan Koefisien Lantai Bangunan (KLB). Analisis dilakukan terhadap variasi spasial harga tanah dengan metode regresi linier, identifikasi variabel penentu nilai lahan, dan pengumpulan konsensus melalui metode Delphi terhadap pemangku kepentingan. Secara kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model LVC optimal mampu menghasilkan potensi tangkapan nilai kawasan sebesar Rp470,7 triliun hingga tahun 2033. Dalam skenario pembangunan 20% area tangkapan, LVC berpotensi menyumbang pendapatan daerah hingga Rp94,15 triliun, jauh lebih tinggi dibanding skenario non-optimasi (Rp53,4 triliun) dan tanpa kenaikan NJOP (Rp9,06 triliun). Proyeksi tahunan menunjukkan tren pertumbuhan dari Rp271,89 triliun pada tahun 2029 menjadi Rp639,16 triliun pada tahun 2033. Instrumen kompensasi KLB juga menunjukkan efektivitas dengan potensi kontribusi tunai hingga Rp7,67 triliun. Penelitian ini menegaskan bahwa kebijakan LVC tidak hanya berperan dalam menyeimbangkan manfaat ekonomi antara pemerintah dan pemilik lahan, namun juga mendorong pemanfaatan ruang kota yang lebih adil dan berkelanjutan. Temuan ini diharapkan menjadi referensi penting dalam perumusan kebijakan fiskal dan tata ruang, khususnya pada wilayah yang terdampak pembangunan infrastruktur strategis nasional.
=================================================================================================================================
This study investigates the potential implementation of Land Value Capture (LVC) as an innovative fiscal mechanism to finance infrastructure development surrounding the Balikpapan – Nusantara Capital City (IKN) Access Toll Road. Utilizing a rationalist framework and a mixed-methods approach, the research develops a dual-instrument LVC model, consisting of betterment tax via adjustment of the Sales Value of Tax Objects (NJOP) and zoning bonuses through compensation for exceeding the Floor Area Ratio (FAR). The methodology incorporates spatial analysis using the linier regression model to identify land value variation, regression-based assessment of influencing variables, and a stakeholder consensus analysis using the Delphi method. Quantitatively, the optimized LVC model demonstrates a cumulative potential land value capture of IDR 470.7 trillion by 2033. In a 20% development scenario, this model can generate up to IDR 94.15 trillion in local revenue, significantly outperforming the non-optimized (IDR 53.4 trillion) and baseline NJOP scenarios (IDR 9.06 trillion). Annual projections between 2029–2033 indicate an upward trajectory from IDR 271.89 trillion to IDR 639.16 trillion in LVC value. Furthermore, zoning bonus instruments—implemented via FAR exceedance compensation—offer a cash revenue stream projected to reach IDR 7.67 trillion. This study affirms LVC’s strategic relevance in balancing public-private economic benefits, fostering efficient land use, and enhancing the financial autonomy of local governments in managing spatial growth. The proposed LVC framework offers valuable insights for fiscal reform and spatial planning policy, particularly in rapidly transforming peri-urban contexts influenced by national strategic infrastructure projects.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Land Value Capture, Betterment Tax, Zoning Bonuses, Linier Regression, Sales Value of Tax Objects, Floor Area Ratio
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems.
G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > GF78 T73 Sustainable living.
H Social Sciences > HA Statistics > HA30.6 Spatial analysis
H Social Sciences > HA Statistics > HA31.3 Regression. Correlation. Logistic regression analysis.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Fadel Ghulam Fajri
Date Deposited: 28 Jul 2025 09:16
Last Modified: 28 Jul 2025 09:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/119649

Actions (login required)

View Item View Item