Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Pada CV. Sinar Karunia Sulung Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard

Zhafran, Muhammad Muzaki (2025) Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Pada CV. Sinar Karunia Sulung Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5010211037-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5010211037-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

CV. Sinar Karunia Sulung adalah sebuah perusahaan yang bergerak di sektor retail Alat Tulis Kantor. Berdisi sejak tahun 2017, CV. Sinar Karunia Sulung memiliki 6 cabang diantaranya Mojokerto Ijen, Mojokerto JS, Pasuruan, Malang, Gresik, dan Bangil. Namun demikian, pada tahun 2023 sebanyak 60% perusahaan mengalami kesulitan dalam mengoptimalkan kinerja karyawan. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum memiliki sistem pengukuran kinerja yang terstruktur, yang dapat mengakibatkan penurunan kinerja perusahaan. Dalam upaya mencegah hal tersebut, CV. Sinar Karunia Sulung berencana untuk merumuskan sistem pengukuran kinerja yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Perusahaan juga berupaya untuk meningkatkan pendapatan. Untuk mencapai target tersebut, penelitian ini dilakukan untuk merancang sistem pengukuran kinerja yang melibatkan perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran serta pertumbuhan menggunakan Balanced Scorecard. Metode Balanced Scorecard digunakan untuk menetapkan sasaran strategi dan Key Performance Indicator (KPI) pada tingkat perusahaan serta cascading pada tingkat cabang. Melalui penelitian ini, ditemukan 11 sasaran strategi yang terdiri dari 25 KPI pada tingkat perusahaan, dan 8 sasaran strategi yang terdiri dari 14 KPI pada tingkat cabang. Selanjutnya, dilakukan pembobotan pada perspektif, sasaran strategi, dan KPI menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pairwise comparison yang dibantu menggunakan software Expert Choice untuk melakukan pengolahan. Tingkat Net Profit Margin dan Customer Retention Rate menjadi prioritas tertinggi dalam pembobotan KPI pada tingkat perusahaan, hal ini dikarenakan perusahaan ingin fokus dalam meningkatkan pendapatannya. Di sisi lain, dengan adanya pendapatan yang meningkat maka perusahaan dapat terus mengembangkan proses bisnisnya seperti meningkatkan market share, memperluas pangsa pasar dengan membuka cabang baru, dan sebagainya serta menjaga loyalitas pelanggan menjadi misi yang sedang diusung oleh perusahaan untuk terus mempertahanakan keberlanjutan dari bisnisnya. Sementara itu, pada tingkat cabang KPI tingkat stock opname menjadi prioritas tertinggi dalam pembobotan KPI. Selain itu, adanya Dashboard system diharapkan dapat membantu perusahaan CV. Sinar Karunia Sulung sebagai alat monitoring, evaluasi dan transparansi data sehingga akan membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan secara cepat, terukur, dan berbasis data
====================================================================================================================================
CV. Sinar Karunia Sulung is a company engaged in the retail sector of Office Stationery. Established since 2017, CV. Sinar Karunia Sulung has 6 branches including Mojokerto Ijen, Mojokerto JS, Pasuruan, Malang, Gresik, and Bangil. However, in 2023 as many as 60% of companies have difficulty in optimizing employee performance. One of the contributing factors is not having a structured performance measurement system, which can result in a decline in company performance. In an effort to prevent this, CV. Sinar Karunia Sulung plans to develop a performance measurement system that is in accordance with the company's vision and mission. The company is also trying to increase revenue. To achieve this target, this study was conducted to design a performance measurement system that involves financial, customer, internal business process, and learning and growth perspectives using the Balanced Scorecard. The Balanced Scorecard method is used to set strategic targets and Key Performance Indicators (KPIs) at the company level and cascading at the branch level. Through this study, 11 strategic targets consisting of 25 KPIs were found at the company level, and 8 strategic targets consisting of 14 KPIs at the branch level. Furthermore, the weighting of the perspective, strategic targets, and KPIs was carried out using the Analytical Hierarchy Process (AHP) paired comparison method assisted by Expert Choice software to carry out the processing. The Net Profit Margin and Customer Retention Rate levels are the highest priorities in KPI weighting at the company level, this is because the company wants to focus on increasing its revenue. On the other hand, with increasing revenue, the company can continue to develop its business processes such as increasing market share, expanding market share by opening new branches, and so on, and maintaining customer loyalty is a mission that is being carried out by the company to continue to maintain the passion of its business. Meanwhile, at the branch level, the KPI stock opname level is the highest priority in KPI weighting. In addition, the Dashboard system is expected to help the company CV. Sinar Karunia Sulung as a monitoring, evaluation and data transparency tool so that it will help the company in making decisions quickly, measurably, and based on data

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja, Key Performance Indicator, Analytical Hierarchy Process, Perspektif, Dashboard. Balanced Scorecard, Performance Measurement, Key Performance Indicator, Analytical Hierarchy Process, Perspective, Dashboard
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.93 Balanced scorecard
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Muzaki Zhafran
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:16
Last Modified: 15 Jul 2025 07:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/119776

Actions (login required)

View Item View Item