Gultom, Felix Andrew (2025) Simulasi Numerik CFD Untuk Menilai Dampak Vortex Induced Vibration (VIV) Pada Lokasi Crossing Pipeline Studi Kasus : Sukowati Field Milik Pertamina EP. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5020211031-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas analisis vortex induced vibration (VIV) pada pipa bawah laut di area crossing pipeline Sukowati Field milik Pertamina EP menggunakan simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD). Berdasarkan hasil screening level-1 dan level-2 terhadap enam titik crossing dengan data freespan aktual, ditemukan lima bentangan bebas mengalami gagal statis dan VIV, dengan KP 20.35 sepanjang 34 meter teridentifikasi dalam kondisi kritis. Simulasi menunjukkan bahwa keberadaan embedment pada pipa memberikan pengaruh signifikan terhadap karakteristik aliran di sekitar area crossing, terutama pada nilai vortex velocity dan vortex pressure. Pada seluruh variasi kecepatan arus yang diuji, pipa tanpa embedment menghasilkan vortex velocity lebih tinggi dengan rata-rata kecepatan di daerah vortex sebesar 0,652 m/s pada kecepatan arus 0,648 m/s. Nilai vortex pressure juga tercatat lebih besar pada kondisi tanpa embedment dengan selisih tekanan hingga 12,06% pada kecepatan arus tertinggi. Hasil simulasi ini dievaluasi dengan mengacu pada standar ASME B31.8-2003 dan DNV-RP-F105 sebagai referensi penilaian potensi risiko VIV pada pipa bawah laut. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan embedment efektif dalam mereduksi intensitas vortex yang terbentuk, baik dari sisi kecepatan maupun tekanan, sehingga dapat membantu mengurangi potensi gangguan akibat VIV pada pipa bawah laut.panjang effective span pada arah cross-flow dan in-line akan dianalisis untuk menentukan panjang span yang diizinkan berdasarkan standar yang berlaku. Evaluasi kelelahan pipa akibat VIV juga akan dilakukan dengan metode yang mengacu pada standar DNV-RP-F105, sehingga fatigue life pipa dapat diperkirakan. Dari hasil simulasi yang akan dilakukan, diharapkan penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai pengaruh VIV terhadap pipa di lokasi crossing serta dapat menjadi referensi dalam mitigasi risiko kegagalan akibat getaran vorteks pada pipa bawah laut.
==========================================================================================================================================
This study investigates vortex induced vibration (VIV) on subsea pipelines in the crossing area at Sukowati Field, Pertamina EP, using Computational Fluid Dynamics (CFD) simulations. Based on level-1 and level-2 screening conducted on six crossing points with actual freespan survey data, five spans were found to experience static and VIV failures, with the span at KP 20.35 (34 meters) identified as critical. Simulations demonstrated that pipeline embedment significantly influences the flow characteristics around the crossing area, particularly the vortex velocity and vortex pressure values. Across all tested current velocity variations, pipelines without embedment consistently produced higher vortex velocity, with an average vortex region velocity of 0.652 m/s at a current velocity of 0.648 m/s. The vortex pressure was also higher under non-embedment conditions, with a maximum pressure difference of 12.06% at the highest current velocity. The simulation results were evaluated with reference to ASME B31.8-2003 and DNV-RP-F105 standards for assessing VIV risk on subsea pipelines. These findings indicate that embedment effectively reduces vortex intensity in terms of both velocity and pressure, contributing to the mitigation of VIV-related issues in subsea pipeline systems.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Vortex Induced Vibration, Bentangan Bebas, Crossing Pipelines, CFD Vortex Induced Vibration, Free Span, Crossing Pipelines, CFD |
Subjects: | V Naval Science > VC Naval Maintenance > VC 270-279 Equipment of vessels, supplier,allowances,etc |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Felix Andrew |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 01:41 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 01:41 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/120390 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |