Perancangan Dan Pengembangan Aplikasi Pendamping Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Bidang Informatika Menggunakan Generative Artificial Intelligence

Arnata, Ligar Arsa (2025) Perancangan Dan Pengembangan Aplikasi Pendamping Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Bidang Informatika Menggunakan Generative Artificial Intelligence. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5025211244-Undergradute_Thesis.pdf] Text
5025211244-Undergradute_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pesat teknologi kecerdasan artifisial, khususnya Generative Artificial Intelligence (GAI), telah membuka berbagai peluang baru dalam dunia pendidikan, terutama dalam mendorong terciptanya proses pembelajaran yang lebih adaptif, personal, dan efisien. Melalui potensi tersebut, tugas akhir ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi web sebagai kerangka kerja atau platform pendamping pembelajaran untuk mata kuliah dasar di bidang informatika, seperti Dasar Pemrograman, Struktur Data, dan Pemrograman Web.
Aplikasi ini memanfaatkan teknologi GAI dengan menggunakan model language dari Google, yaitu Gemini, guna menghasilkan materi pembelajaran secara otomatis berdasarkan topik yang dipilih oleh pengguna. Selain itu, aplikasi juga menyediakan fitur pembuatan bank soal secara dinamis untuk topik yang sama, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sarana evaluasi pembelajaran. Pengembangan aplikasi dilakukan menggunakan metode Waterfall, yang meliputi tahap analisis kebutuhan, perancangan sistem dan antarmuka, implementasi, serta pengujian. Teknologi yang digunakan dalam pengembangan mencakup Next.js untuk antarmuka web, Inngest untuk orkestrasi fungsi, dan Google Gemini sebagai inti dari sistem GAI.
Pengujian aplikasi dilakukan melalui 2 tahap yaitu UAT dan evaluasi pakar, di mana UAT dilakukan oleh target pengguna dan untuk evaluasi pakar dilakukan oleh dosen mata kuliah terkait, untuk menilai kesesuaian materi yang dihasilkan serta tingkat akurasi jawaban dalam bank soal. Hasil evaluasi dari UAT menunjukkan bahwa sistem sudah berjalan sesuai dengan fungsionalitas, dan evaluasi dari pakar juga sudah menunjukkan bahwa materi yang dihasilkan telah sesuai dengan CPMK yang ingin diraih dan ketepatan soal yang dihasilkan oleh sistem bernilai sempurna dari jumlah sampel yang disediakan. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, aplikasi ini menunjukkan potensi sebagai solusi pendukung pembelajaran yang efektif dan inovatif, khususnya bagi mahasiswa informatika pada tingkat dasar.
==========================================================================================================================================
The rapid advancement of artificial intelligence technology, particularly Generative Artificial Intelligence (GAI), has created numerous new opportunities in the field of education—especially in enabling more adaptive, personalized, and efficient learning processes. Leveraging this potential, this thesis aims to design and develop a web-based application as a learning companion platform for foundational courses in the field of informatics, such as Fundamental Programming, Data Structures, and Web Programming.
This application utilizes GAI technology through Google's advanced language model, Gemini, to automatically generate learning materials based on topics selected by the user. In addition to content generation, the application also provides a feature for creating a dynamic question bank derived from the same topics, serving as a tool for learning evaluation. The application was developed using the Waterfall method, comprising requirement analysis, system and interface design, implementation, and testing phases. Technologies employed include Next.js for the web interface, Inngest for function orchestration, and Google Gemini as the core generative AI engine.
Application testing is carried out through 2 stages, namely UAT and expert evaluation, where UAT is carried out by the target user and for expert evaluation is carried out by the lecturer of the related course, to assess the suitability of the material produced and the level of accuracy of the answers in the question bank. The results of the UAT evaluation show that the system has run according to its functionality, and the expert evaluation has also shown that the material produced is in accordance with the desired CPMK and the accuracy of the questions generated by the system is perfect from the number of samples provided. Based on these evaluation results, this application shows potential as an effective and innovative learning support solution, especially for informatics students at the basic level.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: aplikasi web edukasi, generative ai, kecerdasan artifisial, personalisasi pembelajaran, artificial intelligence, educational web application, generative ai, personalized learning
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ligar Arsa Arnata
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:06
Last Modified: 22 Jul 2025 07:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/120555

Actions (login required)

View Item View Item