Analisis Peningkatan Capaian Service Level Pada Distributor Produk Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Di Pekanbaru Dengan Pendekatan Dmaic

Marpaung, Louis Claudia (2025) Analisis Peningkatan Capaian Service Level Pada Distributor Produk Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Di Pekanbaru Dengan Pendekatan Dmaic. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032222068__Master_Thesis.pdf] Text
6032222068__Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PT.XYZ merupakan perusahaan distribusi produk air minum dalam kemasan (AMDK) di Pekanbaru yang menghadapi tantangan untuk meningkatkan pencapaian service level kepada para pelanggannya. Tercatat pada periode September 2023 hingga April 2024, rata-rata pencapaian service level produk kemasan galon adalah 87.89% sedangkan untuk produk dengan kemasan box adalah 89.23% dimana pencapaian ini belum memenuhi target perusahaan yakni 95%. Dari latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengidentifikasi akar permasalahan tidak tercapainya target service level perusahaan. Penelitian akan dilakukan dengan pendekatan DMAIC (Define-Measure-Analyze-Improve-Control) menggunakan tools cause effect diagram (fishbone diagram) dan 5 -whys analysis . Penelitian dimulai dengan observasi langsung terhadap proses distribusi perusahaan serta diikuti dengan wawancara terhadap stakeholder yang terkait pada proses bisnis perusahaan. Aktivitas observasi serta wawancara membantu dalam penggambaran process activity mapping yang bertujuan untuk dapat memberikan gambaran terkait alur proses distribusi. Selain itu pada penelitian ini juga dilakukan proses pengumpulan data historikal juga untuk mengetahui kondisi awal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor yang menjadi akar penyebab belum tercapainya target SLA adalah faktor metode, manpower, measurement dan material .Pada penelitian ini diberikan rekomendasi perbaikan berupa usulan digitalisasi, perbaikan sistem pemantauan (monitoring), struktur organisasi serta pembuatan standar operasional prosedur yang didapatkan dari hasil observasi serta wawancara dengan pihak terkait untuk mengatasi akar permasalahan tersebut. Dari hasil rekomendasi perbaikan yang dilakukan, terlihat terjadinya peningkatan produktivitas aktivitas distribusi dimana ritase kendaraan meningkat dari 1.16 menjadi rata-rata 1.38. Perbaikan dari sisi proses juga berdampak pada peningkatan pencapaian SLA, dimana pada kemasan galon capaian SLA meningkat dari rata-rata 87.8% menjadi 91.6% sedangkan pada kemasan box capaian SLA meningkat dari 89.2% menjadi 92%. Peningkatan indikator kinerja tersebut berdampak juga pada peningkatan angka penjualan perusahaan sebesar 22%
=================================================================================================================================
PT.XYZ , a bottled drinking water distribution company based in Pekanbaru, is currently facing challenges in achieving its targeted service level. From September 2023 to April 2024, the company recorded an average service level of 87.89% for gallon-packaged products and 89.23% for box-packaged products, both below the company’s target of 95%. This study aims to identify the root causes of the service level gap and provide improvement recommendations. The research employs the DMAIC (Define-Measure-Analyze-Improve-Control) methodology, supported by tools such as the fishbone diagram and 5 Whys analysis. Data collection involved direct observation of distribution activities, stakeholder interviews, process activity mapping, and analysis of historical operational data. Findings reveal that the primary causes of the unmet service level targets are related to method, manpower, measurement, and material. Based on these insights, several improvements are proposed, including digitalization, enhancement of monitoring systems, adjustments to the organizational structure, and the development of standard operating procedures (SOPs).Implementation of these recommendations led to improved distribution performance, as reflected in the increase of average vehicle trips (ritase) from 1.16 to 1.38. Furthermore, service level achievement rose to 91.6% for gallon-packaged products and 92% for box-packaged products. These results demonstrate the effectiveness of targeted process improvements in enhancing service levels. The improvement in these performance indicators also had a positive impact to the company’s sales, which increased by 22%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Service level, DMAIC Approach, Root Cause Analysis, Cause Effect Diagram, 5-Whys Analysis Service Level, Pendekatan DMAIC, Root Cause Analysis, Cause Effect Diagram, 5-Whys Analysis,
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Louis Claudia Marpaung
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:11
Last Modified: 23 Jul 2025 07:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/120803

Actions (login required)

View Item View Item