Analisis Ekspor Dan Daya Saing Komoditas Rempah Indonesia Pada Negara Mitra Dagang Utama

Pradini, Aldavindra Audia (2025) Analisis Ekspor Dan Daya Saing Komoditas Rempah Indonesia Pada Negara Mitra Dagang Utama. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5033211050-Undergraduate_Theses.pdf] Text
5033211050-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Rempah-rempah merupakan komoditas yang cukup memiliki kontribusi pada sektor pertanian Indonesia. Permintaan akan rempah dari seluruh dunia kian bertumbuh disebabkan banyak faktor salah satunya keberagaman populasi yang semakin menyebar ke seluruh bagian negara sehingga baik dari sektor makanan, farmasi, hingga kosmetik akan sangat membutuhkan bahan dasar olahan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yakni salah satunya dengan menggunakan bahan yang berasal dari rempah-rempah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing ekspor rempah-rempah Indonesia dan menganalisis faktor-faktor yang menjadi pengaruh terhadap nilai ekspor rempah Indonesia pada negara-negara yang menjadi mitra dagang utama dalam periode tahun 2014-2023. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan data sekunder. Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD), dan X-Model sebagai metode analisis daya saing ekspor komoditas rempah dan Regresi Data Panel sebagai metode analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ekspor rempah Indonesia. Indikator yang menjadi variabel dalam model Regresi Data Panel meliputi nilai konsumsi domestik rempah, populasi, indeks daya saing RCA, PDB riil per kapita, inflasi dan nilai tukar. Hasil penelitian dari metode analisis RCA. EPD, dan X-Model menunjukkan bahwa Malaysia menjadi negara tujuan ekspor rempah Indonesia sebagai pasar prospektif (optimis) untuk dikembangkan, sedangkan Amerika Serikat, Thailand, dan Pakistan menjadi negara tujuan sebagai pasar yang potensial untuk dikembangkan. Selain itu, hasil dari metode analisis regresi data panel menunjukkan bahwa nilai konsumsi domestik rempah, indeks daya saing RCA, dan inflasi menjadi variabel yang berpengaruh secara positif signifikan terhadap ekspor rempah Indonesia. Sedangkan variabel populasi dan PDB riil per kapita berpengaruh positif namun tidak signifikan serta variabel nilai tukar berpengaruh negatif tidak signifikan. Dari hasil penelitian tersebut, diharapkan pemerintah maupun eksportir dapat mempertimbangkan negara tujuan yang menjadi target pasar utama ekspor rempah Indonesia dan faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor rempah untuk mengembangkan negara-negara yang menjadi pasar tujuan ekspor rempah tersebut.
========================================================================================================================
Spices are a commodity that significantly contributes to Indonesia's agricultural sector. The demand for spices from around the world is growing due to many factors, one of which is the increasing diversity of the population spreading throughout the country. As a result, sectors
such as food, pharmaceuticals, and cosmetics will greatly need processed raw materials that have many health benefits, one of which is using ingredients derived from spices. This study aims to analyze the competitiveness of Indonesian spice exports and examine the factors influencing the export value of Indonesian spices to major trading partner countries during the period 2014-2023. This research is a descriptive quantitative study using secondary data.
Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD), and the X-Model as methods for analyzing the export competitiveness of spice commodities, and Panel Data
Regression as a method for analyzing the factors influencing the export value of Indonesian spices. Indicators that serve as variables in the Panel Data Regression model include the value of domestic spice consumption, population, RCA competitiveness index, real GDP per capita, inflation, and exchange rate. The research results from the RCA, EPD, and X-Model analysis methods indicate that Malaysia is a prospective (optimistic) market for developing Indonesian
spice exports, while the United States, Thailand, and Pakistan are potential markets for development. Additionally, the results from the panel data regression analysis method indicate that the value of domestic spice consumption, the RCA competitiveness index, and inflation are significantly positively influential variables on Indonesia's spice exports. Meanwhile, the population variable and real GDP per capita have a positive but insignificant effect, while the exchange rate variable has a negative but insignificant effect. From the research results, it is hoped that both the government and exporters can consider the destination countries that are the main target markets for Indonesian spice exports and the factors influencing spice exports to develop these destination countries for spice exports.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Komoditas Rempah, Ekspor, RCA, EPD, Regresi Panel, X-Model Spice Commodities, Exports, RCA, EPD, Panel Regression, X-Model
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA31.3 Regression. Correlation. Logistic regression analysis.
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Developmental Studies > 60201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aldavindra Audia Pradini
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:41
Last Modified: 23 Jul 2025 08:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/120920

Actions (login required)

View Item View Item