Analisis Pemilihan Moda Transportasi Berdasarkan Aksesibilitas Dan Preferensi Pelaku Perjalanan Harian Dalam Penerapan Bus Rapid Transit Di Kota Surabaya

Fathoni, Syahrul (2025) Analisis Pemilihan Moda Transportasi Berdasarkan Aksesibilitas Dan Preferensi Pelaku Perjalanan Harian Dalam Penerapan Bus Rapid Transit Di Kota Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012231112-Master_Thesis.pdf] Text
6012231112-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan Kota Surabaya semakin meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surabaya, jumlah penduduk Kota Surabaya mencapai lebih dari 3 juta jiwa pada tahun 2023. Hal ini terlihat pada laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,42% selama rentang tahun 2020-2023. Namun, peningkatan tersebut selaras juga dengan bertambahnya kendaraan pribadi dan kebutuhan perjalanan, khususnya oleh pelaku perjalanan harian. Disisi lain, layanan transportasi umum yang disediakan berupa Suroboyo Bus dan Trans Semanggi Suroboyo belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat, salah satu penyebabnya berdasarkan penelitian sebelumnya yaitu faktor aksesibilitas. Hal ini mendorong penerapan sistem Bus Rapid Transit (BRT).
Penelitian ini menggunakan pendekatan komponen utama dari aksesibilitas yang terdiri dari jarak, waktu dan biaya. Metode Public Transport Accessibility Levels (PTAL) digunakan untuk mengukur tingkat aksesibilitas transportasi umum eksisting berdasarkan indeks Accessibility Levels di Kota Surabaya. Keterlibatan pelaku perjalanan harian untuk mengungkapkan preferensi dalam pemilihan moda transportasi untuk saat ini maupun dimasa yang akan datang melalui survei kuesioner secara Revealed Preference (RP) dan Stated Preference (SP). Hasil tersebut dianalisis menggunakan metode regresi logistik biner untuk mengetahui atribut yang berpengaruh dan probabilitas dalam pemilihan moda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 51,43% wilayah Kota Surabaya berada pada kategori tidak terjangkau layanan transportasi umum, sementara kurang dari 7% wilayah tergolong dalam kategori cukup hingga sangat terjangkau. Berdasarkan hasil analisis, variabel yang berpengaruh signifikan saat ini yaitu umur, jumlah kepemilikan motor, tingkat aksesibilitas di lokasi tujuan dan total waktu perjalanan eksisting. Jika dalam skenario adanya penerapan BRT, maka variabel umur, jumlah kepemilikan motor, jarak tempuh dalam moda dan waktu tempuh dalam moda yang diprediksi akan berpengaruh signifikan dalam pemilihan moda. Jumlah kepemilikan sepeda motor secara signifikan mendominasi pengaruh pemilihan moda transportasi umum baik pada kondisi eksisting maupun pada skenario pengembangan BRT di koridor utara–selatan dan barat–timur. Hasil ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan kebijakan transportasi perkotaan pada saat ini maupun saat penerapan sistem BRT di Kota Surabaya.
======================================================================================================================================
The growth of Surabaya City continues to increase every year. According to data from Badan Pusat Statistik (BPS) Surabaya, the city’s population exceeded 3 million in 2023, with a growth rate of 0.42% during 2020-2023. This growth is accompanied by an increase in private vehicles and travel demand, especially among daily commuters. However, public transportation services such as Suroboyo Bus and Trans Semanggi Suroboyo have not been optimally utilized, mainly due to accessibility factors identified in previous studies. This has encouraged the implementation of a Bus Rapid Transit (BRT) system.
This study uses a principal component approach to accessibility, comprising distance, time, and cost. The Public Transport Accessibility Levels (PTAL) method measures the existing public transport accessibility index in Surabaya. User preferences regarding current and future travel modes were collected using Revealed Preference (RP) and Stated Preference (SP) surveys targeting daily commuters. The survey results were analyzed using binary logistic regression to identify influential attributes and probabilities in mode choice.
The results show that about 51.43% of Surabaya’s area is categorized as underserved by public transport, while less than 7% is moderately to highly accessible. Under current conditions, variables such as age, number of motorcycles owned, accessibility level on destination, and total travel time significantly influence travel mode decisions.
Among them, motorcycle ownership emerges as the most significant factor affecting the likelihood of choosing public transport, both under existing service conditions and projected BRT conditions across north–south and east–west corridors. In the scenario of Bus Rapid Transit (BRT) implementation, the variables of age, number of motorcycles owned, in-vehicle travel distance, and in-vehicle travel time are predicted to have a significant influence on mode choice preferences. These findings offer strategic insights for urban transport policy, emphasizing the need to address accessibility gaps and reduce dependency on private vehicles in preparation for BRT development in Surabaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aksesibilitas, Kota Surabaya, Preferensi Pelaku Perjalanan Harian, Accessibility, PTAL, BRT, Surabaya City, Daily Commuters Preferences
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE336.C5 Choice of transportation
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Syahrul Fathoni
Date Deposited: 05 Aug 2025 03:30
Last Modified: 05 Aug 2025 03:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/121573

Actions (login required)

View Item View Item