Firdaus, Rafli Rachmat (2025) Analisis Tingkat Kecelakaan Pada Jalan Nasional Kota Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5012211143-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (24MB) | Request a copy |
Abstract
Kota Surabaya sebagai kota metropolitan dengan aktivitas lalu lintas yang padat serta mengalami peningkatan resiko kecelakaan, khususnya di ruas jalan nasional Kota Surabaya yang menjadi jalur utama pergerakan kendaraan. Kejadian kecelakaan yang terus berulang dari tahun ke tahun menandakan perlunya identifikasi terhadap lokasi titik rawan kecelakaan dan daerah rawan kecelakaan. Oleh karena itu, Tugas Akhir ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kecelakaan pada masing-masing ruas jalan nasional Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari metode Accident Rate, Cummulative Summary (Cusum), statistik kendali mutu, dan Z-Score. Pada metode Accident Rate dan Cummulative Summary ini bertujuan untuk mengetahui lokasi titik rawan kecelakaan, dimana pada metode ini ditinjau per 100 meter atau per segmen stasion (STA), sedangkan untuk statistik kendali mutu dan Z-Score bertujuan untuk mengetahui daerah rawan kecelakan. Pada metode yang digunakan acuannya berbeda-beda. Berdasarkan Accident Rate dan statistik kendali mutu menganalisis berdasarkan jumlah korban kecelakaan lalu lintas (meninggal dunia, luka berat, luka ringan) sedangkan untuk cumulative summary dan Z-Score menganalisis berdasarkan kejadian kecelakaan. Selain itu, suvei kecepatan kendaraan dilakukan untuk mengetahui tingkat overspeed. Hasil Tugas Akhir ini menunjukan bahwa beberapa ruas jalan seperti Jalan Kenjeran, Jalan Kedung Cowek, Jalan Gresik, dan Jalan Tanjung Perak dikategorikan sebagai daerah rawan kecelakaan berdasarkan metode yang digunakan. Selain itu, kecepatan kendaraan pada sebagian ruas yang ditinjau melebihi batas kecepatan yang ditetapkan, terutama untuk kendaraan sepeda motor dan mobil penumpang. Namun, kecepatan yang melebihi batas tersebut tidak secara langsung menjadi faktor penyebab utama kecelakaan, karena bisa dipengaruhi oleh faktor lain seperti kondisi jalan, perilaku pengemudi, dan kepadatan lalu lintas.
======================================================================================================================================
Surabaya, as a metropolitan city with dense traffic activity, has experienced an increasing risk of traffic accidents, particularly on national roads that serve as the main routes for vehicle movement. The recurrence of traffic accidents from year to year indicates the need to identify both accident-prone locations and accident-prone areas. Therefore, this final project aims to determine the level of accidents on each national road segment in Surabaya City. The methods used in this study include Accident Rate, Cumulative Summary (Cusum), Statistical Quality Control, and Z-Score. The Accident Rate and Cumulative Summary methods aim to identify accident-prone locations, where the analysis is conducted per 100 meters or per station segment (STA). Meanwhile, the Statistical Quality Control and Z-Score methods are used to identify accident-prone areas. Each method uses different parameters: Accident Rate and Statistical Quality Control are based on the number of accident victims (fatalities, serious injuries, and minor injuries), while Cumulative Summary and Z-Score are based on the number of accident occurrences. In addition, a speed survey was conducted to determine the level of vehicle overspeed. The results of this final project show that several road segments, such as Jalan Kenjeran, Jalan Kedung Cowek, Jalan Gresik, and Jalan Tanjung Perak, are categorized as accident-prone areas based on the applied methods. Furthermore, the vehicle speeds on most observed road segments exceeded the posted speed limits, especially for motorcycles and passenger cars. However, excessive speed is not necessarily the main cause of accidents, as other factors such as road conditions, driver behavior, and traffic density may also contribute.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Accident-Prone Location, National Road, Accident Rate, Accident Victims, Vehicle Speed; Titik Rawan Kecelakaan, Jalan Nasional, Accident Rate, Korban Kecelakaan, Kecepatan Kendaraan |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5614.2 Traffic safety H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5614.3.N5 Traffic accidents |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Rafli Rachmat Firdaus |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:46 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:47 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/121955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |