Prasetyo, Rachmad Dwi (2025) Model Pengaruh Volume Lalu Lintas Terhadap Konsentrasi CO Pada Kualitas Udara Ambien Dengan Metode Dispersi Garis (Gaussian Line Source) (Studi Kasus Jalan Kenjeran, Oso Wilangun, dan Taman Sidoarjo). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
6012231017-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sektor transportasi memegang peran yang sangat besar dalam mencemari udara dibandingkan dengan sektor lainnya. Bahan pencemar utama pada gas buang kendaraan adalah CO, berbagai senyawa hidrokarbon, SO, dan NO serta partikulat dan debu. Adanya pencemaran udara erat kaitannya dengan kualitas udara ambien. Udara ambien adalah udara bebas di permukaan bumi yang dibutuhkan dan berpengaruh pada kesehatan makhluk hidup termasuk manusia dan unsur lingkungan hidup lainnya. Semakin tinggi volume lalu lintas, maka semakin tinggi pula pencemaran udaranya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model volume lalu lintas terhadap kualitas udara ambien dengan program bantu SPSS dan mengetahui konsentrasi gas CO pada Jalan Kenjeran, Jalan Oso Wilangun, dan Jalan Taman Sidoarjo dengan metode spektrofotometri dan dispersi model garis.
Dari penelitian didapatkan 10 variabel yang mempengaruhi kualitas udara ambient dengan hasil pemodelan Y = 0,039 X1 - 0,152 X2 + 0,300 X3 - 0,288 X4 - 0,096 X5 - 28,692 X6 – 11,002 X7 + 7,933 X8 + 15,465 X9 - 2,974 X10 - 629,436. Untuk hasil perhitungan konsentrasi CO didapatkan konsentrasi tertinggi pada jarak 1meter dari titik emisi namun dengan waktu yang berbeda-beda. Jalan Kenjeran dengan konsentrasi tertinggi tercatat sebesar 3,049 gr/m³ pada pukul 17.00–18.00 WIB, Jalan Oso Wilangun konsentrasi tertinggi sebesar 1,126 gr/m³ terjadi pada pukul 08.00-09.00 WIB, sedangkan di Jalan Taman Sidoarjo konsentrasi tertinggi sebesar 1,750 gr/m³ tercatat pada pukul 13.00–14.00 WIB dan pengguna trotoar merupakan kelompok paling terdampak karena dekat dengan sumber emisi. Oleh sebab itu, disarankan penanaman vegetasi buffer antara jalan dan trotoar sebagai barier alami untuk mengurangi paparan polutan.
=========================================================================================================================================
The transportation sector plays a very large role in polluting the air compared to other sectors. The main pollutants in vehicle exhaust gases are CO, various hydrocarbon compounds, SO, and NO as well as particulates and dust. The existence of air pollution is closely related to ambient air quality. Ambient air is free air on the earth's surface that is needed and affects the health of living things including humans and other environmental elements. The higher the traffic volume, the higher the air pollution.
This study aims to develop a model of traffic volume on ambient air quality with the SPSS auxiliary program and determine the concentration of CO gas on Kenjeran Street, Oso Wilangun Street, and Taman Sidoarjo Street using spectrophotometric methods and line dispersion models.
The study found 10 variables that affect ambient air quality with modeling results Y = 0,039 X1 - 0,152 X2 + 0,300 X3 - 0,288 X4 - 0,096 X5 - 28,692 X6 - 11,002 X7 + 7,933 X8 + 15,465 X9 - 2,974 X10 - 629,436 . For the calculation of CO concentration, the highest concentration was obtained at a distance of 1 meter from the emission point but with different times. Kenjeran Street with the highest concentration was recorded at 3,049 gr/m³ at 17.00-18.00 WIB, Oso Wilangun Street with the highest concentration of 1,126 gr/m³ occurred at 08.00-09.00 WIB, while on Taman Sidoarjo Street the highest concentration of 1,75 gr/m³ was recorded at 13.00-14.00 WIB and Pedestrians are the most affected group due to their proximity to the emission source. Therefore, it is recommended to plant buffer vegetation between the road and sidewalk as a natural barrier to reduce pollutant exposure.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | volume lalu lintas, ambien, kualitas udara, konsentrasi CO, traffic volume, ambient, air quality, CO concentration. |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD420 Water pollution T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL725.3 Traffic Control |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Rachmad Dwi Prasetyo |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:22 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/122055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |