Izatri, Dini Idzni (2025) Pengembangan CSF Untuk Mendukung Keberhasilan Implementasi SIT Di Perguruan Tinggi Dengan Pendekatan Kualitatif Eksploratif. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
6026221010-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Sistem Informasi Terintegrasi (SIT) merupakan inovasi teknologi yang menggabungkan berbagai fungsi dan proses bisnis dalam satu platform terpadu. Di Perguruan Tinggi, SIT memainkan peran krusial dalam mendukung aktivitas administratif dan akademik, mirip dengan Enterprise Resource Planning (ERP) yang umum digunakan di sektor bisnis. Meskipun banyak penelitian telah mengidentifikasi Critical Success Factors (CSF) untuk implementasi ERP, perhatian terhadap faktor budaya dan lingkungan dalam konteks SIT di Perguruan Tinggi masih terbatas. Permasalahan: Banyak institusi, khususnya di Indonesia, menghadapi tantangan dalam implementasi SIT karena model evaluasi yang ada tidak sepenuhnya menangkap pengaruh budaya organisasi yang unik dan dinamika lingkungan eksternal yang spesifik. Model keberhasilan yang ada seringkali mengabaikan faktor non-teknis seperti budaya dan lingkungan, sehingga diperlukan pengembangan kerangka kerja CSF yang lebih komprehensif dan kontekstual untuk perguruan tinggi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model CSF yang lebih komprehensif untuk mendukung evaluasi keberhasilan implementasi SIT di Perguruan Tinggi dengan menambahkan faktor budaya dan lingkungan, serta memahami pengaruh kedua faktor tersebut yang sering diabaikan dalam penelitian sebelumnya. Data dan Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif melalui studi kasus di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap pemangku kepentingan yang dipilih secara purposif dan dianalisis menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema utama terkait faktor-faktor keberhasilan. Hasil: Penelitian ini berhasil mengidentifikasi lima indikator keberhasilan non-teknis, yaitu (1) Budaya Kerja Adaptif, (2) Kolaborasi Tim, (3) Keterbukaan terhadap Teknologi, (4) Kepatuhan pada Regulasi & Akreditasi, dan (5) Daya Saing & Benchmarking. Analisis lebih lanjut mengungkap sebuah interaksi dinamis di mana keberhasilan implementasi SIT merupakan sinergi antara dorongan strategis top-down dari pimpinan dan kesiapan budaya bottom-up dari seluruh sivitas akademika. Temuan ini menjadi dasar pengembangan model CSF enam dimensi yang mencakup faktor teknis dan non-teknis didalamnya. Nilai Tambah: Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dengan mengembangkan model CSF yang ada dan menambahkan dimensi budaya dan lingkungan, memperkaya literatur mengenai implementasi SIT di Perguruan Tinggi. Secara praktis, disusun sebuah toolkit berbentuk checklist kesiapan non-teknis berbasis budaya dan lingkungan yang dapat digunakan oleh institusi lain untuk menilai kesiapan mereka sebelum mengimplementasikan SIT. Penelitian ini menjadi fondasi penting bagi pengembangan studi CSF yang lebih kontekstual dan aplikatif di sektor pendidikan tinggi.
===================================================================================================================================
Background: Integrated Information Systems (IIS) are technological innovations that combine various functions and business processes into a unified platform. In higher education institutions, IIS plays a crucial role in supporting administrative and academic activities, similar to Enterprise Resource Planning (ERP) systems commonly used in the business sector. Although many studies have identified Critical Success Factors (CSFs) for ERP implementation, attention to cultural and environmental factors in the context of IIS in higher education remains limited. Problem: Many institutions, especially in Indonesia, face challenges in implementing IIS because existing evaluation models do not fully capture the influence of unique organizational cultures and specific external environmental dynamics. Existing success models often ignore non-technical factors such as culture and environment, so it is necessary to develop a more comprehensive and contextual CSF framework for higher education institutions. Objective: This study aims to develop a more comprehensive CSF model to support the evaluation of IIS implementation success in higher education institutions by incorporating cultural and environmental factors, as well as understanding the influence of these two factors, which have often been overlooked in previous research. Method: This research uses an exploratory qualitative approach through a case study at the Sepuluh Nopember Institute of Technology (ITS). Data were collected through in-depth interviews with purposively selected stakeholders and analyzed using thematic analysis techniques to identify key patterns and themes related to success factors. Results: This research successfully identified five non-technical success indicators: (1) Adaptive Work Culture, (2) Team Collaboration, (3) Openness to Technology, (4) Regulatory Compliance & Accreditation, and (5) Competitiveness & Benchmarking. Further analysis revealed a dynamic interaction where successful IIS implementation is a synergy between top-down strategic drive from leadership and bottom-up cultural readiness from the entire academic community. These findings form the basis for the development of a six-dimensional CSF model encompassing both technical and non-technical factors. Added Value: This research provides a theoretical contribution by expanding the existing CSF model and adding cultural and environmental dimensions, enriching the literature on IIS implementation in higher education. In practice, a toolkit was developed in the form of a culturally and environmentally based non-technical readiness checklist that other institutions can use to assess their readiness before implementing IIS. This research provides an important foundation for developing more contextual and applicable CSF studies in the higher education sector.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Critical Success Factors, Sistem Informasi Terintegrasi, Perguruan Tinggi, Critical Success Factors, Integrated Information Systems, High Education Institution |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 59101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Dini Idzni Izatri |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 09:49 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 09:49 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/122287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |