Ariadi, Evanriza Safiq (2025) Analisis Perilaku Mahasiswa Pada Kegiatan Pembelajaran Berbasis Learning Management Systems Menggunakan SWORD Framework. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5026211139-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Perkembangan teknologi memberikan dampak kepada sektor pendidikan secara signifikan, terutama bagaimana kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Sebagian besar kegiatan pembelajaran pada perguruan tinggi berpusat pada platform learning management (LMS). Dengan LMS, maka penyebaran materi pembelajaran bersifat lebih efisien sejak materi tersebut terpusat dalam platform sistem manajemen pembelajaran.
Permasalahan: Mata kuliah Manajemen Proses Bisnis pada saat ini telah mengimplementasikan penilaian formatif dan sumatif sebagai bagian dari proses pembelajaran. Walaupun terdapat penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa penilaian formatif memiliki dampak positif terhadap nilai sumatif pelajar, namun hingga saat ini belum dibuktikan bahwa penilaian formatif yang khususnya terdapat pada mata kuliah Manajemen Proses Bisnis menunjukkan dampak positif untuk nilai sumatif mahasiswa.
Tujuan: Tujuan dari pengerjaan tugas akhir ini adalah menemukan keterkaitan antara pola proses pembelajaran mahasiswa dalam mengikuti penilaian formatif dengan nilai sumatif mahasiswa. Dengan menentukan keterkaitan di antara kedua aspek tersebut, maka dapat ditentukan apabila pola proses pembelajaran mahasiswa memiliki pengaruh terhadap nilai sumatif. Daftar rekomendasi terhadap proses yang ditemukan juga disusun agar pengajar dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran.
Metode: Penelitian ini memanfaatkan kerangka kerja SWORD untuk menemukan proses yang terdapat pada suatu event log. Data log akan diekstraksi dari LMS Moodle mata kuliah Manajemen Proses Bisnis Departemen Sistem Informasi ITS. Hasil penemuan proses kemudian akan dikaitkan oleh nilai mahasiswa. Setelah keterkaitan tersebut dikumpulkan, maka suatu daftar rekomendasi terhadap proses pembelajaran yang telah ada diberikan kepada pengajar.
vi
Hasil: Kerangka kerja SWORD memberikan pola proses pembelajaran mahasiswa selama menjalankan pembelajaran mata kuliah Manajemen Proses Bisnis. Berdasarkan hasil pemetaan process map dan kerangka kerja SWORD, didapatkan bahwa terdapat perbedaan frekuensi antara para mahasiswa dalam melaksanakan penilaian formatif. Pola proses pembelajaran mahasiswa kemudian dikaitkan dengan nilai sumatif masing-masing mahasiswa berdasarkan frekuensi pelaksanaan penilaian formatif. Hasil analisis keterkaitan pola dengan nilai menunjukkan bahwa mahasiswa yang tidak melakukan penilaian formatif cenderung memiliki nilai sumatif di bawah rata-rata. Sedangkan mahasiswa yang melakukan penilaian formatif belum tentu mendapatkan nilai sumatif yang lebih baik baik dari nilai formatif. Dengan memanfaatkan temuan yang telah dihasilkan sebelumnya, didapatkan juga beberapa kasus terkait pola proses pembelajaran dan keterkaitannya dengan nilai sumatif mahasiswa. Beberapa kasus yang ditemukan adalah frekuensi penilaian formatif yang berbeda antara mahasiswa, nilai sumatif mahasiswa yang berada di bawah rata-rata, nilai sumatif mahasiswa belum tentu meningkat dari penilaian formatif, ataupun nilai formatif mahasiswa yang tidak memuaskan. Oleh karena itu, diusulkan beberapa rekomendasi seperti penambahan insentif untuk melaksanakan penilaian formatif yang konsisten, menyediakan sesi pengulasan materi kembali, dan menyediakan materi bilingual agar mudah dimengerti oleh mahasiswa.
Manfaat: Pengerjaan tugas akhir ini memberikan kontribusi dalam penerapan kerangka kerja SWORD untuk menemukan pola proses pemanfaatan LMS secara semi-otomatis. Mahasiswa juga dapat merasakan manfaat dari pengimplementasian kerangka kerja SWORD dengan melakukan proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, sesuai dengan rekomendasi yang diberikan kepada pengajar dalam pengerjaan tugas akhir ini.
=======================================================================================================================================
Background: The advancement of technology has significantly impacted the education sector, particularly in how learning activities are conducted. In higher education, most learning activities revolve around the Learning Management Systems (LMS). LMS platforms streamline the dissemination of learning materials, as all resources are centralized within the system.
Problem: The Business Process Management course has implemented both formative and summative assessments as part of its learning process. Although previous studies have stated that formative assessments can have a positive effect on students' summative scores, it has not yet been proven whether the formative assessments implemented in the Business Process Management course specifically show a positive impact on students’ summative performance. Purpose: The objective of this final project is to identify the correlation between students’ learning process patterns in conducting formative assessments and their summative scores. By determining the relationship between these two aspects, it can be evaluated whether learning process patterns influence summative performance. In addition, a set of recommendations is developed based on the identified patterns so that instructors can utilize them to improve the
effectiveness of the learning process.
Methods: This study utilizes the SWORD framework to identify learning processes from event log data. The log data are extracted from the Moodle LMS of the Business Process Management course offered by the Department of Information Systems, ITS. The resulting process patterns are then linked to student grades. Once this relationship is established, a list of recommendations regarding the observed learning processes is provided to the instructor.
Results: The SWORD framework reveals various student learning patterns during the execution of the Business Process Management course. Based on process mapping and SWORD analysis, it was found that students varied in how frequently they participated in formative assessments. These learning patterns were then correlated with each student’s summative score
viii
based on the frequency of formative assessment participation. The analysis showed that students who did not complete formative assessments tended to score below the class average in summative assessments. However, students who did complete the formative assessments did not always achieve better summative scores than their formative results. Several cases were identified, including varying frequencies of formative assessment participation, students scoring below average in summative assessments, lack of improvement from formative to summative scores, and unsatisfactory formative results. Based on these findings, several recommendations are proposed, such as providing incentives for consistent participation in formative assessments, offering review sessions, and providing bilingual materials to improve students’ comprehension.
Benefits: This final project contributes to the application of the SWORD framework to semi-automatically identify learning process patterns from LMS usage data. Students may also benefit from the implementation of the SWORD framework through a more effective and efficient learning process, guided by the recommendations provided to instructors in this study.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Formatif, Learning Management Systems, Kerangka Kerja SWORD, Formative Assessment, Learning Management Systems, SWORD Framework |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Evanriza Safiq Ariadi |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:25 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 07:25 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/122312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |