Strategi Penanggulangan Masalah Kelongsoran Lereng Timbunan Tanah Studi Kasus Jalan Akses Gunung Batin Ruas Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung

Firmansyah, Muchammad (2025) Strategi Penanggulangan Masalah Kelongsoran Lereng Timbunan Tanah Studi Kasus Jalan Akses Gunung Batin Ruas Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012231085-Master_Thesis.pdf] Text
6012231085-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Pulau Sumatera merupakan pulau dengan kontribusi perekonomian terbesar kedua bagi Indonesia setelah pulau Jawa. Hal tersebut menjadi alasan Pemerintah pusat untuk mendorong pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), salah satu jalur utama (backbone) JTTS adalah Ruas Jalan Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung (TBPPKA). Pada ruas jalan tol tersebut terdapat beberapa permasalahan geoteknik, salah satunya longsor yang terjadi pada timbunan jalan akses Gunung Batin sepanjang 150 meter pada KM 1+230 s/d 1+383 dengan tinggi timbunan tanah tertinggi mencapai 9,5 meter dari permukaan tanah asli. Telah dilakukan pengambilan data tanah dilapangan yaitu 3 titik Bor dan 3 titik CPTu, serta telah dilakukan uji properties tanah di laboratorium sebagai data primer. Hasil data tanah menunjukkan bahwa timbunan didominasi dengan tanah berpasir yang secara umum dilihat dari uji NSPT memiliki klasifikasi medium dense (NSPT > 10) mulai dari kedalaman 2 m dan tanah keras klasifikasi hard (NSPT > 30) pada kedalaman diatas 10 m. Dari hasil analisa awal didapatkan nilai safety factor > 1,5 yang artinya tanah timbunan stabil saat timbunan tidak jenuh air. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penyebab terjadinya longsor pada jalan akses Gunung Batin serta memberikan alternatif penanganan perbaikan yang efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan simulasi numerik elemen hingga menggunakan bantuan program GEO5 dan PLAXIS 2D dengan pendekatan filosofi cracked soil untuk mengetahui stabilitas lereng dan penyebab terjadinya longsor. Hasil analisa didapat bahwa lokasi longsor merupakan area limpasan air permukaan dan secara topografi tanah berada pada elevasi rendah dari area sekitar serta adanya fenomena cracked soil. Hal ini menyebabkan adanya perlemahan pada timbunan saat terjadi hujan, terbukti saat timbunan tanah dalam kondisi jenuh air dan parameter tanah dimodelkan dengan pendekatan filosofi cracked soil nilai kohesi (c) = 0 didapat nilai safety factor 0,79 < 1 yang mana timbunan mengalami kelongsoran. Perencanaan perbaikan diusulkan yang utama adalah pembuatan saluran drainase serta beberapa alternatif penanganan lain diantaranya kombinasi antara Dinding Penahan Tanah (DPT), Mini pile, Steel Sheet Pile (SSP) dan juga Bronjong. Dari pertimbangan aspek biaya beberapa alternatif penanganan, maka dipilih penanganan menggunakan DPT Beton Bertulang dengan pondasi Mini pile dengan biaya Rp. 2,669 miliyar.
==================================================================================================================================
Sumatra Island is the second largest contributor to Indonesia's economy after Java Island. This is one of the reasons the central government continues to push for the development of the Trans-Sumatra Toll Road (JTTS). One of the main backbone routes of JTTS is the Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (TBPPKA) Toll Road Section. On this toll road section, several geotechnical problems exist, one of which is a landslide that occurred on the Gunung Batin access road embankment along 150 meters at KM 1+230 to 1+383, with the highest embankment reaching 9.5 meters from the original ground surface. Soil data collection has been carried out in the field, including 3 bore points and 3 CPTu points, and soil properties tests have been conducted in the laboratory as primary data. The soil data results show that the embankment is dominated by sandy soil, which generally, based on the NSPT test, has a medium dense classification (NSPT > 10) starting from a depth of 2 m and hard classification (NSPT > 30) hard soil at depths above 10 m. From the initial analysis, a safety factor value of > 1.5 was obtained, which means the embankment soil is stable when the embankment is not saturated with water. The objective of this research is to determine the cause of the landslide on the Gunung Batin access road and to provide effective and efficient alternative repair solutions. The method used in this research is numerical finite element simulation with the aid of GEO5 and PLAXIS 2D programs, using a cracked soil philosophy approach to determine slope stability and the cause of the landslide. The analysis results show that the landslide location is a surface water runoff area, and topographically, the soil is at the lowest elevation of the surrounding area, as well as the phenomenon of cracked soil. This causes weakening of the embankment during rain, proven when the soil embankment is in a water-saturated condition and soil parameters are modeled with a cracked soil philosophy approach, a cohesion value (c) = 0 results in a safety factor of 0.79 < 1, indicating that the embankment experienced a landslide. The primary proposed repair plan is the construction of a drainage channel, along with several other alternative solutions, including a combination of Retaining Walls (DPT), Minipile, Steel Sheet Pile (SSP), and also Gabions. Considering the cost aspects of several alternative solutions, the handling using Reinforced Concrete Retaining Walls with Minipile foundations was chosen with a cost of Rp. 2.669 billion

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Cracked Soil, stabilitas timbunan, Safety Factor, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Cracked Soil, Embankment stability, Safety Factor, Plaxis 2D, Trans Sumatera Toll Road (JTTS).
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems.
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences > GE195.5 Green movement
Q Science > QE Geology > QE601 Geology, Structural
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Geomatics Engineering > 29101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Muchammad Angga Firmansyah
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:39
Last Modified: 31 Jul 2025 02:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/123428

Actions (login required)

View Item View Item