Setiawan, Yohanes (2025) Analisis Pengaruh Variasi Holding Time Artificial Aging Pada Aluminium Paduan 6061 Sebagai Bahan Alternatif Poros Mobil Urban Listrik Nogogeni X EVO. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
2038211034-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pada era saat ini, mahasiswa didorong untuk menciptakan inovasi yang dapat menjawab tantangan masa depan, salah satunya melalui pengembangan mobil hemat energi bertenaga listrik. Meskipun inovasi ini telah berkembang, masih banyak aspek teknis yang perlu diperbaiki untuk mencapai efisiensi dan praktikalitas yang lebih baik. Salah satu tantangan utama dalam pembuatan mobil hemat energi adalah menyelaraskan antara daya yang dihasilkan oleh tenaga listrik dengan massa kendaraan yang besar. Tenaga listrik sering kali kurang mampu menyamai tenaga kendaraan berbahan bakar minyak, terutama terkait dengan berat komponen kendaraan. Untuk mengatasi masalah ini, Nogogeni ITS Team melakukan penelitian dengan fokus pada pengurangan berat kendaraan tanpa mengurangi kekuatan dan fungsionalitas material. Salah satu langkah yang diambil adalah mengganti material baja pada bagian poros dengan Aluminium Paduan (AA) 6061. Aluminium paduan ini dipilih karena sifatnya yang ringan dan memiliki ketahanan terhadap korosi, kekuatan yang baik, serta kemampuan untuk diproses lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan modifikasi sifat material aluminium Paduan (AA) 6061 melalui perlakuan age hardening dan menganalisis pengaruh variasi waktu penahanan pada temperatur 200°C terhadap kekuatan tarik, kekuatan iMpak, kekuatan tekuk, dan kekerasan material. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada desain komponen kendaraan yang lebih ringan namun tetap kuat.
========================================================================================================================================
In the current era, students are encouraged to create innovations that can answer future challenges, one of which is through the development of electric-powered energy-efficient cars. Although this innovation has developed, there are still many technical aspects that need to be improved to achieve better efficiency and practicality. One of the main challenges in making energy-efficient cars is harmonizing the power generated by electric power with the large mass of the vehicle. Electric power is often unable to match the power of oil-fueled vehicles, especially in relation to the weight of vehicle components. To overcome this problem, the Nogogeni ITS Team conducted research with a focus on reducing vehicle weight without reducing material strength and functionality. One of the steps taken was to replace the steel material on the axle with Aluminum Paduan (AA) 6061. This aluminum paduan was chosen because it is lightweight and has corrosion resistance, good strength, and the ability to be further processed. This research aims to modify the material properties of Aluminum Paduan (AA) 6061 through age hardening treatment and analyze the effect of variations in holding time at 200°C on tensile strength, iMpact strength, Bending strength, and material hardness. The results of this research are expected to contribute to the design of vehicle components that are lighter but still strong.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aluminium Paduan 6061,Mobil hemat energi, Penuaan Pengerasan,Aluminium Paduan 6061,Energy-efficient Vehicle, Age hardening, |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures T Technology > TS Manufactures > TS205 Metals--Heat treatment. |
Divisions: | Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4) |
Depositing User: | Yohanes Setiawan |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:44 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:44 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/123735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |