Irfan, Mohammad (2025) Perancangan Chassis Pick-Up Hybrid Eco Car Menggunakan Finite Element Analysis Guna Mengetahui Kekuatan Dan Kekakuan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
2038211019-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Chassis adalah salah satu struktur paling penting pada kendaraan. Dalam pengembangan mobil hybrid, desain chassis menjadi elemen kunci yang sangat penting karena harus mampu mengakomodasi komponen-komponen yang lebih kompleks, seperti baterai dan motor listrik. Semua komponen kendaraan harus dipasang agar terdapat keseimbangan yang merata, karena tidak boleh ada perubahan dalam keseimbangan berat kendaraan. Penelitian ini diawali dengan observasi lapangan dan pengumpulan data berupa geometri chassis dan distribusi pembebananan yang nantinya akan dilakukan pemodelan chassis. Penelitian ini menggunakan metode finite element analysis untuk menentukan parameter-parameter penting seperti von mises stress, deformasi, dan area kritis pada chassis. Penelitian ini dilakukan dengan mempertimbangkan area kritis pada chassis sebelumnya saat menerima pembebanan, tegangan maksimal dan deformasi yang terjadi untuk membantu dalam pemodelan dan analisis chassis terbaru. Metode analisis yang pertama adalah simulasi kekuatan untuk mendapatkan nilai tegangan von mises. Simulasi kekakuan, dimana simulasi ini bertujuan untuk melihat apakah kekakuan dari kendaraan ini sudah cukup untuk menjaga rigiditas kendaraan dengan menganalisa besar deformasi yang terjadi. Nilai tegangan von misses chassis baru lebih baik dari chassis lama seperti pada kondisi statis sama dengan area kritis 58.27 MPa, kondisi akselerasi 53.124 MPa dan 45.589 MPa di area kritis, kondisi deselerasi 52.661 MPa dan 45.506 MPa di area kritis, dan kondisi berbelok 123.6 MPa dan 101.18 MPa di area kritis. Safety factor kondisi statis 10.039, kondisi akselerasi 11.012, kondisi deselerasi 11.109 dan kondisi berbelok 4.733. Nilai directional deformation chassis baru pada kondisi statis, akselerasi, deselerasi, dan berbelok tidak menghasilkan perbedaan yang signifikan. Nilai torsional stiffness pada torsional load depan, nilai torsional stiffness chassis baru tercatat sebesar 3.61 kNm/deg. Sementara itu, pada torsional load belakang, chassis baru memiliki nilai torsional stiffness sebesar 3.492 kNm/deg. Nilai bending stiffness chassis baru memiliki peningkatan kemampuan lentur secara lateral 9.55 kN/mm dan vertikal 473.85 kN/mm.
============================================================================================================================================
The chassis is one of the most important structural components of a vehicle. In the development of hybrid vehicles, the chassis design plays a crucial role as it must accommodate more complex components such as batteries and electric motors. All vehicle components must be installed to ensure balanced weight distribution, as any imbalance is unacceptable. This research begins with field observations and data collection, including chassis geometry and load distribution, which are later used for chassis modeling. The study utilizes the finite element analysis (FEA) method to determine key parameters such as von Mises stress, deformation, and critical areas on the chassis. The analysis takes into account the critical areas of the previous chassis under loading conditions, including maximum stress and deformation, to support the modeling and analysis of the new chassis. The first analysis method is strength simulation to obtain von Mises stress values, followed by stiffness simulation to assess whether the vehicle’s stiffness is sufficient to maintain rigidity by analyzing the amount of deformation. The new chassis shows improved von Mises stress values compared to the old one under the same conditions: 58.27 MPa in critical areas under static conditions, 53.124 MPa and 45.589 MPa under acceleration, 52.661 MPa and 45.506 MPa under deceleration, and 123.6 MPa and 101.18 MPa while cornering. The safety factor values are 10.039 for static conditions, 11.012 for acceleration, 11.109 for deceleration, and 4.733 for cornering. The directional deformation of the new chassis under static, acceleration, deceleration, and cornering conditions does not show significant differences. Under front torsional loading, the new chassis achieves a torsional stiffness value of 3.61, while under rear torsional loading, it records a value of 3.492. The bending stiffness value of the new chassis shows an improved flexural capability of 9.55 kN/mm in the lateral direction and 473.85 kN/mm in the vertical direction.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chassis, Deformasi, FEA, Kekuatan, Kekakuan, Safety Factor, Von Misses,Chassis, Deformation, FEA, Safety Factor, Stiffness, Strength, Von Misses |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL221.5 Hybrid Vehicles. Hybrid cars |
Divisions: | Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4) |
Depositing User: | Mohammad Irfan |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:50 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 08:50 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/123753 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |