Sukmana, Oka Candra (2025) Analisa Penyebab Cost Overrun Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Trans Jawa. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
6012201112-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pengusahaan Jalan Tol di indonesia dilakukan melalui kerjasama antara pemerintah dan badan usaha (KPBU) telah menjadi alternatif pembiayaan yang strategis. Pemerintah dan badan usaha melakukan perencanaan bussines plan melaluli Badan Uusaha Jalan Tol (BUJT). Biaya konstruksi merupakan salah satu pertimbangan fundamental dalam menyusun bussines plan pembangunan jalan tol oleh suatu badan usaha. Dalam proses pelaksanaannya sering terjadi kenaikan anggaran biaya dari yang direncanakan (cost overrun). Ketidakpastian biaya konstruksi berakibat pada perolehan laba yang direncakan oleh badan usaha jalan tol. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor dominan penyebab terjadinya cost overrun pada proyek pembangunan jalan tol yang berfokus pada wilayah Trans Jawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang terdiri dari pemilik proyek dan kontraktor dengan klasifikasi pernah menangani proyek jalan tol trans jawa pada 10 tahun terakhir. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap cost overrun didapatkan dari penelitian terdahulu. Survei menggunakan purposive sampling kepada responden untuk menentukan faktor dominan pada proyek jalan tol trans jawa dengan pembobotan tingkat kepentingan menggunakan analisis faktor. Wawancara semi terstruktur kepada responden ahli dilakukan untuk memvalidasi hasil analisis faktor dan menentukan strategi penanganan.Berdasarkan hasil penelitian, terdapat empat kelompok faktor yang memengaruhi terjadinya cost overrun pada proyek jalan tol khususnya trans jawa, yaitu: (1) Perencanaan Desain, (2) Masa Pelaksanaan, (3) Faktor Cuaca dan Lingkungan, dan (4) Faktor Pengaruh Stakeholder. Faktor dominan dari hasil penelitian ini yaitu Faktor Perencanaan Desain, dimana faktor ini mampu menjelaskan sebesar 30.619% dari keseluruhan variabel yang menyebabkan terjadinya cost overrun. Indikator dalam faktor dominan tersebut yaitu, perubahan harga pasar, desain yang berubah, pengaruh ketidakakuratan desain, dan pengaruh tingkat kedetailan estimasi biaya konstruksi. Strategi penanganan cost overrun terhadap faktor perencanaan desain adalah melibatkan kontraktor utama sejak tahap desain agar desain dapat disesuaikan dengan metode konstruksi yang efisien dan mengurangi potensi perubahan di lapangan, melakukan identifikasi potensi kelebihan spesifikasi, melalui proses value engineering, menggunakan skema Design & Build Contract untuk mengalihkan sebagian risiko desain.
====================================================================================================================================
Toll road development in Indonesia through Public-Private Partnership (PPP) schemes has become a strategic alternative financing model. The government and private sector collaboratively plan the business model through Toll Road Business Entities (BUJT). Construction cost is one of the fundamental considerations in preparing a business plan for toll road development by a private entity. In practice, cost overruns—where actual expenditures exceed the initial budget—often occur. This cost uncertainty directly affects the expected profit margin of the toll road business entity. This study aims to identify the dominant factors causing cost overruns in toll road construction projects, specifically focusing on the Trans-Java region. A quantitative approach was used, with primary data collected through questionnaires distributed to project owners and contractors who have been involved in Trans-Java toll road projects in the last ten years. The influencing factors were derived from previous studies. A purposive sampling method was applied to select respondents, and factor analysis was employed to determine the dominant variables, using importance weighting. Semi-structured interviews with expert respondents were conducted to validate the factor analysis results and to formulate mitigation strategies. The results of the study revealed four major factor groups that contribute to cost overruns in Trans-Java toll road projects: (1) Design and Planning, (2) Construction Phase, (3) Weather and Environmental Conditions, and (4) Stakeholder Influence. The most dominant factor identified was Design and Planning, which accounted for 30.619% of the total variance of the variables causing cost overruns. Key indicators within this factor include fluctuating market prices, design changes, inaccurate design data, and insufficient detail in cost estimation. Recommended mitigation strategies for this dominant factor include involving the main contractor during the design phase to align the design with efficient construction methods, identifying potential over-specifications through value engineering processes, and utilizing a Design & Build contract scheme to transfer part of the design-related risks.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis Factor, Cost Overrun, Toll road, Analisis Faktor, Cost Overrun, Jalan Tol |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory > HB846.2 Cost benefit analysis T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems T Technology > TH Building construction > TH437 Building--Cost control. |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Oka Candra Sukmana |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:20 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:20 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/123761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |