Desain Dan Simulasi Regenerative Braking Menggunakan Hybrid Energy Storage System Berbasis Fuzzy Logic Controller Untuk Motor BLDC 5 kW Pada E-Trail Bangkits Cendrawasih

Nagara, Bintang Alethea (2025) Desain Dan Simulasi Regenerative Braking Menggunakan Hybrid Energy Storage System Berbasis Fuzzy Logic Controller Untuk Motor BLDC 5 kW Pada E-Trail Bangkits Cendrawasih. Other thesis, Institute.

[thumbnail of 5022201267-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5022201267-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kendaraan listrik telah menjadi alternatif yang menjanjikan dalam Upaya mengurangi emisi karbon, dan emisi gas rumah kaca, serta ketergantungan pada bahan bakar fosil. Sebagai kendaraan yang ramah lingkungan, masalah dari sepeda motor listrik terletak pada efesiensinya, umur pemakaiannya, serta kinerjanya dan oleh sebab itu pemilihan motor dan kontroler pada kendaraan listrik harus diperhatikan. Motor Brushless DC (BLDC) telah menjadi komponen kunci dalam transformasi industri kendaraan listrik. Dibandingkan dengan motor DC konvensional, BLDC memiliki sejumlah keunggulan yang termasuk efisiensi yang lebih tinggi, umur pemakaian yang lebih lama, kurangnya gesekan dan kebisingan, serta kemampuan kendali yang lebih baik. Kendaraan listrik memiliki potensi untuk mengoptimalkan manajemen daya listrik secara efisien dengan memanfaatkan proses pengembalian energi yang terjadi saat pengereman, di mana energi kinetik yang hilang diubah menjadi energi listrik menuju sistem penyimpanan energi (seperti baterai atau superkapasitor). Proses pemulihan energi tersebut dikenal dengan istilah regenerative braking. Penyimpanan energi listrik pada kendaraan listrik juga berkembang tidak hanya menggunakan baterai tetapi bisa menggunakan sitem penyimpanan HESS (Hybrid Energy Storage System). HESS adalah sistem menggabungkan 2 atau lebih penyimpanan energi yang biasanya merupakan baterai dan superkapasitor untuk meningkatkan kinerja, efesiensi dan fleksibilitas dalam mengelola energi. Regenerative braking pada sepeda motor listrik BANGKIT CENDRAWASIH sebagai pembebanannya dengan metode Fuzzy Logic Controller yang bekerja untuk mengontrol pulse width modulation (PWM) saat pengereman sehingga tegangan back EMF yang dihasilkan semakin meningkat. Pada simulasi kendaraan saat akselerasi maka digunakan superkapasitor untuk mensuplai motor. Ketika kecepatan menjadi konstan maka baterai akan digunakan untuk mensuplai motor. Saat regenerative braking maka daya yang dipulihkan akan disimpan pada superkapasitor, apabila superkapasitor terisi penuh, maka daya regenerative braking akan disimpan pada baterai.
=====================================================================================================================================
Electric vehicles have become a promising alternative in efforts to reduce carbon emissions, greenhouse gas emissions, and dependence on fossil fuels. As environmentally friendly vehicles, the challenges of electric motorcycles lie in their efficiency, lifespan, and performance. Therefore, the selection of motors and controllers for electric vehicles must be considered. Brushless DC (BLDC) motors have become a key component in the transformation of the electric vehicle industry. Compared to conventional DC motors, BLDC motors have several advantages, including higher efficiency, longer lifespan, less friction and noise, and better control capabilities. Electric vehicles have the potential to optimize power management efficiently by utilizing the energy recovery process that occurs during braking, where lost kinetic energy is converted into electrical energy directed towards the energy storage system (such as batteries or supercapacitors). This energy recovery process is known as regenerative braking. Electrical energy storage in electric vehicles is also evolving, not only using batteries but also Hybrid Energy Storage Systems (HESS). HESS is a system that combines 2 or more energy storage units, usually batteries and supercapacitors, to enhance performance, efficiency, and flexibility in managing energy. Regenerative braking on the electric motorcycle BANGKIT CENDRAWASIH serves as its load with a Fuzzy Logic Controller working to control pulse width modulation (PWM) during braking, increasing the generated back EMF voltage. In the vehicle simulation during acceleration, supercapacitors are used to supply power to the motor. When the speed becomes constant, the battery will be used to supply power to the motor. During regenerative braking, the recovered power will be stored in the supercapacitors, and if the supercapacitors are fully charged, the regenerative braking power will be stored in the battery.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: HESS, Regenerative Braking, Baterai, Superkapasitor, Fuzzy Logic COntroller, HESS, Regenerative Braking, Battery, Supercapacitor, Fuzzy Logic COntroller
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4055 Electric motor
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bintang Alethea Nagara
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:31
Last Modified: 31 Jul 2025 08:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/123763

Actions (login required)

View Item View Item