Ramadhani, Salsabila (2025) Re-Desain Kantor Pelayanan Publik BPJS Sidoarjo Berbasis Desain Inklusif dan Estetika Modern Humanistik untuk Mengoptimalisasi Pelayanan dan Kenyamanan Pengunjung. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5029211047-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Re-Desain Kantor Pelayanan Publik BPJS di Sidoarjo berfokus pada prinsip desain yang diperlukan untuk mengatasi tantangan yang ada seperti alur kerja yang tidak efisien, kurangnya fasilitas bagi penyandang disabilitas, dan ruang yang terlalu padat. Desain interior memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kualitas layanan dengan menciptakan ruang yang lebih nyaman dan efisien. Studi ini menyoroti pentingnya lingkungan yang ergonomis, mendukung kesejahteraan psikologis pengguna, dan produktivitas karyawan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini menggunakan metode design thinking yang terdapat beberapa tahapan seperti observasi lapangan, wawancara, dan tinjauan pustaka untuk mengembangkan proposal desain yang komprehensif. Konsep yang diterapkan dalam desain ini adalah inklusif dan estetika modern humanistik. Inklusivitas diwujudkan dengan aksesbilitas yang universal, sedangkan humanistik mementingkan penyesuaian manusia sebagai pusat perancangan dengan tujuan meningkatkan kualitas desain. Pendekatan modern minimalis digunakan untuk menciptakan lingkungan yang estetis, fungsional, dan efisien. Hasil utama dari konsep ini meliputi desain yang diciptakan senyaman mungkin, demi lingkungan kerja yang mendukung bagi pegawai dan lingkungan yang menyenangkan bagi pengunjung ketika sedang melakukan proses administrasi. Proyek ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih luas tentang bagaimana desain ruang layanan publik dapat selaras dengan kebutuhan penggunanya dengan memperhatikan aksesibilitas dan kepuasan pengguna.
=====================================================================================================================================
The re-design of the BPJS Public Service Office in Sidoarjo focuses on addressing key issues such as inefficient workflow, limited facilities for people with disabilities, and overcrowded spaces. Interior design plays an essential role in improving service quality by creating a space that feels more comfortable, functional, and efficient. This study emphasizes the importance of an ergonomic environment that supports users’ psychological well-being and helps improve staff productivity—ultimately enhancing the overall service experience. This project uses a design thinking approach, with stages including site observation, interviews, and literature reviews to develop a well-rounded design proposal. The concept combines inclusivity with a modern humanistic aesthetic. Inclusivity is reflected through universal accessibility, while the humanistic aspect puts people at the center of the design process, aiming to improve overall quality. A modern minimalist style is applied to create a clean, efficient, and visually pleasing environment. The main goal is to design a space that supports both employees and visitors—a comfortable workplace and a welcoming environment for those accessing public services. This project also aims to contribute to a deeper understanding of how public service spaces can better meet user needs by prioritizing accessibility and overall satisfaction.
Actions (login required)
![]() |
View Item |