Firdaus, Hengky Miftahul (2025) Redesain Interior Lobby Royal Hotel Batu Dengan Konsep Tradisional Culture Immersion Untuk Meningkatkan Pariwisata Di Kota Batu Melalui Pelaku Ekonomi Kreatif. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5029211043-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (24MB) | Request a copy |
Abstract
Royal Hotel and Villa Batu merupakan salah satu hotel bintang empat yang berdiri sejak tahun 1991 dengan kosep hotel yang berkelanjutan dan berfokus pada budaya Kabupaten Malang, berada di Jalan Indragiri, Kota Batu. Lokasi yang strategis dekat dengan berbagai wisata yang ada di Batu, menjadikan hotel ini sering digunakan sebagai tempat persinggahan. Selain itu, hotel ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memiliki pemandangan alam yang indah, yaitu pegunungan Kawi yang berada di depan hotel, dan gunug Arjuno di belakang hotel. Serta, hotel ini juga memiliki jaringan dengan komunitas pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Batu untuk bersama-sama mengenalkan kearifan lokal Kota Batu. Redesain interior Royal Hotel Batu dilakukan dengan menggunakan metode Interior Design Thinking yaitu dengan melakukan pengumpulan data, observasi, dan studi literature terhadap objek untuk menciptakan desain interior yang mampu mengenalkan kearifan lokal Kota Batu dengan melalui adanya area untuk pelaku ekonomi kreatif. Pemilihan area lobby untuk proyek tugas akhir kali ini, karena area Lobby merupakan area utama yang selalu dikunjungi oleh tamu atau wisatan, sehingga perlu adanya desain yang indah, menarik, dan iconic untuk mencipkatan kesan pertama yang dirasakan oleh pengunjung, namun sejak berganti nama menjadi Royal Hotel pada januari 2024, desain interior Royal Hotel belum melakukan perubahan dari desain awal sehingga belum mendukung rebranding hotel saat ini. Oleh karena itu, Tugas Akhir “Redesain Interior Lobby Royal Hotel Dengan Konsep Tradisional Culture Immersion Untuk Meningkatkan Pariwisata Di Kota Batu Melalui Pelaku Ekonomi Kreatif” diharapkan mampu meningkatkan strategi dalam pemasaran dan mendukung rebranding hotel yang saat ini berganti nama menjadi Royal Hotel & Villa Batu, serta mampu menjadi hotel wisata dan edukasi yang dapat membantu meningkatkan pariwisata dengan mengenalkan kearifan lokal Kota Batu kepada wisatawan.
=================================================================================================================================
Royal Hotel and Villa Batu is a four-star hotel established in 1991 with a sustainable hotel concept and a focus on the culture of Malang Regency, located on Jalan Indragiri, Batu City. Its strategic location close to various tourist attractions in Batu, makes this hotel often used as a stopover. In addition, this hotel also has quite complete facilities and has beautiful natural views, namely the Kawi mountains in front of the hotel, and Mount Arjuno behind the hotel. In addition, this hotel also has a network with the creative economy community in Batu City to jointly introduce the local wisdom of Batu City. The interior redesign of Royal Hotel Batu was carried out using the Interior Design Thinking method, namely by collecting data, observation, and literature studies on objects to create an interior design that can introduce the local wisdom of Batu City through the existence of an area for creative economic actors. The selection of the lobby area for this final project, because the Lobby area is the main area that is always visited by guests or tourists, so it needs a beautiful, attractive, and iconic design to create a first impression felt by visitors, but since changing its name to Royal Hotel in January 2024, the interior design of the Royal Hotel has not changed from the initial design so it does not support the current hotel rebranding. Therefore, the Final Project "Royal Hotel Lobby Interior Redesign with a Traditional Culture Immersion Concept to Increase Tourism in Batu City Through Creative Economy Actors" is expected to be able to improve marketing strategies and support the rebranding of the hotel which has now changed its name to Royal Hotel & Villa Batu, and is able to become a tourist and educational hotel that can help increase tourism by introducing local wisdom of Batu City to tourists.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kearifan Lokal Kota Batu, Culture Immersion, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Local Wisdom of Batu City, Culture Immersion, Tourism, Creative Economy. |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture > NA7820 Hotels. Inns. Hotel lobbies For resorts N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2589 Furniture design N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK9503 Batik--Themes, motives. |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Hengky Miftahul Firdaus |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:47 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:47 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/123949 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |