Hati, Feval Hajijah Sulistia (2025) Penerapan Konsep Medern Interaktif dalam Strategi Revitalisasi Museum Mpu Tantular Sebagai Sarana Edukasi dan Bermain. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
5029211006-Undergraduated_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (33MB) |
Abstract
Sebagai salah satu museum kebudayaan di Jawa Timur, Museum Mpu Tantular Sidoarjo berpotensi menjadi pusat pengetahuan sejarah dan pariwisata. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang interior museum yang dapat memadukan menggabungkan konsep modern interaktif sehingga dapat menarik minat pengunjung dari berbagai kalangan khususnya generasi muda. Seiring berjalannya waktu, museum kehilangan karakternya, kecuali digunakan untuk acara resmi dan penelitian pengunjung. Konsep desain yang dipakai memadukan teknologi informasi, elemen permainan edukatif, dan elemen visual yang menarik untuk menyajikan informasi sejarah secara lebih dinamis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan desain museum di Indonesia dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang sejarah dan budaya. Melalui permasalahan tersebut, penulis mengoptimalkan pendekatan desain interior Museum Mpu Tantular Sidoarjo dengan menampilkan konsep interior “Modern Interaktif” diharapkan dengan memanfaatkan teknologi namun tetap menciptakan suasana baru yang kemudian dapat dijadikan sebagai ruang edukasi bagi segala usia, kebudayaan dan seni Indonesia. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk menghasilkan rancangan desain Museum Mpu Tantular yang interaktif dan informatif. Metode perancangan yang digunakan penulis diawali dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan penelitian kepustakaan. Kemudian permasalahan museum dianalisis dan dibuat rencana dengan menemukan ide-ide budaya dan mengubahnya menjadi desain. Perancangan desain interior Museum Mpu Tantular bertujuan untuk menciptakan interior museum yang interaktif dan menyenangkan, dimana pengunjung bisa mendapatkan informasi tanpa merasa lelah dan bosan. Salah satu cara untuk menciptakan suasana yang menyenangkan adalah dengan menciptakan interaksi yang lebih kuat antara pengunjung dan pameran. Dengan menggunakan teknologi baru seperti thematic immersive room, directory interactive, dan projection mapping, tampilan objek pameran yang tidak monoton saja untuk pengunjung, namun juga dapat menciptakan interaksi dengan pengunjung dapat direalisasikan. Hasil desain tersebut akan menghasilkan desain interior Museum Mpu Tantular dengan menggunakan teknologi terkini, begitu pula sebaliknya. Pameran dapat ditampilkan dengan sangat baik dan pencahayaan yang selalu terang selama pameran, serta kenyamanan dalam hiburan dan pendidikan serta konsep museum yang mengikuti perkembangan zaman.
================================================================================================================================
As one of the cultural museums in Jawa Timur, Museum Mpu Tantular in Sidoarjo has the potential to become a center for historical knowledge and tourism. The purpose of this study is to design a museum interior that can combine modern concepts so that it can attract visitors from various groups, especially the younger generation. Over time, museums have begun to lose their character, except for official events and visitor research. The design concept used combines information technology, educational game elements, and interesting visual elements to present historical information more dynamically. The results of this study are expected to contribute to the development of museum design in Indonesia and increase public understanding of history and culture.
Through these problems, the author optimizes the interior design approach of Museum Mpu Tantular in Sidoarjo by presenting the interior concept of "Modern Interactive" which is expected to utilize technology but still create a new atmosphere which can then be used as an educational space for all ages, cultures, and Indonesian arts. The purpose of this final project is to produce an interactive and informative Museum Mpu Tantular design. The design method used by the author begins with the method of collecting data through observation, interviews, questionnaires and literature studies. Then the museum problems are explained and planning is made by looking for cultural ideas and pouring them into design form. The interior design of Museum Mpu Tantular aims to create an interactive and enjoyable museum interior, where visitors can obtain information without feeling bored and tired. One way to create a pleasant atmosphere is to create a stronger interaction between visitors and the exhibition. By using new technologies such as thematic immersive room, directory interactive, dan projection mapping, the display of exhibition objects that are not only monotonous for visitors, but can also create interaction with visitors can be realized. The results of this design will produce an interior design for Museum Mpu Tantular using the latest technology, and vice versa. The exhibition can be presented very well and the lighting is always bright during the exhibition, as well as comfort in terms of entertainment and education and the concept of a museum that follows the times.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Museum, Edukatif, Interaktif, Bermain, Modern, Interior ; Museum, Educational, Interactive, Play, Modern, Interior |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture > NA6695 Art museums and galleries |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Theses |
Depositing User: | Feval Hajijah Sulistia Hati |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 04:12 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 04:12 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/124010 |
Available Versions of this Item
-
Penerapan Konsep Medern Interaktif Dalam Strategi Revitalisasi Museum Mpu Tantular Sebagai Sarana Edukasi Dan Bermain. (deposited 30 Jul 2025 10:21)
- Penerapan Konsep Medern Interaktif dalam Strategi Revitalisasi Museum Mpu Tantular Sebagai Sarana Edukasi dan Bermain. (deposited 08 Aug 2025 04:12) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |