Rancangan Interior Senggigi Art Market Berbasis Komunitas untuk Mendukung Rencana Induk Pengembangan Destinasi Pariwisata Nasional Lombok-Gili Tramena

Syadzwana, Aisyah Kurnia Zata (2025) Rancangan Interior Senggigi Art Market Berbasis Komunitas untuk Mendukung Rencana Induk Pengembangan Destinasi Pariwisata Nasional Lombok-Gili Tramena. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5029211039-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5029211039-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Senggigi Art Market merupakan kawasan potensial karena banyak menghadirkan nuansa ekonomi kreatif Khas Lombok seperti porduk kirya dan kerajinan lainnya. Artinya, kawasan ini secara konsep pariwisata dapat terbilang kompleks karena bukan hanya menghadirkan pemandangan namun menghadirkan suasana berbeda melalui seni, kriya, dan budaya.Dibalik banyaknya potensi tersebut, terdapat masalah yang konkret. Saat ini kawasan tersebut mengalami kemunduran terhadap aktivitas wisata dan ekonomi. Salah satu sebabnya adalah estetika interior pada kawasan tersebut yang harus diperbaharui sehingga perlu revitalisasi untuk menghidupkan kembali aktivitas wisata dan ekonomi menjadi lebih baik dari sebelumnya. Maka dari itu, pertanyaan penelitian berfokus pada Bagaimana rancangan interior yang mampu mengaktifkan kembali Senggigi Art Market secara fungsional dan estetis dan rancangan interior yang mampu berdampak pada UMKM yang berkelanjutan. Sehingga, Proyek desain interior ini bertujuan untuk merevitalisasi kawasan tersebut melalui rancangan interior yang efektif agar dapat produktif kembali dan berdampak pula pada UMKM lokal.Selain itu, proyek ini selaras dengan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIP DPN) Lombok-Gili Tramena, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden No. 84 Tahun 2021. Metode yang digunakan dalam proyek ini adalah dengan pendekatan placemaking berbasis Participatory Action Research (PAR). Metode ini berfokus pada partisipasi aktif komunitas dan UMKM lokal yang relevan dengan permasalahan penelitian. Partisipasi ini dilakukan dari awal perencanaan proyek desain hingga implementasi solusi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data kemudian di analisis dengan menjabarkan hasil data primer dan sekunder. Adanya hasil analisa ini kemudian menjadi landasan membuat ideasi dan konsep yang meliputi konsep awal hingga alternatif desain. Implementasi kemudian diwujudkan melalui protoype dan testing dalam layout secara keseluruhan Hasil dari proyek desain interior ini berupa rancangan dengan zonasi adaptif yang mencakup area workshop seni, pertunjukan budaya, serta display produk UMKM yang fleksibel dan komunikatif. Rancangan ini diharapkan dapat membangun keterhubungan antara ruang, aktivitas, dan narasi budaya, sehingga Senggigi Art Market dapat bertransformasi menjadi pusat kolaborasi kreatif dan penggerak ekonomi lokal yang berkelanjutan.
========================================================================================================================
===============
Senggigi Art Market is a potential area because it presents many nuances of Lombok's creative economy such as kirya products and other crafts. This means that this area is conceptually complex in tourism because it not only presents views but also presents a different atmosphere through art, crafts, and culture. Behind this much potential, there are concrete problems. Currently, the area is experiencing a decline in tourism and economic activities. One of the reasons is the interior aesthetics of the area which must be renewed so that revitalization is needed to revive tourism and economic activities to be better than before. Therefore, the research question focuses on How interior design is able to reactivate Senggigi Art Market functionally and aesthetically and interior design that can have an impact on sustainable MSMEs. Thus, this interior design project aims to revitalize the area through effective interior design so that it can be productive again and also have an impact on local MSMEs. In addition, this project is in line with the National Tourism Development Master Plan (RIP DPN) Lombok-Gili Tramena, as mandated in Presidential Regulation No. 84 of 2021. The method used in this project is a placemaking approach based on Participatory Action Research (PAR). This method focuses on the active participation of local communities and MSMEs relevant to the research problem. This participation is carried out from the initial design project planning to the implementation of solutions. Data collection in this study uses primary and secondary data. The data is then analyzed by describing the results of the primary and secondary data. The results of this analysis then become the basis for creating ideas and concepts that include initial concepts to alternative designs. Implementation is then realized through prototyping and testing in the overall layout. The result of this interior design project is a design with adaptive zoning that includes areas for art workshops, cultural performances, and flexible and communicative MSME product displays. This design is expected to build connections between spaces, activities, and cultural narratives, so that the Senggigi Art Market can transform into a center for creative collaboration and a driver of a sustainable local economy.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pasar Seni Sengigi, Placemaking, Destinasi Pariwisata, Pusat Keramaian Turistik, Komunitas UMKM
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
N Fine Arts > NA Architecture > NA2941 Facades
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2589 Furniture design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design
Depositing User: Aisyah Kurnia Zata Syadzwana
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:56
Last Modified: 04 Aug 2025 01:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/124743

Actions (login required)

View Item View Item