Naufal, Rizaldi Nur Rahman (2025) Desain Aplikasi Crowdfunding Untuk Proyek Usaha Dalam Program Double-Track SMA Menggunakan Metode User-Centered Design. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
05111940000201-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Program Double Track adalah program pembekalan ketrampilan dan wirausaha yang diberikan kepada siswa SMA yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi dikarenakan kendala ekonomi. Harapannya, para siswa yang mengikuti program ini dapat memiliki skill praktis untuk bekerja maupun berwirausaha sehingga dapat mandiri setelah lulus SMA. Berwirausaha pasti membutuhkan modal awal, dan ini seringkali menjadi penghambat bagi para pelajar yang ingin memulai usaha, dikarenakan mereka umumnya belum memiliki penghasilan, apalagi pelajar yang mengikuti Program Double Track. Maka dari itu, penulis mendesain sebuah aplikasi berbasis web yang menjembatani para pelaku usaha dengan investor potensial yang dapat mendukung kegiatan usaha mereka dari segi permodalan.Sederhananya, aplikasi tersebut merupakan aplikasi crowdfunding. Pada penelitian ini, aplikasi akan dirancang dengan metode User-Centered Design agar menghasilkan antarmuka pengguna yang jelas, berguna, dan memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna. Kemudian, penulis akan mengimplementasi hasil desain antarmuka dari sisi front-end dan back-end sehingga aplikasi dapat berfungsi sesuai spesifikasi yang telah ditentukan. Desain solusi dan evaluasi desain dilakukan dalam dua kali perulangan. Evaluasi desain kedua (terakhir) menghasilkan nilai akhir SUS sebesar 94 dan nilai rata-rata SEQ sebesar 6,8. Hal ini menunjukkan bahwa desain solusi tidak memiliki masalah usalibity dan dianggap mudah untuk dijalankan sehingga dapat dikatakan desain solusi sudah layak untuk digunakan oleh pengguna. Pada tahap ini juga, penulis melakukan evaluasi heuristik dengan melibatkan seseorang yang berpengalaman di bidang terkait untuk mengidentifikasi kendala yang berkaitan dengan prinsip heuristik. Hasil evaluasi heuristik ini berguna untuk semakin memastikan bahwa desain solusi sudah memenuhi prinsip desain yang baik. Selanjutnya, desain solusi akhir beserta masukan dari evaluasi terakhir menjadi acuan untuk tahap implementasi. Tahap ini mencakup menulis kode sumber dan mengelola teknologi lainnya dalam rangka membangun aplikasi yang dapat berjalan sesuai kebutuhan pengguna baik dari segi frontend maupun backend. Seluruh kebutuhan pengguna yang telah diidentifikasi berhasil diimplementasi baik dari segi frontend maupun backend. Pada akhirnya, aplikasi berhasil dirancang dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang telah ditetapkan.
=================================================================================================================================
The Double Track Program is a skills and entrepreneurship training program given to high school students who do not continue to college due to economic limitations. The goal is that students who take part in this program have practical skills to work and entrepreneurship so that they can be independent after graduating from high school. Entrepreneurship definitely requires initial capital, and this is often an obstacle for students who want to start a business, because they generally don't have an income, especially students who are taking part in the Double Track Program. Therefore, author develops a web-based application that bridges business actors with potential investors who want to support their business project financially. In short, this application is a crowdfunding application. In this research, the application will be designed using User-Centered Design method to produce an user-interface that is clear, useful and provides the best experience. Then, the author will implement the results of the interface design in terms of front-end and back-end so that the application can be used according to its specification. The design solution and design evaluation were carried out in two iterations. The second (last) design evaluation produced a final SUS score of 94 and an average SEQ score of 6.8. This indicates that the design solution has no usability problems and is considered easy to implement and so it can be said that the design solution is suitable for use by users. At this stage, the author also conducted a heuristic evaluation by involving someone who is experienced in the related field to identify problems related to the heuristic principle. The results of this heuristic evaluation are useful for further ensuring that the design solution meets good design principles. Furthermore, the final design along with input from the last evaluation becomes a reference for the implementation stage. This stage includes writing source code and managing other technologies in order to build an application that can serve user requirements both in terms of frontend and backend. Every user requirement that has been identified has been successfully implemented both in terms of frontend and backend. In the end, the application was successfully designed and able to meet user requirements that have been set.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Double Track, SMA, Crowdfunding, User-Centered Design, Web application, Double Track, High-school students, Crowdfunding, User-Centered Design, Web application. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.888 Web sites--Design. Web site development. |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Naufal Rizaldi Nur Rahman |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:29 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:29 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/124785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |