Perancangan Meja Dan Kursi Sebagai Sarana Belajar Untuk Anak Penyandang Autisme Ditingkat Sekolah Dasar, Studi Kasus: SDLB YPAC Semolowaru

Rannisa, Rannisa (2025) Perancangan Meja Dan Kursi Sebagai Sarana Belajar Untuk Anak Penyandang Autisme Ditingkat Sekolah Dasar, Studi Kasus: SDLB YPAC Semolowaru. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5028211090_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5028211090_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Autism Spectrum Disorder atau autisme yaitu gangguan pada perkembangan neourobiologis yang komples dan berlangsung sepanjang hidup seseorang. Autisme juga merupakan gangguan perkembangan pada anak yang ditandai dengan keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku (behavior), komunikasi dan interaksi sosial. Autisme merupakan kelainan yang terjadi pada anak yang tidak mengalami perkembangan normal, khususnya dalam hubungan atau berinteraksi dengan orang lain. Dengan kekurangan yang dimiliki maka pembentukan karakter dan pembelajaran melalui lembaga pendidikan akan sangat membantu anak autis. Akan tetapi pada praktik secara langsung sarana dan prasarana yang ada disekolah didapati kurang mendukung untuk meakukan pembelajaran yang maksimal. Perancangan meja dan kursi sebagai sarana belajar untuk anak penyandang autisme di tingkat sekolah dasar bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung kebutuhan khusus anak-anak tersebut. Anak penyandang autisme sering kali memiliki tantangan dalam berinteraksi dan kesulitan untuk fokus, sehingga desain furnitur yang ergonomis dan adaptif sangat penting. Penelitian ini mengidentifikasi karakteristik fisik dan psikologis anak autis serta kebutuhan spesifik mereka dalam konteks pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan desain partisipatif, melibatkan guru dan orang tua. Perancangan ini menghasilkan meja dan kursi yang dapat disesuaikan, memberikan kenyamanan, dan meningkatkan konsentrasi belajar. Metode penelitian yang dilakukan berupa observasi, wawancara dan kuisoner kepada stakeholder yang berkaitan.Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman belajar anak penyandang autisme, mendukung perkembangan sosial dan akademis mereka, serta menciptakan suasana belajar yang lebih positif dan produktif. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk implementasi desain dalam lingkungan sekolah dasar, serta potensi pengembangan lebih lanjut untuk memenuhi kebutuhan anak-anak dengan berbagai tingkat autisme.
========================================================================================================================================
Autism Spectrum Disorder or autism is a disorder in neourobiological development that is complex and lasts throughout a person's life. Autism is also a developmental disorder in children characterized by delays in cognitive, language, behavior, communication and social interaction. Autism is a disorder that occurs in children who do not experience normal development, especially in relationships or interacting with others. With the shortcomings owned, character formation and learning through educational institutions will be very helpful for autistic children. However, in direct practice, the facilities and infrastructure in schools are found to be less supportive to nail maximum learning. The design of desks and chairs as a learning tool for children with autism at the primary school level aims to create an inclusive learning environment and support the special needs of these children. Children with autism often have difficulties in interacting and focusing, so ergonomic and adaptive furniture design is essential. This study identifies the physical and psychological characteristics of autistic children as well as their specific needs in the context of learning. By using a participatory design approach, involving teachers and parents. This design results in adjustable tables and chairs, providing comfort, and improving study concentration. The research method carried out is in the form of observations, interviews and questionnaires to relevant stakeholders. The results of this design are expected to improve the learning experience of children with autism, support their social and academic development, and create a more positive and productive learning atmosphere. The study also provides recommendations for the implementation of the design in the primary school setting, as well as the potential for further development to meet the needs of children with varying degrees of autism.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Adjustable, Autisme, Calm Colour, Control, Furnitur Belajar, Adjustable, Autism, Calm Colour, Control, Learning Furniture
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115.5.F77 Furniture
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2589 Furniture design
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rannisa Rannisa
Date Deposited: 31 Jul 2025 06:21
Last Modified: 31 Jul 2025 06:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/124923

Actions (login required)

View Item View Item