Jesslyn, Jesslyn (2025) Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Membeli (Purchase Intention) Asuransi Jiwa pada Mahasiswa di Surabaya dengan Structural Equation Modeling (SEM). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5006211028-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Risiko atau ketidakpastian yang selalu ada dalam kehidupan manusia menjadi sebab asuransi memainkan peran penting dalam mengurangi kerugian finansial yang mungkin timbul dari kejadian yang tidak terduga. Asuransi jiwa memberikan perlindungan finansial bagi keluarga terhadap hilangnya pendapatan karena kematian atau cacat permanen dari pencari nafkah utama. Persaingan industri yang meningkat seiring perkembangan industri asuransi jiwa di Indonesia menandakan pentingnya perusahaan jiwa untuk dapat mengidentifikasi faktor-faktor penting dalam mengembangkan produk dan pemasaran agar lebih unggul dalam mencapai target pasar. Mahasiswa sebagai generasi muda yang tumbuh bersama digitalisasi keuangan dan lebih paham dengan konsep keuangan menjadi target potensial dalam industri asuransi jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat mahasiswa untuk membeli asuransi jiwa menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Adapun faktor-faktor yang dianalisis berupa literasi keuangan, kualitas produk, kualitas layanan, kepercayaan konsumen, dan sikap (attitude) sebagai variabel mediator. Data dikumpulkan dengan kuesioner Google Form sebanyak 165 mahasiswa jenjang sarjana dari perguruan tinggi berbentuk institut dan universitas di Surabaya. Dengan partial least square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM), ditemukan bahwa literasi finansial dan kepercayan konsumen tidak memiliki pengaruh langsung terhadap niat membeli, namun berpengaruh positif terhadap sikap. Kualitas produk dan sikap berpengaruh signifikan terhadap niat membeli. Kualitas layanan adalah faktor yang tidak berpengaruh terhadap sikap maupun niat membeli. Peran sikap sebagai mediator signifikan pada hubungan semua faktor, kecuali kualitas layanan, terhadap niat membeli. Variabel penelitian prediktor sudah menjelaskan 53,4% variasi variabel sikap dan 53,3% variabel niat membeli. Secara kemampuan prediksi model PLS-SEM lebih baik daripada regresi biasa.
====================================================================================================================================
The risks or uncertainties that always exist in human life make insurance play an important role in reducing financial losses that may arise from unexpected events. Life insurance provides financial protection for families against the loss of income due to the death or permanent disability of the breadwinner. The increasing competition in life insurance industry along with its development in Indonesia indicates the importance for life insurance companies to identify key factors in developing products and marketing strategies to be more competitive in reaching target markets. Students, as the younger generation grow up with financial digitalization and better understanding of financial concepts, become a potential target in the life insurance industry. This study aims to analyze the factors that influence students' intention to purchase life insurance using Structural Equation Modeling (SEM). The factors analyzed include financial literacy, product quality, service quality, consumer trust, and attitude as a mediating variable. Data were collected through a Google Form questionnaire from 165 undergraduate students at institutes and universities in Surabaya. Using partial least square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM), it was found that financial literacy and consumer trust have no direct effect on purchase intention but have a positive effect on attitude. Product quality and attitude have a significant effect on purchase intention. Service quality is a factor that does not affect either attitude or purchase intention. The role of attitude as a mediator is significant in the relationship between all factors, except service quality, towards purchase intention. The predictor variables explain 53.4% of the variation in the attitude variable and 53.3% of the variation in the purchase intention variable. In terms of predictive ability, the PLS-SEM model performs better than ordinary regression.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asuransi Jiwa, Literasi Finansial, Mahasiswa, Niat Membeli, Sikap, Structural Equation Modeling, Attitude, Financial Literacy, Life Insurance, Purchase intention, Structural Equation Modeling, Students |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling. |
Divisions: | Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Actuaria > 94203-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Jesslyn Jesslyn |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:14 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:14 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/125213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |