Analisis Kekuatan Kombinasi Balok Ceruk-Senta Dan Gading Besar-Senta Haluan Kapal Menggunakan Metode Elemen Hingga

Darmawan, Septian Wahyu Darmawan (2025) Analisis Kekuatan Kombinasi Balok Ceruk-Senta Dan Gading Besar-Senta Haluan Kapal Menggunakan Metode Elemen Hingga. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5018211056-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5018211056-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Keselamatan kapal dapat ditinjau dari beberapa aspek, salah satunya adalah kekuatan stuktur haluan kapal. Desain dan kekuatan struktur haluan kapal sangat penting karena harus mampu menahan beban, termasuk gelombang tinggi, arus kuat, dan benturan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan optimasi dari kombinasi stuktur yang ditinjau berdasarkan besar tegangan, deformasi dan berat konstruksi yang paling minimum. Konfigurasi struktur yang digunakan pada penelitian ini adalah balok ceruk-senta dan gading besar-senta. Untuk mendapatkan tegangan, deformasi dan berat konstruksi yang paling optimum digunakan metode optimasi pada pemilihan modulus konstruksi. Setelah dilakukan analisis didapatkan nilai tegangan pada opsi 1a yaitu pada struktur balok ceruk-senta sebesar 92,10 Mpa, deformasi total sebesar 2,62 mm, berat sebesar 19,29 ton. Pada opsi 1b dengan hasil tegangan sebesar 93,19 Mpa, deformasi maksimum 2,61 mm, dan berat 19,25 ton. Sedangkan pada opsi 2a yaitu pada struktur gading besar-senta menghasilkan tegangan sebesar 120,59 Mpa, deformasi total sebesar 3,59 mm, berat 20,71 ton. Pada opsi 2b dengan hasil tegangan maksimum 120,01 Mpa, deformasi 3,54 mm, dan berat sebesar 20,85 ton. Berdasarkan hasil analisis kedua opsi variasi struktur telah memenuhi tegangan izin dan kesimpulan untuk variasi struktur yang lebih efisien adalah balok ceruk-senta pada opsi 1a.
======================================================================================================================================
Ship safety can be evaluated from various aspects, one of which is the structural strength of the bow. The design and integrity of the bow structure are crucial, as it must withstand external forces such as high waves, strong currents, and potential collisions. This study aims to optimize the structural configuration based on the minimum stress, deformation, and construction weight. The configurations analyzed include the tiers of beam - stringer and web frame-stringer. To achieve optimal values for stress, deformation, and weight, an optimization approach was applied through the selection of construction modulus. Based on the analysis, Option 1a (tiers of beam – stringer) resulted in a stress value of 92.10 MPa, a total deformation of 2.62 mm, and a structural weight of 19.29 tons. Option 1b produced a stress of 93.19 MPa, a deformation of 2.61 mm, and a weight of 19.25 tons. For the web frame-stringer structure in option 2a, the stress was 120.59 MPa, deformation was 3.59 mm, and weight was 20.71 tons. Option 2b showed a maximum stress of 120.01 MPa, deformation of 3.54 mm, and a weight of 20.85 tons. Based on the analysis results, both structural variation options meet the allowable stress criteria, and the conclusion for a more efficient structural variation is the tiers of beam - stringer in option 1a.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Balok Ceruk, Gading Besar, Senta, Haluan, Tegangan, tiers of beam, web frame, stringer, bow, voltage
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Septian Wahyu Darmawan
Date Deposited: 04 Aug 2025 11:08
Last Modified: 05 Aug 2025 06:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/125238

Actions (login required)

View Item View Item