Margareta, Shella Nur Afni Maregareta (2025) Evaluasi Dan Pemeliharaan Perkerasan Lentur Jalan Raya Bibis – Jalan Raya Babat Jerawat Kota Surabaya Berdasarkan Pavement Condition Index (PCI) Dan Bina Marga. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
2035211005-Undergraduatated_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (46MB) | Request a copy |
Abstract
Kerusakan jalan sering disebabkan oleh tingginya lalu lintas kendaraan besar seperti truk sampah dan trailer yang melintas maupun keluar masuk dari gudang atau pabrik di sekitar jalan tersebut, sehingga memerlukan evaluasi kondisi perkerasan yang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi perkerasan jalan sepanjang 5,54 km di Jalan Raya Bibis – Jalan Raya Babat Jerawat dengan membagi jalan menjadi segmen-segmen sepanjang 100 meter dan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) serta metode Bina Marga. Selain itu, penelitian ini menghitung Rencana Anggaran Biaya perbaikan berdasarkan AHSP Bina Marga 2025 dan melakukan mapping kerusakan menggunakan aplikasi ArcGIS untuk mendukung langkah pemeliharaan.
Hasil dari penelitian pada ruas JL. Raya Bibis hingga Jl.Raya Babat Jerawat sepanjang 5.54km, mengalami bebrapa jenis kerusakan jalan diantaranya yaitu 11 jenis kerusakan, yaitu Lubang (Potholes), Sungkur (Shoving), Retak Buaya (Alligator Crack), Pelepasan Butir (Ravelling), Retak Balok (blocking Crack), Tambalan, Ambles (Depression), Retak Memanjang/Melintang (Longitudinal/Transeverse Crack), Retak Refleektif Sambungan (Joint Reflection Cracking), Keriting (corrugation), Retak pinggir (Edge Cracking). Hasil rata-rata PCI yang didapatakan sebesar 80,48 maka termasuk kedalam kategori Baik (Good). Sedangkan untuk hasil nilai Urutan Prioritas pada metode Bina Marga Didapatkann hasil rata-rata sebesar 6.9 maka pada ruas JL. Raya Bibis -Jl. Raya Babat Jerawat sepanjang 5.54 km termasuk kedalam Pemeliharaan Berkala. termasuk kedalam kategori Pemeliharaan Berkala. Kategori tersebut meliputi kegiatan Pelapisan Ulang (Overlay). Dalam kategori pemeliharaan rutin dapat dilakukan dengan cara pengisian retak hingga penmmbalan lubang dengan estimasi biaya sebesar Rp 143,922,859.00 (Seratus empat puluh tiga juta sembilan ratus dua puluh dua ribu delapan ratus lima puluh sembilan rupiah).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PCI, Bina Marga, Flexible Pavement,ArcGis |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning |
Divisions: | Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4) |
Depositing User: | Shella Nur Afni Margareta |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:01 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:02 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/126014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |