Nabiel, Wishal (2025) Analisa Interaksi Pengemudi Mobil dengan Sistem Deteksi Kantuk pada Kendaraan Bermotor dalam Teknologi Asistif. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5023201041-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Keselamatan berkendara merupakan isu penting yang berhubungan langsung dengan kelelahan pengemudi, yang sering menjadi faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas fatal. Pengemudi yang mengantuk atau lelah cenderung kehilangan konsentrasi, yang mengarah pada kemampuan reaksi yang lebih lambat dan peningkatan risiko kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem deteksi kantuk dan kelelahan pengemudi berbasis teknologi asistif dengan memanfaatkan pemantauan ekspresi wajah dan pergerakan kepala pengemudi sebagai indikator utama. Teknologi ini diharapkan dapat mendeteksi tanda-tanda kantuk dan kelelahan secara real-time dan memberikan peringatan dini kepada pengemudi sebelum terjadi kecelakaan. Sistem ini diuji melalui dua pendekatan utama, yaitu simulasi menggunakan Portable Driving Simulator (PDS) dan uji lapangan dengan kendaraan nyata, untuk mengevaluasi kinerja sistem di dunia nyata yang memperhitungkan variabel eksternal seperti kondisi lalu lintas dan pencahayaan. Fokus analisis ditempatkan pada posisi duduk pengemudi, pengaturan kamera, dan kondisi pencahayaan yang mempengaruhi akurasi deteksi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengaturan jarak kamera dan posisi duduk pengemudi berpengaruh signifikan terhadap kenyamanan dan efektivitas sistem deteksi. Pencahayaan yang buruk serta gangguan eksternal, seperti kondisi lalu lintas yang padat, menjadi tantangan dalam mendeteksi ekspresi wajah dan pergerakan kepala dengan akurat. Berdasarkan hasil kuesioner dari subjek uji coba, meskipun ada rasa terawasi dan gangguan dari perangkat, sistem ini tetap dapat meningkatkan keselamatan berkendara, karena pengemudi yang merasa kantuk atau lelah dapat menerima peringatan dini untuk mengambil tindakan pencegahan. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan teknologi asistif yang lebih efisien dalam meningkatkan keselamatan pengemudi dan mengurangi kecelakaan akibat kantuk dan kelelahan, sekaligus menjadi langkah awal dalam menciptakan solusi teknologi yang lebih baik untuk menjaga kewaspadaan pengemudi selama berkendara.
=====================================================================================================================================
Road safety is an important issue directly related to driver fatigue, which is often a major factor contributing to fatal traffic accidents. Drivers who are drowsy or fatigued tend to lose concentration, leading to slower reaction times and an increased risk of accidents. This study aims to develop a driver drowsiness and fatigue detection system based on assistive technology by utilizing facial expression and head movement monitoring as primary indicators. This technology is expected to detect signs of drowsiness and fatigue in real-time and provide early warnings to the driver before an accident occurs. The system was tested using two main approaches, namely simulation with a Portable Driving Simulator (PDS) and field testing with real vehicles, to evaluate the system’s performance in real-world conditions that consider external variables such as traffic conditions and lighting. The analysis focused on the driver's seating position, camera setup, and lighting conditions, which affect the accuracy of detection. The test results show that the camera distance and driver's seating position significantly affect the comfort and effectiveness of the detection system. Poor lighting and external disruptions, such as heavy traffic conditions, pose challenges in accurately detecting facial expressions and head movements. Based on questionnaire results from test subjects, although there was a sense of being monitored and interference from the devices, the system still contributed to improving road safety, as drivers who feel drowsy or fatigued can receive early warnings to take preventive actions. Overall, this research contributes to the development of more efficient assistive technology to enhance driver safety and reduce accidents caused by drowsiness and fatigue, while also serving as a steppingstone towards creating better technological solutions to maintain driver alertness during driving.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan berkendara, deteksi kantuk, kelelahan pengemudi, teknologi asistif, ekspresi wajah, pergerakan kepala,Road safety, drowsiness detection, driver fatigue, assistive technology, facial expressions, head movements. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5614.2 Traffic safety T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Biomedical Engineering > 11410-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Wishal Nabiel |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:30 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 01:32 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/126123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |