Perancangan Sistem Kendali Trayektori Berbasis Logika Fuzzy Pada Kapal Ro-Ro Passenger Di Perairan Sambas

Rossi, Akira Ryo Vito (2025) Perancangan Sistem Kendali Trayektori Berbasis Logika Fuzzy Pada Kapal Ro-Ro Passenger Di Perairan Sambas. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5019211015-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5019211015-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam upaya menjaga keselamatan kapal saat beroperasi sekaligus dengan mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan merancang sistem kendali kapal yang dapat beroperasi secara otomatis. Pengembangan sistem kendali otomatis ini nantinya bisa memberikan manfaat dalam mengurangi kesalahan manusia dalam mengoperasikan kapal, sekaligus dapat memberikan manfaat dalam mengurangi biaya operasional kapal. Sistem yang dirancang pada penelitian ini merupakan sistem pengendali trayektori untuk kapal yang akan bersandar ke pelabuhan. Perancangan sistem kendali trayektori otomatis ini menggunakan metode logika fuzzy dalam perancangannya. Dimana perancangan sistem mempertimbangkan gangguan cuaca yang berpengaruh pada kapal seperti gelombang laut, dan arus laut. Kapal yang digunakan pada penelitian ini merupakan kapal Ro-Ro Passenger Bahtera Nusantara 3 yang beroperasi dari Pelabuhan Tanjung Uban – Pelabuhan Sintete. Dengan menggunakan metode fuzzy logic dalam perancangan sistem kendalinya, hasil trayektori yang dicapai harus dibawah batasan error sebesar 130,8 m. Simulasi dilakukan dengan menggunakan 3 keaadaan, yaitu tanpa gangguan cuaca, dengan gangguan cuaca dalam kondisi pasang, dan dengan gangguan cuaca dalam kondisi surut. Setelah dilakukan percobaan sistem kendali tanpa menggunakan gangguan cuaca didapatkan rata rata errornya sebesar 16,010 m. Saat dilakukan simulasi dengan menggunakan gangguan cuaca dalam kondisi pasang didapatkan rata rata errornya sebesar 15,218 m. Sedangkan saat dilakukan simulasi dengan menggunakan gangguan dalam kondisi surut didapatkan rata rata errornya sebesar 15,810 m. Setelah dilakukan simulasi tersebut, rata rata error tiap kondisi masih berada pada batasan error, sehingga sistem kendali trayektori yang dirancang sudah mampu mengendalikan trayektori kapal secara baik.
===============================================================================================================================================================
In an effort to maintain ship safety during operation while keeping pace with rapid technological developments, one approach that can be taken is to design an automatic ship control system. The development of this automatic control system will provide benefits in reducing human error in ship operation, as well as reducing ship operating costs. The system designed in this study is a trajectory control system for ships docking at ports. The design of this automatic trajectory control system utilizes fuzzy logic in its development. The system design takes into account weather disturbances that affect the vessel, such as sea waves and ocean currents. The vessel used in this study is the Ro-Ro Passenger Bahtera Nusantara 3, which operates between Tanjung Uban Port and Sintete Port. By using the fuzzy logic method in the control system design, the achieved trajectory must be below the error limit of 130.8 m. The simulation was conducted using three conditions: without weather disturbances, with weather disturbances during high tide, and with weather disturbances during low tide. After testing the control system without weather disturbances, the average error was 16.010 m. When simulations were conducted with weather disturbances during high tide, the average error was 15.218 m. Meanwhile, when simulations were conducted with weather disturbances during low tide, the average error was 15.810 m. After conducting these simulations, the average error for each condition remained within the error limits, indicating that the designed trajectory control system is capable of effectively controlling the ship's trajectory.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Arus, Fuzzy, Gelombang, Kendali, Trayektori Control, Current, Fuzzy, Trajectory, Waves
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA9.64 Fuzzy logic
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Akira Ryo Vito Rossi
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:01
Last Modified: 04 Aug 2025 07:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/126592

Actions (login required)

View Item View Item