Analisa dan Kontrol Risiko Pelabuhan dengan Metode House of Risk Berdasarkan SCOR Model Pelabuhan

Perdana, Kevin Gabrianto Rizky (2025) Analisa dan Kontrol Risiko Pelabuhan dengan Metode House of Risk Berdasarkan SCOR Model Pelabuhan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6010221019-Master_Thesis.pdf] Text
6010221019-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelabuhan memiliki peran penting dalam sitem transportasi maritim tetapi juga menghadapi berbagai rintangan dan ancaman terhadap berbagai jenis risiko. Kondisi dan aktivitas ekonomi yang cenderung kompleks dan tidak pasti seperti ancaman pandemi COVID-19, perubahan iklim, geopolitik menyebabkan pengembangan dan operasional pelabuhan mengahadapi berbagai tantangan dan ketidakpsatian. Pelabuhan ASDP ferry Juata Tarakan telah menjadi salah satu bagian penting dalam aktivitas masyarakat untuk melakukan perjalanan dari pulau Tarakan ke pulau – pulau di sekitarnya seperti Tana Tidung dan Nunukan mengalami beberapa kendala performa seperti mesin kapal mati, gangguan cuaca, dan gangguan pasang surut yang bisa menyebabkan delay satu hingga tiga jam. Berbagai studi telah dilakukan untuk mempelajari tentang fase operasional pelabuhan, namun tidak mempelajari tentang siklus hidup secara keseluruhan. Selain faktor operasional terdapat faktor lingkungan yang masih perlu dieksplorasi agar dapat menghindari kegagalan untuk membedakan penyebab dan akibat risiko dari kejadian risiko. Didalam penelitian ini, proses identifikasi, analisis, dan mitigasi risiko dilakukan dengan menggunakan pendekatan house of risk untuk dapat mengidentifikasi kejadian risiko dan agen penyebab risiko. Penelitian ini berusaha mengeksplorasi risiko yang menjadi komponen kunci dengan mencari keterkaitan antara agen risiko yang satu dengan agen risiko yang lainnya serta dampaknya terhadap perusahan pelabuhan. Aksi pencegahan risiko dibahas pada penelitian ini agar dapat menjadi wawasan untuk memikirkan kembali risiko pelabuhan dan merancang manajemen strategi. Tujuan penelitian ini dibuat agar dapat membantu otoritas pelabuhan khususnya ASDP ferry untuk mengembangkan pemahaman dan pendekatan manajemen terhadap risiko dari seluruh aspek siklus kehidupan dari pelabuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor cuaca dan gangguan distribusi seperti gagal mesin menjadi faktor paling parah serta mitigasi yang dianjurkan adalah menerapkan berkomunikasi dengan lembaga terkait untuk ramalan cuaca serta mempelajari pengaruhnya secara internal dan melakukan perawatan secara berkala.
==========================================================================================================================
Ports have an important role in the maritime transportation system but also face various obstacles and threats to different types of risks. Economic conditions and activities that tend to be complex and uncertain such as the threat of the COVID-19 pandemic, climate change, and geopolitics cause port development and operations to face various challenges and uncertainties. The ASDP port of the Juata Tarakan ferry has become one of the important parts of community activities to travel from Tarakan island to the surrounding islands such as Tana Tidung and Nunukan experiencing some performance issues such as engine failure, bad weather , and tidal condition that can result in delay between one up to three hours. Various studies have been conducted to learn about the operational phases of ports, but not about the overall life cycle. In addition to operational factors, there are environmental factors that still need to be explored in order to avoid failure to distinguish the causes and consequences of risks from risk events. In this study, the process of identification, analysis, and risk mitigation is carried out using a house of risk approach to be able to identify risk events and risk causative agents. This study seeks to explore the risk that is a key component by looking for the relationship between one risk agent and another risk agent and its impact on port companies. Risk prevention actions are discussed in this study in order to be an insight to rethink port risks and design strategic management. The purpose of this study is to help port authorities, especially ASDP ferry, to develop an understanding and management approach to risk from all aspects of the life cycle of the port. The research results show that weather factors and distribution failure such as engine ship failure are the most severe factors. Thus, recommended mitigation is to communicate with relevant agencies for weather forecasts, and conduct regular maintenance.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Kevin Gabrianto Rizky Perdana
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:17
Last Modified: 04 Aug 2025 03:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/126842

Actions (login required)

View Item View Item