Ghaidah, Fauziyah (2025) DEKAP: Tempat Penitipan Anak Berbasis Preferensi dan Psikologi Anak. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5013211060-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (23MB) |
Abstract
Meningkatnya jumlah orang tua yang bekerja mendorong kebutuhan akan daycare yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat penitipan, tetapi juga mendukung perkembangan anak secara menyeluruh. Namun, banyak daycare masih berfokus pada fungsi pengasuhan dasar tanpa mempertimbangkan kebutuhan psikologis dan pembelajaran anak. Rancangan ini bertujuan menciptakan daycare yang mampu menjadi ruang tumbuh kembang anak dengan memperhatikan konsep arsitektur yang ramah anak. Permasalahan utama dalam merancang daycare ini adalah bagaimana menyusun ruang, bentuk, dan sirkulasi yang mendukung rasa aman, memicu jiwa eksplorasi, dan memicu rasa keterikatan anak terhadap lingkungan. Metode yang digunakan mencakup studi literatur tentang place attachment dan psikologi anak serta observasi objek rancangan serupa. Hasil rancangan menunjukkan solusi berupa massa bangunan berbentuk melingkar dengan sirkulasi yang mengikuti kontur, pembagian zona berdasarkan akses pengguna, serta adanya ruang-ruang eksploratif yang mendukung kegiatan belajar berbasis STEM. Rancangan ini menunjukkan bahwa arsitektur dapat menjadi bagian penting dalam membentuk lingkungan yang mendukung pertumbuhan emosional, sosial, dan kognitif anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | balita, daycare, place attachment, psikologi anak, working parents |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design. N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Ghaidah Fauziyah |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:57 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:57 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/126862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |