Perancangan Buku Visual Interaktif Sebagai Media Pendukung Intervensi Pengasuhan Orang Tua Dalam Pengenalan Bahasa Isyarat Dasar Untuk Anak

Fitrah, achmad Raihan (2025) Perancangan Buku Visual Interaktif Sebagai Media Pendukung Intervensi Pengasuhan Orang Tua Dalam Pengenalan Bahasa Isyarat Dasar Untuk Anak. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5030211055_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5030211055_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Intervensi pengasuhan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan interaksi antara orang tua dan anak guna mendukung perkembangan optimal anak. Mayoritas anak tunarungu yang lahir dari orangtua yang dapat mendengar, sehingga sering kali menghadapi tantangan komunikasi dikarenakan orang tua tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang ketunarunguan. Hal ini menyebabkan stres pada orang tua dan risiko keterlambatan bahasa pada anak, yang akan memengaruhi perkembangan anak hingga dewasa. Sehingga, Komunikasi yang baik sangat diperlukan untuk mendukung perkembangan anak tunarungu. Oleh karena itu, komunikasi sangat penting untuk mendukung perkembangan anak tunarungu. Oleh karena itu, diperlukan media yang dapat membantu orang tua dan anak agar dapat berkomunikasi dan berinteraksi lebih baik dengan salah satu caranya yaitu mengenalkan bahasa isyarat sejak dini kepada anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen penelitian, seperti studi literatur untuk mengumpulkan informasi terkait permasalahan yang terjadi pada anak tunarungu dikarenakan gagalnya komunikasi antara orang tua dengan anak yang relevan dari berbagai buku dan jurnal yang berkaitan dengan topik penelitian , depth interview kepada orang tua anak tunarungu untuk menggali info lebih detail mengenai materi bahasa isyarat untuk anak. studi eksisting serta eksplorasi visual digunakan untuk memperkaya konsep dan pendekatan visual dalam perancangan buku ini.
Seluruh konsep perancangan ini akan dirangkum dalam sebuah buku yang berisi materi mengenai bahasa isyarat yang dibutuhkan untuk diketahui orang tua dan anak yang disajikan dengan menggunakan elemen-elemen visual berupa ilustrasi instruksi bahasa isyarat. Buku visual interaktif ini nantinya akan digunakan sebagai media pendukung yang dapat memudahkan para orangtua untuk memulai mengenalkan bahasa isyarat.
===============================================================================================================================================
Parenting interventions aim to enhance communication and interaction skills between parents and toddlers to support the optimal development of the child. The majority of deaf toddlers are born to hearing parents, and they often face communication challenges because the parents typically lack experience and knowledge about deafness. This situation causes stress for the parents and increases the risk of language delays in the toddler, which can affect their development into adulthood. Therefore, effective communication is essential to support the development of deaf toddlers. Therefore, a medium is needed to help parents and toddlers communicate and interact better, one of which is by introducing sign language to toddlers from an early age
This research adopts a qualitative approach, utilizing research instruments such as literature studies to gather information on the challenges faced by deaf children due to communication barriers with their parents. Relevant data is drawn from various books and journals related to the research topic. Depth interviews with parents of deaf children are conducted to obtain detailed insights into sign language materials suitable for children. Existing studies and visual explorations are also employed to enrich the concepts and visual approaches used in the book design.
The entire design concepts will be compiled into a book containing sign language materials essential for parents and children. The content will be presented using visual elements, including instructional illustrations of sign language. This interactive visual book will serve as a supporting medium to help parents introduce sign language effectively to their children.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: buku visual interaktif, tunarungu, bahasa isyarat, interactive visual books, deaf, sign language, parental intervention
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Achmad Raihan Fitrah
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:56
Last Modified: 04 Aug 2025 06:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/126892

Actions (login required)

View Item View Item