Inteprertasi Work-Ability Affordance Oleh Mahasiswa: Studi Kasus Tempat Publik ITS

Akbar, Rasyid Fauzan (2025) Inteprertasi Work-Ability Affordance Oleh Mahasiswa: Studi Kasus Tempat Publik ITS. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6013231009-Master_Thesis.pdf] Text
6013231009-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Fungsi tempat publik di dalam area akademik menghadirkan banyak fasilitas sebagai sarana pembelajaran baik secara formal maupun informal. Pada tingkatan pendidikan yang lebih tinggi seperti pada Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), telah menghadirkan tempat publik yang difungsikan khusus sebagai tempat bekerja dan belajar secara informal. Namun pada implementasinya mahasiswa kerap mengokupasi tempat publik lainnya yang tidak ditujukan untuk mewadahi kegiatan bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana mahasiswa menginterpretasikan fungsi work-ability affordance melalui elemen arsitektur pada tempat publik di Kampus ITS. Serta menjawab (2) bagaimana pertimbangan kognitif atau rasionalisme mahasiswa ketika memilih tempat bekerja yang ideal. Penelitian ini terbagi menjadi 2 tahapan. Tahap pertama akan dilakukan dengan metode observasi lapangan pada 6 tempat publik ITS dengan fungsi sebagai kantor, masjid, plaza, aula dan kantin. Untuk mendeskripsikan perilaku mahasiswa saat menghadirkan fungsi work-ability melalui elemen arsitektur. Tahap kedua dilakukan dengan metode in-depth interview pada 6 insidental responden. Untuk mengetahui rasionalisme dan idealisme pengguna ketika mempertimbangkan tempat bekerja yang baik. Temuan melalui observasi lapangan menunjukkan adanya bukti bahwa mahasiswa kerap mengokupasi tempat publik di Kampus ITS yang tidak difungsikan sebagai tempat bekerja. Elemen struktur, ruang dan mesin (furnitur) menjadi aspek yang paling banyak ditemukan untuk mewadahi aktivitas bekerja. Selain itu, data in-depth interview menunjukkan keseragaman bahwa pengguna lebih mempertimbangkan ketersediaan furnitur yang memadai, ruang yang multifungsi, serta kapasitas ruang besar. Beberapa responden menambahkan aspek lain seperti tingkat kebisingan, kualitas sanitasi dan kemudahan aksesibilitas sebagai kenyamanan tambahan.
===================================================================================================================================
Public spaces within academic environments serve as multifunctional facilities for both formal and informal learning. At the higher education level, such as at Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), designated public spaces have been provided to support informal work and study activities. However, in practice, students frequently occupy other public areas not originally intended to accommodate work-related functions. This study aims to (1) examine how students interpret the function of work-ability affordance through architectural elements in ITS campus public spaces, and (2) understand the cognitive considerations and rationalism influencing students’ choices when selecting an ideal working environment. The research is conducted in two stages. The first stage employs field observation at six ITS public spaces—comprising office, mosque, plaza, hall, and canteen—to describe student behaviour response in generating work-ability through the Architectural Structure. The second stage uses in-depth interview with six incidental respondents to explore user interpretation and rationality in selecting public working spaces. Findings reveal that students frequently afford work-ability functions in public spaces not designated for such use. Elements of structure, spatial configuration, and furnishings are the most frequently utilized to support working activities. Interview results indicate a consistent user preference for adequate furniture, multifunctional layouts, and spacious areas. Additional considerations include noise levels, sanitation quality, and ease of access as determinants of spatial comfort.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Affordance, Tempat Publik, Kampus, Perilaku, Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF318 Learning, Psychology of (Deep learning)
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Rasyid Fauzan Akbar
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:23
Last Modified: 22 Sep 2025 04:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/127052

Actions (login required)

View Item View Item