DDA BERBASIS LOGIKA FUZZY UNTUK MENENTUKAN SKOR PADA GAME PETUALANGAN

PRANATA, JAYA (2016) DDA BERBASIS LOGIKA FUZZY UNTUK MENENTUKAN SKOR PADA GAME PETUALANGAN. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2213205014-Master_theses.pdf]
Preview
Text
2213205014-Master_theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, banyak orang telah bermain game. Ada banyak faktor dalam
permainan yang membuat orang menikmati permainan seperti graphics interface,
latar belakang cerita, perangkat input permainan, dan game balancing. Game
balancing bertujuan memberikan tingkat tantangan yang baik bagi pengguna, dan
diakui oleh komunitas pengembangan game sebagai karakteristik kunci untuk
kesuksesan permainan. Dalam sebuah permainan, dimana perhitungan skor secara
statik atau berdasarkan rule yang bersifat tegas mengakibatkan skenario atau tingkat
kesulitan dari sebuah game monoton. Dimana pada perhitungan skor secara statik
membuat tingkat kesulitan untuk pemain pemula dan pemain berpengalaman sama.
Hal ini menyebabkan pemain merasa frustasi karena game tersebut terlalu susah atau
pemain merasa bosan karena game tersebut terlalu gampang. Dimana pada penelitian
ini diusulkan suatu sistem penilaian skor yang dinamik menggunakan logika fuzzy
dan HFSM untuk menentukan pemilihan skenario. Dimana penyesuaian tingkat
kesulitan tersebut menyesuaikan dengan kemampuan pemain yang didapat dari
sistem penilaian skor sehingga game menjadi lebih balance.

"====="
At this time, many people have been playing the game. There are many
factors in the game that makes people enjoy the game like the graphics interface,
background story, the game input devices, and game balancing. Game balancing
aims to provide a good level of challenge for users, and is recognized by the game
development community as a key characteristic for the success of the game. In a
game, where the score calculation is static or is firmly based on the rule make the
scenario or the level difficulty of a game monotonous. Where the score calculation is
statically, the level of difficulty for novice players and experienced players alike.
This causes the players are frustrated because the game is too hard or players feel
bored because the game is too easy. In this study proposed a dynamic scoring system
scores using fuzzy logic and HFSM to determine difficulty level. Where the selection
of the difficulty adjust with the ability of the players who gained a score from the
grading system, so that the game will becomes more balance.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 794.815 26 Pra d
Uncontrolled Keywords: HFSM, Dynamic Difficulty, Fuzzy Logic
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA248_Fuzzy Sets
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 03 Jan 2017 06:59
Last Modified: 27 Dec 2018 03:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item View Item