DDA BERBASIS LOGIKA FUZZY UNTUK MENENTUKAN SKOR PADA GAME PETUALANGAN

PRANATA, JAYA (2016) DDA BERBASIS LOGIKA FUZZY UNTUK MENENTUKAN SKOR PADA GAME PETUALANGAN. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2213205014-Master_theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, banyak orang telah bermain game. Ada banyak faktor dalam permainan yang membuat orang menikmati permainan seperti graphics interface, latar belakang cerita, perangkat input permainan, dan game balancing. Game balancing bertujuan memberikan tingkat tantangan yang baik bagi pengguna, dan diakui oleh komunitas pengembangan game sebagai karakteristik kunci untuk kesuksesan permainan. Dalam sebuah permainan, dimana perhitungan skor secara statik atau berdasarkan rule yang bersifat tegas mengakibatkan skenario atau tingkat kesulitan dari sebuah game monoton. Dimana pada perhitungan skor secara statik membuat tingkat kesulitan untuk pemain pemula dan pemain berpengalaman sama. Hal ini menyebabkan pemain merasa frustasi karena game tersebut terlalu susah atau pemain merasa bosan karena game tersebut terlalu gampang. Dimana pada penelitian ini diusulkan suatu sistem penilaian skor yang dinamik menggunakan logika fuzzy dan HFSM untuk menentukan pemilihan skenario. Dimana penyesuaian tingkat kesulitan tersebut menyesuaikan dengan kemampuan pemain yang didapat dari sistem penilaian skor sehingga game menjadi lebih balance. "=====" At this time, many people have been playing the game. There are many factors in the game that makes people enjoy the game like the graphics interface, background story, the game input devices, and game balancing. Game balancing aims to provide a good level of challenge for users, and is recognized by the game development community as a key characteristic for the success of the game. In a game, where the score calculation is static or is firmly based on the rule make the scenario or the level difficulty of a game monotonous. Where the score calculation is statically, the level of difficulty for novice players and experienced players alike. This causes the players are frustrated because the game is too hard or players feel bored because the game is too easy. In this study proposed a dynamic scoring system scores using fuzzy logic and HFSM to determine difficulty level. Where the selection of the difficulty adjust with the ability of the players who gained a score from the grading system, so that the game will becomes more balance.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 794.815 26 Pra d
Uncontrolled Keywords: HFSM, Dynamic Difficulty, Fuzzy Logic
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA248_Fuzzy Sets
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 03 Jan 2017 06:59
Last Modified: 27 Dec 2018 03:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item View Item