Ardiansyah, Muhammad (2025) Analisis Tegangan pada Struktur Transverse Bulkhead Kapal Tanker Akibat Beban Torsi Menggunakan Metode Elemen Hingga. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5018201102-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam pembangunan kapal adalah desain konstruksi sekat melintang kapal. Struktur sekat melintang memiliki peran dalam menjaga kekuatan, kestabilan dan keselamatan kapal. Pada saat kondisi operasional struktur sekat melintang akan terkena beban torsi seperti gelombang laut dan beban muatan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tugas akhir ini dengan tujuan untuk menganalisis tegangan pada sekat melintang kapal tanker akibat beban torsi. Penelitian ini difokuskan untuk mengevaluasi tegangan dan total deformasi pada sekat melintang dan menentukan beban maksimum yang dapat ditahan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode elemen hingga (Finite Element Method) untuk mengevaluasi kondisi struktur sekat melintang kapal dengan tiga variasi ukuran struktur. Dari hasil analisis didapatkan, nilai tegangan equivalent paling tinggi terdapat pada analisis sekat melintang variasi 1 dengan kondisi muatan penuh yaitu sebesar 77 MPa. Nilai tegangan paling rendah terdapat pada analisis sekat melintang variasi 3 dengan kondisi tanpa muatan yaitu sebesar 14,4 Mpa. Nilai tegangan geser paling tinggi terdapat pada model sekat melintang variasi 1 dengan kondisi muatan penuh yaitu sebesar 32,7 MPa. Nilai tegangan paling rendah terdapat pada model sekat melintang variasi 3 dengan kondisi tanpa muatan yaitu sebesar 4,25 Mpa. Nilai deformasi maksimum paling tinggi terdapat pada model sekat melintang variasi 3 dengan kondisi muatan penuh yaitu sebesar 10,51 mm. Nilai deformasi maksimum paling rendah terdapat pada model sekat melintang variasi 1 dengan kondisi tanpa muatan yaitu sebesar 5,49 mm. Respon tegangan pada struktur sekat melintang akibat beban torsi memenuhi tegangan izin yang diizinkan oleh BKI.
============================================================================================================================================
One of the important aspects that must be considered in ship construction is the construction design of the ship's transverse bulkhead. The transverse bulkhead structure has a role in maintaining the strength, stability and safety of the ship. During operational conditions, the transverse bulkhead structure will be exposed to torsional loads such as sea waves and load loads. Therefore, this final project research was carried out with the aim of analyzing the tension on the transverse bulkhead of the tanker due to torsional loads. This study is focused on evaluating the stress and total deformation of the transverse bulkhead and determining the maximum load that can be withheld. This study was conducted using the finite element method to evaluate the condition of the transverse bulkhead structure of the ship with three variations in the size of the structure. From the results of the analysis, the highest equivalent stress value was found in the analysis of transverse bulkheads variation 1 with a full load condition of 77 MPa. The lowest stress value was found in the analysis of the transverse bulkhead variation 3 with the condition of no charge which was 14,4 Mpa. The highest shear stress value was found in the transverse bulkhead model variation 1 with a full load condition of 32,7 MPa. The lowest stress value was found in the transverse bulkhead model variation 3 with no load condition of 4,25 Mpa. The highest maximum deformation value was found in the transverse bulkhead model variation 3 with a full load condition of 10,51 mm. The lowest maximum deformation value was found in the transverse bulkhead model variation 1 with no load condition of 5,49 mm. The stress response in the transverse bulkhead structure due to torsional loads meets the allowable stress allowed by BKI.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekat melintang, momen torsi, metode elemen hingga, tegangan, Transverse bulkhead, torque moment, finite element method, stress |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Muhammad Ardiansyah |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:37 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:38 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/127123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |